Intip 5 Rekomendasi Aplikasi Edit Video Vlog di Laptop Gratis bagi Pemula!

Aplikasi Edit Video Vlog di Laptop Gratis – Saat ini, semakin banyak orang yang cenderung berbagi kehidupan mereka dengan video pendek di platform media sosial seperti YouTube, Facebook, Instagram TV, dan Vimeo. Oleh karena itu, para vlogger harus memiliki setidaknya alat pengeditan video dasar yang memungkinkan mereka menghasilkan konten visual yang menarik perhatian audiens. Jika ingin memulai membuat vlog, berikut 5 rekomendasi aplikasi edit video vlog di laptop gratis bagi pemula:

5 Rekomendasi Aplikasi Edit Video Vlog di Laptop Gratis bagi Pemula

aplikasi edit video vlog di laptop gratis
aplikasi edit video vlog di laptop gratis

1. Blender

Aplikasi ini merupakan salah satu pengeditan video gratis terbaik yang terdapat di semua jenis sistem komputer. Aplikasi ini dirancang sangat bagus dengan adanya rangkaian animasi 3D. Pengguna awal sangat cocok menggunakan Blender karena seharusnya cukup untuk sebagian besar proses pengeditan suatu vlog.

Pengguna dapat menggunakan aplikasi ini untuk membuat vlog yang lebih kompleks seperti video masking. Maka dari itu, Blender mempunyai fitur yang memungkinkan pengguna untuk melakukan basic pengeditan. Hal ini bisa disimpulkan bahwa aplikasi ini sangat fleksibel bagi pemula.

2. Openshot

Aplikasi edit vlog gratis ini mempunyai user interface yang mudah dipahami dilengkapi dengan fitur-fitur yang canggih. Pembuatan transisi antar klip juga bisa menggunakan real time preview. Pengguna juga dapat menyesuaikan jumlah informasi yang ingin dilihat saat mengedit footage untuk vlog.

Baca juga : Aplikasi Coding PC

Kelebihan dari aplikasi ini dapat mengimpor berbagai format file audio, foto, dan beberapa jenis video, termasuk 4K. Pengeditan bahkan memiliki 14 efek yang dapat digunakan di vlog. Selain itu, Openshot memiliki update berkala dan terus meningkat kualitasnya

3. VideoPad

VideoPad adalah aplikasi dasar yang cocok untuk pemula dan editor tingkat lanjut. Terdapat tools penting yang dibutuhkan pengguna untuk mengedit vlognya. Aplikasi ini juga dapat menambahkan trek pengeditan pada vlog dan memberi pengguna kemampuan untuk membuat proyek yang rumit.

Terdapat banyak fitur yang disediakan untuk memperbagus vlog yang dihasilkan. Salah satunya yang paling menarik adalah fitur untuk mengimpor dan mengedit rekaman video 4K. Selain itu, aplikasi ini menerapkan fitur pelacakan gerak dan dapat menstabilkan hasil rekaman.

4. Corel Video Studio

Aplikasi edit video vlog di laptop gratis ini sudah sering dan banyak digunakan oleh pengguna yang ingin memulai membuat vlog. Corel video studio mempunyai fitur yang tak kalah populer dengan aplikasi edit vlog lainnya. Video yang dihasilkan dapat di ekspor ke AVCHD, DVD, HD-DVD, dan AVI.

Baca juga : Aplikasi Ganti Wajah Video

Tersedia beberapa kategori transisi video pada aplikasi ini, yaitu FX yang berisi berbagai macam efek video, 3D, dan album efek slideshow yang mirip seperti album foto. Adapun sebuah fitur yang disebut Corel “SmartRender”  yang hanya membuat bagian video diedit, sehingga pengguna dapat melihat preview rekaman yang diedit tanpa membuat file sementara.

5. Filmora

Filmora membantu pembuat konten untuk menghasilkan vlog yang menarik tanpa mengharuskan pengguna menjadi editor video professional. Meski aplikasi ini gratis, tetapi fitur yang ditawarkan cukup lengkap. Mempunyai user interface yang mudah dinavigasi dan dilengkapi dengan serangkaian fitur yang akan memuaskan editor video dari semua tingkat keahlian dan bisnis dari semua skala.

Filmora dengan fitur dasarnya seperti teks dan transisi, efek visual, perekaman layar, dan pengeditan suara. Dilengkapi dengan berbagai alat pengeditan lanjutan, misalnya, dengan fitur keyframing yang membantu pengguna untuk menambahkan animasi khusus dan meningkatkan estetika. Selain itu, pengguna dapat memilih dari berbagai filter, overlay, elemen visual, yang semuanya disesuaikan untuk memungkinkan berkreasi tanpa batas.

Menjadi seorang vlogger bukanlah tugas yang mudah. Tidak hanya perlu memiliki kamera dan peralatan eksternal yang hebat, tetapi juga memerlukan aplikasi pengedit vlog yang hebat. Diharapkan panduan ini membantu pengguna menghemat uang dan menemukan beberapa aplikasi edit video vlog di laptop gratis yang direkomendasikan.

Arief Ramadhan

Arief Ramadhan merupakan Owner dari Website Riau, seorang Pakar SEO dan Digital Marketing di Pekanbaru.

Artikel Terkait

Leave a Comment