Inilah Software Akuntansi Gratis Offline Terbaik untuk Pebisnis

Software Akuntansi Gratis Offline – Dalam dunia bisnis tentunya pencatatan keuangan merupakan hal yang paling penting. Karena banyak elemen yang harus dihitung dan dipertimbangkan dari sebuah bisnis yang dijalankan. Dengan banyaknya angka yang harus dihitung secara manual tentunya membuat pusing. Untungnya, saat ini sudah ada aplikasi yang dapat digunakan yakni software akuntansi gratis offline.

Hadirnya aplikasi tersebut memungkinkan para pebisnis dapat dengan mudah melakukan pencatatan keuangan. Selain itu, memproses dan memelihara akun bisnis pengusaha agar bisnis tetap berjalan aman. Di bawah ini beberapa aplikasi yang dapat memudahkan para pebisnis untuk melakukan pencatatan keuangan atau akuntansi:

5 Software Akuntansi Gratis Offline Terbaik untuk Pebisnis

software akuntansi gratis offline
software akuntansi gratis offline

1. Akaunting

Salah satu software pencatatan keuangan yang dapat dipakai secara gratis. Aplikasi tersebut menawarkan beragam fitur unggulan untuk menunjang kebutuhan bisnis. Dengan adanya aplikasi akaunting memungkinkan penggunanya untuk membuat invoice, melacak pengeluaran bahkan pengelolaan pelanggan.

Hadirnya aplikasi tersebut lebih memudahkan para pebisnis dalam mengelola keuangan perusahaan. Karena merupakan aplikasi perhitungan yang akurat sehingga meminimalisir adanya human error. Jadi penggunanya tidak perlu bingung lagi dalam menghitung keuangan perusahaan dan tidak perlu capek-capek ke kantor atau bertanya kepada tim accounting. Karena aplikasi tersebut bisa diakses kapanpun dan dimanapun.

2. Wave Accounting

Merupakan software akuntansi yang sangat recomended untuk pembukuan perusahaan maupun UMKM yang sedang dikelola. Pasalnya aplikasi tersebut dapat dipakai untuk kegiatan pengiriman invoice, mencatat berbagai laporan akuntansi bahkan bisa juga membuat kwitansi yang berbasis online.

Baca juga : Software Karaoke Gratisan

Keuntungan yang ditawarkan dari aplikasi tersebut adalah dilengkapi dengan beragam fitur yang dapat memudahkan penggunanya. Selain itu, mempunyai tampilan yang menarik sehingga penggunanya tidak akan bosan dalam menggunakannya. Untuk keamanan tidak perlu khawatir karena aplikasi tersebut sudah terjamin keamanannya buktinya telah digunakan oleh banyak orang.

3. ZipBooks

Masih bingung mencari software akuntansi yang aman untuk digunakan? Tak perlu bingung, karena software akuntansi gratis offline yang satu ini merupakan software akuntansi yang terpercaya. Pasalnya aplikasi tersebut dapat menyimpan catatan akun bisnis tanpa cacat sedikitpun. Dimulai dari laba rugi, neraca, hingga pajak semua dapat tercatat dengan baik.

Kelebihannya, bisa dipakai untuk mengecek transaksi sehari-hari sambil mencatat utang piutang dan menentukan pendapatan. Aplikasi tersebut menawarkan rekonsiliasi rekening bank bisnis yang terhubung langsung pada layar. Menariknya, ZipBooks dapat mengumpulkan entri data berulang secara otomatis melalui sistem machine learning. Untuk itu dapat membantu mengefisienkan banyak waktu.

4. Kledo

Software pencatatan keuangan selanjutnya yang dapat dipakai dalam menjalankan bisnis adalah kledo. Aplikasi tersebut termasuk aplikasi yang mudah untuk digunakan. Selain itu dapat dipakai secara gratis. Fitur yang ditawarkan pun cukup lengkap seperti pencatatan pengeluaran, pendapatan, pembelian dan penjualan serta hutang piutang.

Baca juga : Software Perekam Layar PC

Dengan adanya aplikasi kledo semua kegiatan bisnis dapat terselesaikan dengan mudah dan cepat. Pasalnya memiliki fitur tambahan yakni powerfull statistic dimana dapat mengerjakan lebih dari 20 laporan keuangan hanya dengan satu klik saja. Tak heran jika aplikasi tersebut termasuk aplikasi akuntansi yang terfavorit. Karena selain memiliki beragam fitur andalan juga mempunyai tampilan yang menarik.

5. GnuCash

Software akuntansi yang tidak kalah bagusnya dengan aplikasi sebelumnya. Hanya saja tampilan dari aplikasi tersebut tidak mempunyai tampilan modern seperti aplikasi sebelumnya, karena tampilannya cukup sederhana dan simple. Meskipun mempunyai tampilan yang terlihat sederhana namun fitur yang disediakan sangat lengkap yang dapat membantu dalam menyelesaikan masalah keuangan perusahaan.

Hadirnya GnuCash dapat membantu pebisnis untuk mengelola rekening bank, pendapatan dan pengeluaran serta reksa dana dari satu platform. Selain itu, transaksi akan tercatat sesuai dengan sistem akuntansi entri ganda. Keuntungan lain dari aplikasi tersebut bisa membuat laporan dalam beberapa bentuk termasuk grafik.

Itulah beberapa software akuntansi gratis offline yang pastinya akan membantu para pebisnis dalam mengelola data keuangan perusahaan. Pilihlah dengan cermat aplikasi akuntansi yang akan digunakan dan lihatlah kredibilitas, keamanan dan pelayanan servisnya.

Arief Ramadhan

Arief Ramadhan merupakan Owner dari Website Riau, seorang Pakar SEO dan Digital Marketing di Pekanbaru.

Artikel Terkait

Leave a Comment