Inilah 5 Aplikasi Memperkecil Ukuran Video Terbaik 2023

Aplikasi Memperkecil Ukuran Video – Youtube merupakan platform sosial media yang digunakan untuk membagikan video maupun mendownload video. Akan tetapi menyimpan file video dengan kapasitas yang cukup besar memerlukan penyimpanan yang sangat besar. Oleh sebab itu, diperlukan adanya aplikasi memperkecil ukuran video untuk mengatasi ukuran file yang terlalu besar.

Memperkecil ukuran video merupakan cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi kapasitas sebuah file video. Untuk itu, video tidak akan memerlukan ruang penyimpanan yang terlalu banyak. Nah berikut ini akan dijelaskan beberapa aplikasi yang dapat dipakai untuk memperkecil ukuran video:

5 Aplikasi Memperkecil Ukuran Video Terbaik 2023

aplikasi memperkecil ukuran video
aplikasi memperkecil ukuran video

1. Video Compress

Salah satu aplikasi yang dapat dipakai untuk mengkompres ukuran file video dengan kualitas terbaik. Selain dipakai untuk memperkecil ukuran file video juga dipakai untuk memotong, memisahkan, bahkan menggabungkan file video.

Selain itu aplikasi video compress mendukung semua format file video, jadi semakin memudahkan penggunanya jika ingin menggunakan aplikasi tersebut. Menariknya, memiliki fitur yang dapat digunakan untuk memeriksa kualitas gambar sebelum dikompres. Nilai plus dari aplikasi tersebut adalah memiliki tiga mode yang dapat digunakan untuk menyesuaikan bitrate file output mulai dari yang lambat, sedang hingga cepat.

2. Video Dieter 2

Aplikasi kompres video selanjutnya adalah video dieter 2. Dengan adanya aplikasi tersebut memungkinkan penggunanya untuk menyimpan file video dengan kapasitas yang lebih kecil.  Selain dipakai untuk mengkompres ukuran file video juga dipakai untuk editor video, hanya saja fitur pengedit video dasar.

Baca juga : Software Edit Video Ringan

Tidak berbeda dengan aplikasi sebelumnya, pasalnya aplikasi ini dilengkapi juga dengan fitur untuk menentukan kualitas video seperti rendah, sedang ataupun tinggi. Bagi yang memiliki ruang penyimpanan sedikit tidak perlu khawatir, pasalnya aplikasi video dieter 2 berukuran cukup ringan. Meskipun termasuk aplikasi yang ringan tetapi fitur yang dimiliki cukup banyak.

3. Video Transcoder

Salah satu Aplikasi yang memanfaatkan platform open-source yang berguna untuk mengkompres file video dari format file yang satu ke format file yang lainnya. Video Transcoder merupakan aplikasi memperkecil ukuran video yang bebas dari iklan.

Kelebihannya mendukung berbagai format file video dan codec video. Akan tetapi hanya bisa mengkompres satu file video dalam satu waktu. Jadi pengguna yang ingin mengkompres lebih dari satu video dapat mengkompres video di waktu lain.

4. VidCompact

Aplikasi pengompres video yang tidak kalah menariknya dari aplikasi sebelumnya. Pasalnya mempunyai banyak fitur seperti video converter, mp3 converter dan video compressor. Nilai plus dari aplikasi tersebut adalah tidak memiliki versi berbayar untuk menggunakannya, sehingga pengguna bisa menggunakannya secara gratis.

Baca juga : Aplikasi Browser Tanpa Blokir

Format file video yang digunakan pun cukup lengkap mulai dari MP4 hingga FLV jadi semakin memudahkan pengguna untuk menggunakannya. Tidak hanya itu saja, tetapi vidcompact juga dapat digunakan untuk mengedit video.

5. VidTrim

Bagi yang punya kapasitas penyimpanan yang sedikit sangat cocok menggunakan aplikasi vidtrim. Pasalnya vidtrim merupakan aplikasi untuk mengecilkan file video dengan kapasitas yang cukup ringan. Menariknya, aplikasi tersebut bukan hanya digunakan untuk mengkompres ukuran file video tetapi juga bisa mengkompres video ke file audio. Pastinya menguntungkan sekali bagi penggunanya.

Fitur unggulan yang ada di vidtrim yakni dapat memutar video ke segala arah. Selain itu dapat menambahkan efek yang berbeda mirip dengan filter yang ada di di instagram. Jadi bagi pengguna yang ingin memiliki tampilan video menarik bisa mencoba aplikasi tersebut.

Itulah beberapa aplikasi memperkecil ukuran video yang dapat digunakan dengan mudah. Bagi yang sering mendownload video namun memiliki ruang penyimpanan yang sedikit bisa mencoba aplikasi tersebut untuk meminimalisir penyimpanan.

Arief Ramadhan

Arief Ramadhan merupakan Owner dari Website Riau, seorang Pakar SEO dan Digital Marketing di Pekanbaru.

Artikel Terkait

Leave a Comment