Pentingnya Punya Asuransi Mobil untuk Merawat Mobil Secara Berkala

Jika selama ini sering khawatir dengan biaya perawatan mobil yang tidak murah, maka sudah saatnya memiliki asuransi mobil.

Mobil adalah sebuah aset yang membutuhkan perawatan rutin dan biayanya tidak bisa dikatakan murah. Apalagi untuk mengatasi kerusakan parah akibat kecelakaan, terendam banjir, dan lain-lain.

Karena itu, perlu mempertimbangkan asuransi untuk aset satu ini.

Jenis-Jenis Biaya Perawatan Mobil

Asuransi Mobil untuk Merawat Mobil
Asuransi Mobil untuk Merawat Mobil

Mobil digunakan untuk mendukung mobilitas, baik yang sifatnya rutin maupun yang jarang. Supaya dalam perjalanan tetap aman dan nyaman maka mobil perlu dirawat secara rutin, yakni servis mobil secara berkala.

Sekaligus melakukan perawatan lain yang diperlukan untuk mencegah risiko mogok, rem blong di tengah jalan, dan risiko lainnya.

Secara umum, jenis perawatan mobil ini sangat beragam dan biayanya bisa sangat memberatkan jika tidak memiliki asuransi mobil. Adapun jenis-jenis biaya perawatan mobil yang dimaksudkan antara lain:

  1. Servis Berkala

Jenis perawatan pertama adalah servis berkala yang dilakukan setiap 5.000 km sekali. Jadi, semakin sering mobil digunakan semakin cepat berkunjung ke bengkel untuk servis berkala.

Servis ini bisa mencakup pembersihan mesin, ganti oli, dan ganti sparepart. Biaya disesuaikan dengan bentuk perawatan yang diberikan mekanik.

  1. Perawatan Tune Up

Jenis biaya yang kedua adalah perawatan tune up yang bisa juga disebut sebagai servis besar. Biasanya tune up dilakukan setelah mobil berusia 1 tahun atau dimiliki setelah satu tahun lamanya.

Tujuannya untuk mempertahankan performa mesin mobil dan dilakukan dengan mengganti sejumlah komponen atau spare part mobil.

  1. Ganti Oli

Selain servis rutin, pemilik mobil juga perlu rajin ganti oli. Bisa oli untuk mesin di bagian dalam bisa juga untuk area kaki-kaki seperti pada ban.

Biasanya jenis oli pada mobil disesuaikan dengan jenis mobil itu sendiri. Ganti oli perlu dilakukan rutin agar mobil tetap pakem saat direm dan menjaga sparepart agar awet tidak mudah aus.

  1. Pembersihan Mobil

Jenis perawatan yang terakhir adalah pembersihan mobil, atau perawatan untuk membersihkan seluruh bagian mobil. Biasanya ke salon mobil untuk membersihkan bagian dalam maupun luar.

Mencakup mencuci mobil, membersihkan bagian dalam dengan mesin vacuum, dan lain sebagainya.

Semua jenis perawatan yang dijelaskan tentunya rutin dilakukan, memang tidak setiap hari tapi sudah pasti dilakukan secara berkala.

Supaya biayanya lebih ringan atau bahkan tidak perlu pusing lagi memikirkan biayanya. Pertimbangkan untuk membeli asuransi mobil dari perusahaan yang terpercaya.

Pentingnya Memiliki Asuransi Mobil

Semakin berumur sebuah mobil maka kunjungan ke bengkel akan semakin rutin dan biayanya semakin tinggi. Sebab semakin tua suatu mobil maka ada lebih banyak sparepart yang perlu diganti dibandingkan dengan mobil baru.

Untuk meminimalisir pemborosan pada biaya-biaya perawatan seperti ini, maka membeli asuransi mobil perlu dilakukan.

Memiliki asuransi jenis ini bisa membantu meringankan bahkan membebaskan biaya untuk service rutin. Mencakup pembersihan bagian dalam mesin mobil, ganti oli, dan penggantian spare part jenis tertentu sesuai ketentuan dalam premi.

Selain itu, asuransi kendaraan juga membantu menanggung biaya kerusakan parah akibat kecelakaan, kerusuhan, dan bencana alam.

Memilikinya tentu membantu meningkatkan kualitas hidup dan menjaga kondisi keuangan tetap sehat. Apalagi, risiko mobil rusak bisa mendadak sehingga kondisi keuangan bisa memburuk seketika jika kerusakannya parah dan biayanya tinggi.

Sementara jika memiliki asuransi biaya perbaikannya bisa lebih ringan bahkan tidak perlu merogoh kantong sendiri.

Asuransi Mobil Terbaik Tahun 2022

Sebuah asuransi mobil membantu memberi perlindungan pada mobil yang selama ini sudah berjasa dalam mendukung mobilitas. Perlindungan ini mencakup perlindungan dari kerusakan sampai kehilangan.

Jika merasa membutuhkan asuransi untuk mobil kesayangan, beberapa perusahaan asuransi berikut bisa dipertimbangkan:

  • Asuransi Sinarmas Mobil
  • Asuransi ACA
  • Zurich Autocillin
  • Asuransi AXA Mandiri
  • Asuransi Simas Insurance
  • Asuransi Tokio Marine
  • Asuransi ABDA
  • Tugu Insurance
  • Asuransi Allianz
  • Asuransi Sompo

Daftar perusahaan asuransi di atas diketahui sebagai perusahaan asuransi mobil dengan kualitas baik dan kredibel, selain itu sudah terdaftar OJK sehingga sifatnya resmi.

Kemudian, dikenal juga sebagai perusahaan asuransi yang memiliki nilai premi ekonomis. Sehingga untuk mendapatkan manfaat asuransi yang sudah dijelaskan tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam.

Tinggalkan komentar