Manfaat Kolang Kaling untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Kolang Kaling sangat banyak dengan kandungan senyawa didalamnya. Kolang kaling sering dianggap sebagai makanan ringan yang lezat. Kolang kaling berasal dari biji pohon aren berbentuk lonjong dengan kulit hijau dan bergetah. Ketika bulan Ramadhan iba, konsumsi kolang kaling meningkat karena menjadi bahan olahan membuat kolak.

Berbagai Manfaat Kolang Kaling untuk Tubuh Anda

Mengatasi Anemia

Manfaat Kolang Kaling yaitu dapat mengatasi anemia. Kandungan zat besi dalam kolang-kaling berguna untuk membantu membawa oksigen keseluruh tubuh dan karbon dioksida untuk keluar dari darah. Mengkonsumsi kolang-kaling ini dapat mengatasi anemia defiensi zat besi dan rasa lelah pada tubuh.

Menurunkan Berat Badan

Bagi Anda yang sedang dalam proses diet, Anda dapat mengkonsumsi kolang-kaling sebagai makanan ringan yang menyehatkan. Kandungan kolang kaling berupa gelatin dapat menekan nafsu makan yang berlebihan. Sehingga Anda akan berhenti atau mengurangi konsumsi makanan setiap harinya.

Memperkuat Gigi dan tulang

Kolang kaling bermanfaat untuk memperkuat gigi dan tulang pada tubuh manusia. Buah aren ini kaya akan kandungan fosfor yang sangat baik untuk tubuh. Setidaknya terdapat 243 mg fosfor pada 100 gr kolang-kaling.

Baca juga : Mafaat Gula Semut

Menjaga Kesehatan Tulang

Selain fosfor yang mampu memperkuat tulang, kalsium yang ada pada kolang-kaling juga akan membantu memperkuat tulang dan menjaga kesehatannya. Selain mengkonsumsi kolang-kaling secara teratur, tentu Anda juga harus melengkapinya dengan makanan atau minuman yang menyehatkan.

Memperlancar Pencernaan

Serat pangan yang ada dalam kolang-kaling berupa serat pangan yang larut dan tidak larut. Serat baik ini yang akan mendorong pergerakan makanan. Jika Anda tidak terlalu menyukai kolang kaling secara langsung, Anda dapat mencampurnya dengan makanan lainnya.

Mencegah Dehidrasi

Mengkonsumsi kolang-kaling mampu membantu mencegah terjadinya dehidrasi. Kolang-kaling yang dapat mengobati sensasi panas dalam perut ini mengandung air yang sangat banyak. Sehingga mampu membantu tubuh agar tetap terhidrasi. Apalagi ketika bulan puasa, kolang-kaling menjadi pilihan menu buka untuk mengembalikan mineral dan nutrisi yang hilang.

Baca juga : Manfaat Nira Aren

Menutrisi Kulit

Kolang kaling dengan kandungan air yang sangat banyak didalamnya akan membantu menutrisi kulit dari dalam. Ketika mengkonsumsi makanan buah aren ini akan membuat badan menjadi dingin sehingga akan membantu melembabkan kulit yang kering.

Sifat antiinflamasi pada kolang-kaling juga akan membantu kemerahan pada kulit yang terbakar oleh sinar matahari. Nah, bagi Anda yang memiliki kulit kering atau sensitif, dapat menggunakan kolang-kaling untuk menutrisi kulit.

Manfaat Kolang Kaling yang beraneka ragam menjadikan pemesanan buah aren ini cukup banyak. Apalagi ketika bulan Ramadhan tiba, kolang-kaling semakin diburu oleh masyarakat. Demikian informasi yang dapat kami sampai, kami uncapkan terima kasih.

Arief Ramadhan

Arief Ramadhan merupakan Owner dari Website Riau, seorang Pakar SEO dan Digital Marketing di Pekanbaru.

Artikel Terkait

Leave a Comment