5 Aplikasi Pencatatan Penjualan Gratis Terbaik 2023

Aplikasi Pencatatan Penjualan Gratis – Dalam menjalankan suatu bisnis terutama bisnis penjualan, membuat catatan penjualan adalah hal yang paling penting, hal ini bertujuan untuk mengontrol kegiatan bisnis. Untuk pebisnis yang usahanya masih dalam tahap pengembangan ada baiknya menggunakan aplikasi pencatatan penjualan gratis karena aplikasi gratis juga memiliki fitur-fitur yang tak kalah jika dibanding dengan aplikasi berbayar. Berikut ini beberapa aplikasi pencatatan penjualan yang recommended untuk digunakan:

5 Aplikasi Pencatatan Penjualan Gratis Terbaik 2023

aplikasi pencatatan penjualan gratis
aplikasi pencatatan penjualan gratis

1. Buku Warung

Aplikasi Pencatatan penjualan yang pertama yaitu aplikasi Buku Warung. Buku Warung merupakan salah satu aplikasi pencatatan penjualan yang dapat digunakan dengan gratis. Buku Warung menawarkan berbagai solusi bagi para pebisnis yang masih menggunakan pencatatan keuangan manual untuk beralih ke pencatatan digital dalam hal mengelola transaksi penjualan dan utang piutang, pengelolaan stok barang, serta layanan pembayaran.

Ada dua fitur utama yang dimiliki aplikasi Buku Warung, yaitu fitur pembukuan yang digunakan untuk mencatat segala transaksi penjualan dan utang piutang, dan fitur pembayaran digital. Selain itu yang tak kalah penting aplikasi Buku Warung juga memberikan layanan pinjaman meminjam dengan sistem P2P Lending.

2. Buku Kas

Aplikasi pencatatan penjualan yang kedua yaitu aplikasi Buku Kas. Aplikasi ini juga dapat digunakan secara gratis dan sangat mudah penggunaannya. Fitur yang dimiliki juga sangat lengkap dengan tampilan yang sederhana sehingga mudah dipahami terutama bagi para pebisnis pemula yang belum menguasai akuntansi.

Baca juga : Aplikasi Pembuat Komik

Aplikasi Buku Kas ini memiliki berbagai fitur unggulan yang ditawarkan, diantaranya fitur untuk mencatat transaksi serta merekap transaksi secara otomatis, terdapat fitur terima dan kirim uang secara gratis, dapat mengirim invoice serta pengingat hutang melalui WhatsApp, serta mengelola stok barang secara otomatis.

3. Teman Bisnis

Aplikasi pencatatan penjualan gratis yang selanjutnya yaitu aplikasi Teman Bisnis. Teman Bisnis merupakan aplikasi akuntansi berbasis android yang dikembangkan untuk membantu pelaku bisnis dalam membuat laporan keuangan serta pencatatan penjualan dengan cepat dan mudah.

Dilengkapi dengan fitur yang menarik dan sangat membantu pebisnis dalam mengelola bisnisnya. Diantaranya pencatatan transaksi, laporan keuangan, pencatatan utang piutang, pencatatan persediaan barang, kontrak bisnis, serta patuh terhadap standar akuntansi untuk UMKM.

4. CrediBook

Aplikasi pencatatan penjualan yang dapat digunakan dengan gratis selanjutnya yaitu aplikasi CrediBook. CrediBook memiliki tiga produk utama yang dikembangkan untuk para penggunanya. Diantaranya CrediBook untuk membuat pembukuan usaha secara digital, CrediStore untuk pengguna yang ingin mengembangkan toko online, serta CrediMart untuk menyediakan layanan penyediaan barang.

Baca juga : Software Akuntansi Gratis Offline

Fitur yang dimiliki aplikasi CrediBook ini tak kalah keren dengan aplikasi lainnya. Yaitu fitur catatan transaksi harian, mengelola stok barang yang tersedia, pencatatan utang piutang otomatis, fitur pengingat hutang, serta layanan pembayaran. Selain itu menyediakan layanan kasir, dan yang paling keren adalah menyediakan layanan pinjaman modal.

5. Pawoon

Aplikasi pencatatan penjualan rekomendasi yang terakhir yaitu aplikasi Pawoon. Sama seperti aplikasi sebelumnya, aplikasi Pawoon ini dapat diakses dan digunakan secara gratis. Pada dasarnya Aplikasi ini merupakan aplikasi kasir yang dilengkapi dengan fitur pencatatan penjualan.

Adapun fitur yang ditawarkan yaitu layanan kasir dengan sistem transaksi online dan offline. Selain itu ada fitur pencatatan penjualan yang dapat memudahkan pengguna dalam mencatat segala jenis transaksi. Fitur manajemen stok yang dapat memudahkan pengguna mengelola stok barang. Fitur pemesanan dan pengiriman online yang terintegrasi oleh aplikasi GrabFood. Serta memiliki layanan pembiayaan modal usaha yang bekerja sama dengan Investree dengan sistem Syariah.

Itulah 5 aplikasi pencatatan penjualan gratis yang sangat recommended untuk digunakan para pelaku bisnis untuk mengelola keuangan bisnis agar lebih teratur. Aplikasi gratis ini sangat cocok untuk pebisnis yang baru memulai usahanya atau dalam tahap pengembangan usaha. Selamat mencoba.

Arief Ramadhan

Arief Ramadhan merupakan Owner dari Website Riau, seorang Pakar SEO dan Digital Marketing di Pekanbaru.

Artikel Terkait

Leave a Comment