Inilah 5 Aplikasi Timbangan Emas Untuk Android Terbaik

Aplikasi Timbangan Emas – Pada era digital, semua aktivitas yang dilakukan dengan cara konvensional menjadi lebih mudah hanya dengan satu device. Misalnya saja, jual beli yang pada awalnya dilakukan secara langsung, saat ini sudah bisa dilakukan hanya melalui aplikasi. Begitu juga dengan kegiatan menimbang emas yang bisa dilakukan melalui aplikasi timbangan emas berikut ini:

5 Aplikasi Timbangan Emas Untuk Android

aplikasi timbangan emas
aplikasi timbangan emas

1. Egrams-Digital Scale Simulator

Model aplikasi ini muncul setelah Lever Scale dan cara kerjanya bergantung pada sensor ponsel. Aplikasi ini dilengkapi instruksi untuk menyesuaikan sensor ponsel sehingga kalibrasi yang dilakukan cukup tepat. Keakuratan pengukuran juga bergantung pada pengaturan aplikasi dan ponsel, sehingga ada kemungkinan tidak selamanya akan akurat.

Aplikasi Egrams dapat mengukur berat dalam berbagai satuan, seperti ons, kg, g, mg dan pound. Aplikasi ini tidak bisa menampilkan data berat objek jika ponsel berada pada permukaan bidang yang sama. Penempatan ponsel pada permukaan yang melengkung dan menempatkan benda di atasnya merupakan cara supaya aplikasi ini bisa berfungsi.

2. Precision Digital Scale

Aplikasi ini cukup disenangi karena tampilan yang sederhana dan to the point. Aplikasi khusus timbangan ini tersedia bagi pengguna android yang butuh kegiatan menimbang dengan cara yang mudah. Pertama kali membuka aplikasi, pengguna dapat melihat langsung tampilan timbangan dan angka satuan berat.

Baca juga : Aplikasi Mengatur Feed Instagram

Berbeda pada Egram, aplikasi ini akan berfungsi jika ponsel diletakkan pada permukaan bidang yang sama. Hal ini dilakukan untuk mencari keseimbangan agar pengukuran bisa cukup akurat. Setelah itu, pengguna bisa langsung meletakkan objek di atas ponsel dan angka pengukuran akan muncul secara otomatis pada layar.

3. Sensoscale Lite Digital Scale

Sebagai developer, Sensodroid Ltd sukses menjadikan aplikasi timbangan emas sebagai aplikasi yang diminati. Jika dilihat, fitur dari aplikasi ini dibuat mirip dengan timbangan aslinya. Salah satu fitur yang ditawarkan adalah fitur tare yang berfungsi supaya timbangan mereset angka kembali ke nol.

Melalui fitur ini, tentu menjadi nilai tambah karena pengukuran bisa jadi lebih akurat. Jika pengguna masih bingung dalam menggunakan aplikasi ini, developer juga menyiapkan panduan melalui fitur lain yang ditawarkan. Aplikasi ini sangat mudah didapatkan dan digunakan, khususnya untuk menimbang emas.

4. Metal Weight Calculator

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini digunakan untuk menimbang jenis metal, termasuk emas. Model pengukuran aplikasi timbangan emas ini cukup berbeda dengan aplikasi sebelumnya. Aplikasi ini tidak meletakkan objek di atas layar ponsel, melainkan sistem pengukuran yang mirip seperti kalkulator.

Baca juga : Aplikasi Al Quran 30 Juz

Setelah masuk ke dalam aplikasi, pengguna akan melihat suatu kolom kosong berupa deskripsi informasi jenis metal yang dimiliki. Sebelum melakukan pengukuran, pengguna perlu mendaftarkan bentuk dan jenis metal yang akan diukur. Selanjutnya, pengguna hanya tinggal mengisi kolom tersebut berdasarkan ukuran fisik emas seperti panjang, lebar dan ketebalan.

5. Kitchen Scale

Jika dilihat sekilas, aplikasi ini digunakan untuk mengukur objek berupa bahan keperluan memasak, namun ternyata bisa juga digunakan untuk emas. Sama seperti aplikasi PDS, aplikasi ini menawarkan tampilan yang sederhana dan sangat mudah digunakan. Aplikasi ini akan langsung menunjukkan tampilan timbangan dan satuan angka berat.

Aplikasi ini sangat ringan dan tersedia dalam OS android. Sangat berbeda dengan aplikasi sebelumnya, aplikasi ini menggunakan sistem sensor objek. Objek diletakkan di atas ponsel dan angka akan menunjukkan berat dari objek tersebut yang muncul secara otomatis pada layar.

Itulah penjelasan mengenai lima aplikasi timbangan emas untuk Android yang dapat dicoba. Perlu dicatat bahwa tidak ada developer yang menjamin keakuratan pengukuran tersebut. Selain itu, pastikan juga layar ponsel diberi pelindung untuk menghindari kerusakan screen sensor.

Arief Ramadhan

Arief Ramadhan merupakan Owner dari Website Riau, seorang Pakar SEO dan Digital Marketing di Pekanbaru.

Artikel Terkait

Leave a Comment