Aplikasi Absensi Android Gratis dan Mudah Digunakan

Aplikasi Absensi Android – Jika zaman dahulu absensi masih menggunakan sistem tulisan tangan pada buku absen, kini hal itu telah berubah menjadi absensi digital. Penggunaan aplikasi absensi android telah membawa perubahan sekaligus kemudahan bagi penggunanya, salah satunya adalah pengguna tidak perlu membeli dan menyimpan buku absen yang kemungkinan hilang/rusak sangat tinggi. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi aplikasi absensi android gratis yang mudah digunakan:

5 Aplikasi Absensi Android Gratis dan Mudah Digunakan

aplikasi absensi android
aplikasi absensi android

1. Attendance Register

Aplikasi attendance register banyak digunakan sebagai media untuk melakukan absensi, baik untuk karyawan maupun pelajar. Aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk merekam daftar kehadiran dengan akurat serta memiliki kelebihan pada kemudahan pengoperasian sistem. Pada aplikasi ini, pengguna juga dapat mengetahui daftar kehadirannya sendiri dalam beberapa waktu.

Salah satu fitur menarik adalah fitur kalender dimana pengguna dapat melakukan absensi, melakukan penjadwalan, dan menuliskan beberapa alasan mengapa tidak dapat mengikuti suatu acara. Selain memiliki beberapa kelebihan, aplikasi absensi android ini juga dapat dinikmati secara gratis oleh penggunanya.

2. Attendance Manager

Aplikasi attendance manager merupakan aplikasi absensi android yang banyak digunakan pada kalangan pelajar maupun di tingkat universitas. Aplikasi ini memiliki beberapa fitur menarik yang dapat menjadikan sesi absensi menjadi lebih mudah. Adapun fitur absen yang tersedia berupa set attendance goal, smooth navigation, track history, kalender, dan masih banyak lagi.

Baca juga : Aplikasi Plagiarism Checker

Pengguna dapat menggunakan aplikasi ini dengan mode cerah maupun dark mode. Tidak hanya itu, pengguna dapat melakukan pemantauan timeline, melakukan pengeditan, reset data, serta menghapus data dengan sangat mudah.

3. Wifi Attendance

Jika absensi untuk pertemuan dilakukan dalam suatu ruangan atau wilayah tertentu, mungkin aplikasi ini adalah pilihan yang baik. Aplikasi wifi attendance memungkinkan penggunanya untuk melakukan absen dan pemantauan lokasi secara akurat. Umumnya, aplikasi ini digunakan untuk karyawan suatu perusahaan untuk mempermudah pengawasan dan pemantauan terhadap karyawan.

Sistem dari aplikasi ini adalah pengguna terhubung pada wifi. Saat karyawan / pengguna masuk, maka aplikasi akan mencatat waktu. Ketika karyawan/pengguna tidak terhubung dalam jaringan wifi, aplikasi akan melacak keberadaan karyawan/pengguna sehingga pihak atasan dapat mengetahui lokasi dari karyawannya.

4. Clockify

Aplikasi clockify merupakan sebuah perangkat lunak yang dapat melacak waktu jam kerja pada suatu acara. Aplikasi ini banyak digunakan dalam dunia pekerjaan, dimana atasan dapat memantau waktu kerja karyawan agar pekerjaan berlangsung sesuai target.

Baca juga : Aplikasi Pinjaman Yang Terdaftar di OJK

Selain dapat melacak waktu, aplikasi clockify juga dapat digunakan untuk melakukan absensi dan melacak produktivitas pekerja. Pada aplikasi ini, pengguna dapat memantau grafik yang berhubungan dengan pekerjaan seperti ketepatan waktu, pelaporan, manajemen, dan masih banyak lagi.

5. Open Time Clock

Aplikasi absensi gratis selanjutnya adalah open time clock. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk melakukan absensi secara digital dengan fitur yang menarik dan mudah digunakan. Umumnya aplikasi ini digunakan bagi pemilik bisnis untuk memantau kinerja karyawan.

Pada aplikasi open time clock, pemilik bisnis atau orang yang mengoperasikan aplikasi dapat mengetahui informasi kehadiran dari para karyawannya. Selain itu, pada aplikasi absensi android ini pelaku usaha juga dapat melacak waktu karyawan, waktu cuti, shift terjadwal, dan catatan lainya.

Cara penggunaan aplikasi absensi android yang mudah menjadikan beberapa aplikasi tersebut sebagai aplikasi favorit saat sesi absen. Karena tersedia secara gratis (tidak berbayar), tak jarang beberapa aplikasi tersebut memiliki beberapa iklan pada saat membukanya. Namun, hal tersebut tidak akan mengganggu jika dibandingkan dengan manfaat dan berbagai kemudahan yang diperoleh.

Arief Ramadhan

Arief Ramadhan merupakan Owner dari Website Riau, seorang Pakar SEO dan Digital Marketing di Pekanbaru.

Artikel Terkait

Leave a Comment