5 Software Akuntansi Gratis Excel Terbaik dan Free

Software Akuntansi Gratis Excel – Satu kesalahan dalam pembukuan keuangan dapat mempengaruhi arus kas secara signifikan. Oleh karena itu, penggunaan software akuntansi sangat penting dalam mencegah kesalahan pembukuan tersebut. Sebagai salah satu alat penting dalam pembukuan keuangan, berikut ini akan dibahas mengenai beberapa list software akuntansi gratis excel:

5 Software Akuntansi Gratis Excel Terbaik dan Free

software akuntansi gratis excel
software akuntansi gratis excel

1. Wave Accounting

Wave Accounting merupakan perangkat lunak akuntansi yang sangat mudah dioperasikan. Aplikasi ini menyediakan fitur tak terbatas untuk mengelola keuangan, menerima pembayaran dan tanda terima dari klien secara tepat waktu. Aplikasi ini juga dapat membantu pelacakan pendapatan dan pengeluaran secara otomatis.

Selain itu, pengguna juga dapat mengirim invoices dan perkiraan tanpa batas dengan klien. Hal ini untuk memastikan pembayaran dilakukan tepat waktu dengan perangkat lunak akuntansi gratis ini. Aplikasi ini juga dapat memastikan akurasi catatan, sinkronisasi transaksi dengan mudah dari rekening bank online serta memastikan pembukuan bebas dari kesalahan.

2. Zoho Invoice

Zoho Invoice adalah merupakan aplikasi terbaik dalam mengelola alur kerja invoice. Perangkat lunak akuntansi terbaik ini memiliki fitur pelacakan waktu biaya, template invoice dan pelaporan pengeluaran. Semua fitur ini membuat tugas terkait manajemen proyek dan penagihan menjadi mudah.

Baca juga : Software Kasir Minimarket

Selain fitur yang telah disebutkan, Zoho Invoice sebagai salah satu aplikasi accounting memiliki fitur lain yang sangat bermanfaat. Fitur tersebut, yaitu fitur inventaris & tagihan e-Way serta invoice GST dengan GSTIN. Zoho Invoice juga memiliki fitur portal klien yang dapat berguna dalam berinteraksi dengan pelanggan.

3. GnuCash

GnuCash adalah merupakan aplikasi akuntansi untuk pribadi dan bisnis kecil yang telah dilisensi secara free di bawah naungan GNU GPL. Aplikasi GnuCash juga tersedia berbagai sistem operasi PC, termasuk salah satunya Microsoft Windows. Software akuntansi gratis excel ini didesain kuat dan sangat fleksibel serta dirancang agar mudah dioperasikan.

Aplikasi ini sangat bermanfaat karena dapat memudahkan dalam melacak rekening, saham, serta income dan expenses. Aplikasi ini sangat berpegang pada prinsip akuntansi yang profesional supaya dapat menjamin keseimbangan pembukuan yang seimbang dan keakuratan laporan. Oleh karena itu, GnuCash merupakan aplikasi yang cepat sebagai register buku cek.

4. ZipBooks

ZipBooks merupakan perangkat lunak pembukuan yang dapat membantu mencatat pembayaran dengan mudah hanya dalam beberapa klik. Melalui aplikasi ini, pengguna dapat membuat invoice sesuai dengan proyek. Selain itu, pengguna juga dapat membagikan invoice kepada klien sebanyak yang pengguna inginkan.

Baca juga : Aplikasi Pembuat Logo Android

Aplikasi ini memiliki versi gratis yang membuat sistem pembayaran digital lebih mudah dan ideal untuk pedagang, penjual e-niaga dan grosir. Melalui ZipBooks, pengguna tidak perlu repot pada saat pengajuan pajak. Hal ini karena semua data keuangan akan tersedia secara terorganisir.

5. SlickPie

SlickPie merupakan software akuntansi gratis excel yang membantu banyak UKM mengelola keuangan mereka secara efisien. Melalui versi gratis yang tersedia, pengguna dapat mengelola 10 akun berbeda dalam satu akun sekaligus mendapatkan dukungan email. Aplikasi SlickPie juga tidak membatasi untuk entri tanda terima.

Membuat invoice profesional adalah manfaat lain dari aplikasi akuntansi SlickPie versi gratis. Pengguna dapat membuat penawaran dan perkiraan tanpa batas dan juga mendapatkan bayaran dari klien dengan mudah melalui PayPal. Beberapa fitur yang ditawarkan, yaitu menyiapkan invoices secara berulang, membuat kutipan dan perkiraan hingga melacak pajak penjualan.

Itulah penjelasan mengenai lima aplikasi software akuntansi gratis excel terbaik yang dapat dicoba. Kelima aplikasi tersebut secara keseluruhan adalah gratis. Semoga list di atas dapat membantu menambah referensi terkait aplikasi akuntansi.

Arief Ramadhan

Arief Ramadhan merupakan Owner dari Website Riau, seorang Pakar SEO dan Digital Marketing di Pekanbaru.

Artikel Terkait

Leave a Comment