List Software Teknik Sipil Terbaik Untuk Membantu Desain dan Analisis Struktur Konstruksi

Software teknik sipil merupakan program yang dapat membantu proses konstruksi, mulai dari perancangan, visualisasi dan analisis. Analisis ini dilakukan untuk memprediksi waktu, biaya dan sumber daya manusia yang dibutuhkan berdasarkan kerumitan desain konstruksi. Berikut ini terdapat enam software terbaik dalam membantu desain dan analisis struktur konstruksi:

5 Software Teknik Sipil Terbaik Untuk Membantu Desain dan Analisis Struktur Konstruksi

software teknik sipil
software teknik sipil

1. SAP2000

Perangkat lunak SAP2000 merupakan salah satu software desain dan analisis struktur terbaik yang dikembangkan oleh CSI (Computer and Structures, Incorporated). Software ini memiliki program analisis struktural yang lengkap dengan berbagai aplikasi desain. Aplikasi desain tersebut seperti desain struktural 2D dan 3D dari geometri sederhana hingga yang kompleks.

Program tersebut dapat membantu mendesain dan menganalisis serta memberi tahu kondisi struktur yang diterapkan dan ditetapkan oleh operator. Selain itu, SAP2000 memiliki fitur untuk mengoptimalkan struktur dan mengubah bahan yang digunakan untuk membuat desain model. Oleh karena itu, SAP2000 menjadi software yang praktis dalam analisis dan pemodelan.

2. Staad Pro

Staad Pro merupakan software teknik sipil yang cukup mudah digunakan dalam merancang struktur. Software ini dikembangkan dengan arsitektur terbuka yang disebut Open STAAD dan mencakup semua fungsi input dan output. Melalui pengembangan tersebut, software ini memiliki struktur prebuilt yang dapat digunakan ketika membuat desain.

Baca juga : Aplikasi VPN untuk Laptop

Staad Pro juga dapat membuat struktur dalam bentuk 3D dengan grafis yang canggih. Didukung dengan fitur Foundation, Offshore dan RAM Concept, membantu operator untuk merancang struktur dengan tepat dan efektif. Selain itu, berbagai kode desain dapat membantu dalam menentukan penyimpangan, defleksi dan kedalaman.

3. ETABS

ETABS atau Extended 3D Analysis of Building System merupakan software rancangan Computers and Structure, Inc. Perusahaan ini diakui secara global sebagai pemimpin dalam analisis rekayasa struktural dan desain. ETABS merupakan paket software yang terintegrasi penuh untuk desain struktural dan analisis bangunan.

Melalui lebih dari 40 tahun penelitian dan pengembangan, ETABS kemudian menawarkan desain model 3D dan alat visualisasi. Sebagai software teknik sipil, ETABS juga memiliki berbagai bahan dan papan desain grafis. Keduanya dapat membantu pengguna dalam melakukan desain sekaligus melakukan analisis secara cepat dan mudah.

4. Primavera

Primavera merupakan software yang banyak digunakan pada perencanaan bidang konstruksi dan memiliki fungsi perencanaan, pemantauan, pengendalian serta pelaporan proyek. Software ini didirikan oleh perusahaan dengan nama yang sama, Primavera System Inc tahun 1983. Kemudian pada tahun 2008 perusahaan ini diakuisisi oleh Oracle Corporation.

Baca juga : Aplikasi Kalkulator Lengkap

Sebagian besar para profesional manajemen proyek menggunakan software Primavera untuk membantu perumusan program dasar supaya terhindar dari keterlambatan proyek. Software ini dapat dihubungkan dengan sistem ERP. Selain itu, Primavera dapat memonitoring, mengidentifikasi kegiatan kritis dan subkritis serta melakukan pelaporan secara mudah.

5. Revit

Revit merupakan software teknik sipil yang digunakan dalam desain arsitektur hingga perincian model dan dokumentasi. Pada prosesnya, Revit menggunakan Layanan BIM dalam membantu perencanaan dan pengelolaan desain. Hal ini sangat berguna supaya konstruksi dapat dilakukan lebih cepat, ekonomis dan mengurangi kerusakan lingkungan.

Revit juga dapat menampilkan elemen desain dalam bentuk 2D, 3D, dan dalam bentuk jadwal. Selain itu, Revit juga menawarkan fitur khusus jika berubah dalam satu elemen. Fitur ini membantu pembaruan secara otomatis di semua elemen ketika perubahan tersebut terjadi.

Software teknik sipil terbagi dalam beberapa fungsi atau kegunaan. Penjelasan di atas merupakan lima software terbaik yang digunakan dalam desain dan analisis struktur konstruksi. Penggunaan software ini tentu banyak membantu proses konstruksi atau pembangunan para manajemen proyek.

Arief Ramadhan

Arief Ramadhan merupakan Owner dari Website Riau, seorang Pakar SEO dan Digital Marketing di Pekanbaru.

Artikel Terkait

Leave a Comment