Cara Menyembuhkan Keputihan Secara Alami

Cara Menyembuhkan Keputihan – Bagi seorang wanita, menjaga kecantikan wajah adalah suatu hal yang mutlak sebab dari tampilan wajah inilah penampilan keseluruhan bisa dinilai. Namun hal ini bukan berarti jika Anda yang memperhatikan bagian intim wanita bukan?

Ya, bukan hanya wajah saja yang memerlukan perawatan khusus namun area kewanitaan Anda juga memerlukan perawatan. Hal ini bertujuan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan organ kewanitaan. Sama seperti halnya menghindari dan menyembuhkan keputihan yang memerlukan perawatan khusus agar tidak menimbulkan masalah kesehatan lain di kemudian hari.

Dimana jika keputihan dibiarkan begitu saja maka bisa memicu berbagai penyakit berbahaya seperti kanker serviks atau kanker mulut rahim. Nah untuk menghilangkan keputihan sendiri caranya tidak sulit. Anda bisa mencoba cara menyembuhkan keputihan secara alami yang sudah jelas aman dan tanpa efek samping.

Benar sekali, cara mengatasi keputihan secara tradisional ini terjamin aman karena yang Anda gunakan adalah bahan-bahan alami. Lain halnya dengan obat atau sabun kewanitaan yang sering kali mengandung bahan berbahaya sehingga mampu memicu keputihan yang lebih parah ataupun penyakit berbahaya.

Lalu bagaimana cara menyembuhkan keputihan secara alami? Berikut adalah beberapa diantaranya.

Menggunakan kunyit

Menggunakan kunyit
Menggunakan kunyit

Selama ini mungkin Anda menyangka jika rempah berwarna orange ini hanya bisa digunakan sebagai bumbu masak saja. Namun dibalik fungsi utamanya tersebut, kunyit ternyata memiliki manfaat yang begitu luar biasa. Mulai dari untuk memutihkan kulit, mengatasi sakit perut hingga untuk obat tradisional  untuk mengobati keputihan.

Baca juga : Cara Agar Hidung Mancung

Nah berikut adalah cara pengolahan kunyit sebagai obat tradisional keputihan. Pertama siapkan 2 batang kunyit ukuran sedang, bersihkan kemudian parut. Saring ampasnya dan tambahkan setengah gelas air. campurkan 1 sdm madu untuk menetralisir rasa dan aroma kunyit yang cukup meyengat.

Bawang putih

Bawang putih
Bawang putih

Selain kunyit, bumbu dapur lain yang bisa Anda manfaatkan untuk menyembuhkan keputihan tidak normal adalah bawang putih. Dimana bawang putih memiliki kandungan anti-bakterial yang mampu membunuh bakteri penyebab keputihan.

Untuk cara menyembuhkan keputihan secara alami menggunakan bawang sendiri adalah dengan dikonsumsi langsung. Anda bisa mengonsumsi bawang putih setiap hari barang satu dua siung saja.

Daun sirih

Daun sirih
Daun sirih

Berbeda dengan dua bahan di atas yang penggunaanya adalah dengan dikonsumsi. Jika Anda menggunakan daun sirih untuk mengobati keputihan berlebih, Anda cukup menggunakannya sebagai air cebokkan saja.

Baca juga : Cara Menambah Berat Badan

Caranya rendam daun atau rebus daun sirih bersama air dan tunggu hingga air tersebut berubah warna menjadi kekuningan. Tunggu hingga dingin dan gunakan air rendaman/rebusan daun sirih tersebut untuk cebok setiap pagi hari.

Daun sambiloto

Daun sambiloto
Daun sambiloto

Mungkin tidak banyak dari Anda yang paham dengan jenis daun herbal satu ini. meskipun begitu, namun Anda tak perlu khawatir karena untuk mendapatkan daun sambiloto Anda bisa membelinya di toko tanaman herbal terdekat.

Nah cara menyembuhkan keputihan secara alami menggunakan daun sambiloto pun sama seperti ketika Anda menggunakan daun sirih. Yaitu dengan merebutnya kemudian gunakan untuk cebok. Selain itu, Anda juga bisa meminum air rebusan daun sambiloto dan menambahkan madu sebagai penawar rasanya.

Beberapa bahan alami di atas bisa Anda andalkan untuk mengatasi keputihan abnormal. Jadi jangan sampai keputihan yang Anda alami mengganggu kesehatan dan kenyamanan Anda. apabila sudah muncul beberapa tanda seperti keputihan bau, warna keputihan yang kehijauan dan jumlah yang terlalu banyak maka segera lakukan pemeriksaan.

Arief Ramadhan

Arief Ramadhan merupakan Owner dari Website Riau, seorang Pakar SEO dan Digital Marketing di Pekanbaru.

Artikel Terkait

Leave a Comment