Beberapa Tips Membeli Tanah Kavling

Ketika Anda memutuskan untuk membeli tanah, Anda harus memperhatikan tips membeli tanah kavling. Entah itu digunakan untuk membangun rumah ataupun investasi masa depan, maka Anda harus mengetahui beberapa tips dan juga cara jitu sebelum Anda melakukan transaksi jual beli.

Utnuk membeli sebuah tanah kavling atau sebuah property prosedurnya sendiri tidaklah terlalu rumit selama segala hal yang dibutuhkan terpenuhi dengan ketelitian sebelum melakukan akad jual beli. Umumnya ketika seseorang membeli sebuah investasi berupa tanah akan kurang teliti.

Namun untuk meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan maka Anda perlu untuk menerapkan beberapa tips yang bisa Anda praktekkan ketika melakukan transaksi jual beli tanah di bawah ini.

Mengetahui Pemilik SHM atau Pemegang Hak Tanah

Ketika Anda membeli sebuah tanah kavling namun Anda tidak mengetahui perihal siapa yang mempunyai tanah tersebut maka bisa berakibat fatal dikemudian harinya. Maka dari itu Anda bisa menghindari hal-hal yang tidak diinginkan tersebut. Dan yang perlu Anda tanyakan adalah SHM atau yang biasa disebut dengan sertifikat hak milik.

Baca juga : Keuntungan Bisnis Properti Tanah

Mengecek Sertifikat Tanah yang Resmi

Anda bisa mengecek Sertifikat Tanah tersebut resmi dan tidaknya dengan datang dan klarifikasi perihal surat sertifikat tersebut. Anda bisa datang ke Badan Pertanahan Nasional atau BPN setempat. Anda harus membawa fotocopy sertifikat tanah tersebut apakah sudah terdaftar di Bapan Pertanahan setempat belum. Jika terbukti belum terdaftar maka Anda bisa langsung mengurusnya di kantor tersebut.

Sesuaikan Budget Anda

Sebelum beralih ke tips yang selanjutnya, alangkah baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu budget yang Anda punya untuk membeli tanah. Tips membeli tanah kavling ini akan sangat bermanfaat. Perkirakan Anda akan melakukan pembayaran secara kedit atau lunas. Karena hal tersebut sangatlah penting bagi kemampuan ekonomi Anda kedepannya.

Apabila Anda mengambil jalan secara kredit maka Anda harus bisa menyesuaikan pengeluaran tiap bulan untuk setor ke tempat penjual tanah kavling tersebut. Jika hal ini disepelekan dan ketika di tengah jalan Anda mengalami pemerosotan ekonomi maka Anda akan semakin kesulitan dalam melakukan pembayaran kedepannya. Jadi, jika Anda ingin membeli tanah kavling maka Anda bisa menyesuaikan dengan budget Anda terlebih dahulu.

Baca juga : Peluang Bisnis Properti Tanah

Akses Jalan Menuju ke Tempat

Anda harus selalu memperhatikan dan memeriksa akses jalan menuju tanah kavling tersebut. Dikarenakan akses jalan menjadi kebutuhan yang paling utama dimanapun tanah tersebut berada. Anda bisa memilih lokasi tanah kavling yang akses jalannya bisa dilalui oleh 2 mobil secara bersimpangan.

Antisipasi Bahaya yang Ada di Sekitar

Anda harus membeli tanah kavling yang lokasinya tidak berada di bawah jalur sutet atau jalur listrik bertegangan tinggi, jalur kereta api, jalur pipa gas, tepi sungai, dan antisipasi apabila tergusur dengan adanya pembangunan fasilitas umum. Hindari juga membeli tanah kavling yang berada perbukitan yang di tepi karena bisa saja terjadi tanah longsor apabila sedang musim hujan.

Sekian merupakan beberapa tips membeli tanah kavling yang bisa Anda terapkan ketika Anda hendak membeli tanah baik itu di perkotaan maupun di pedesaan. Terima kasih.

Arief Ramadhan

Arief Ramadhan merupakan Owner dari Website Riau, seorang Pakar SEO dan Digital Marketing di Pekanbaru.

Artikel Terkait

Leave a Comment