Buah Carica Khas Dieng Mempunyai Beragam Manfaat

Carica atau Pepaya Gunung adalah buah yang menjadi ciri khas dari Dataran Tinggi Dieng. Para penjual banyak yang menawarkan buah ini, bila ada wisatawan yang datang. Akan tetapi, kebanyakan buah carica telah dijual dalam bentuk kuliner seperti minuman dan makanan.

Buah ini mempunyai nama latin Vasconcellea Cundinamarcensis. Kemudian tumbuh subur pada ketinggian 1.500 hingga 3.000 mdpl di kawasan Dieng. Bila wisatawan berkunjung ke Dieng, maka akan menemukan banyak pohon carica di pekarangan warga dengan tinggi 2 hingga 3 meter.

Beragam Manfaat Buah Carica

Buah pepaya gunung ini masuk Indonesia pada tahun 1930 an. Kemudian orang Belanda melakukan uji coba penanaman buah ini di Dieng karena mempunyai ketinggian 1500 hingga 3.000 meter. Dari sekian banyak pegunungan yang dicoba, Dieng menjadi dataran tinggi yang cocok bagi carica untuk beradaptasi.

Buah Carica Khas Dieng Mempunyai Beragam Manfaat
Buah Carica Khas Dieng Mempunyai Beragam Manfaat

Getah dan buah dipercaya mengandung bahan kimia sebagai obat dan kosmetik. Namun tentara Jepang menyerbu sebelum proyek berjalan, Belanda pun meninggalkan Indonesia. Barulah kemudian pada tahun 1980an bisnis manisan carica tumbuh di Wonosobo.

Buah carica bentuknya hampir mirip dengan pepaya. Akan tetapi bila melihatnya dari segi ukuran maka lebih kecil. Buah ini mempunyai banyak manfaat, terutama untuk kesehatan.

Kaya akan Serat

Kita wajib mengkonsumsi buah dan sayur untuk menjaga kesehatan dan keseimbangan makanan dalam tubuh. Daya tahan tubuh dan keseimbangan gizi akan terpenuhi bila asupan makanan terjaga. Sehingga berbagai ancaman penyakit dapat dicegah.

Buah carica masih jarang terdengar di pasaran Indonesia. Namun, bila melihat dari kandungannya ternyata mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Buah mengandung banyak serat, sehingga dapat melancarkan pencernaan.

Menjaga Kesehatan Mata

Seperti pada wortel, buah ini kaya akan kandungan vitamin A. Jadi, buah menjadi pilihan tepat untuk menjaga kesehatan mata karena tinggi vitamin A.

Manfaat untuk Kesehatan Kulit

Mengkonsumsi buah carica mempunyai manfaat untuk menjaga kesehatan kulit dan kecantikan. Sehingga akan mencegah penuaan dini dan membuat kulit tampak segar serta lebih sehat.

Buah ini mempunyai kandungan vitamin C tinggi. Kemudian dapat membentuk kolagen untuk pencegahan penuaan dini, meminimalisir kerutan dan membuat kulit lebih halus dan mulus.

Melawan Radikal Bebas

Semua orang sudah mengetahui jika radikal bebas itu sangat berbahaya untuk kesehatan. Namun, buah carica mampu melawan radikal bebas serta sinar UV. Caranya cukup mudah, hanya dengan mengkonsumsi buah ini secara teratur anda akan mendapatkan manfaat tersebut. Sebab, carica kaya akan kandungan Vitamin E dan C.

Proses metabolisme pada tubuh akan lebih lancar dengan mengkonsumsi buah ini. Selain itu juga dapat memberikan energi yang besar.

Selanjutnya energi akan membuat anda merasa kenyang yang tahan lama. Sebab, buah mengandung vitamin B komplek yang mempunyai manfaat besar untuk tubuh.

Mencegah Penyakit Kanker

Resiko kanker dapat anda cegah dengan makan buah carica ini secara teratur. Kandungan zat arginin pada buah mampu menghambat pertumbuhan sel kanker payudara bagi kaum wanita.

Berbagai Olahan Carica

Buah carica pada mulanya berasal dari dataran tinggi Andes, Amerika Selatan. Namun, buah ini banyak dijumpai di dataran tinggi Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah. Sehingga masyarakat setempat banyak yang menjadikan carica  Sumbing Segar sebagai oleh-oleh khas Dieng.

Berbagai olahan yang menarik antara lain manisan, selai dan jus. Kemudian yang menjadi maskot dari daerah Wonosobo adalah manisan carica. Rasanya sangat khas dan manis serta mempunyai aroma yang harum. Untuk mendapatkan informasi lebih banyak lagi, kunjungi sumbingseger.com.

Pengolahan carica sumber segar menggunakan gula murni tanpa pemanis buatan. Kemudian mengutamakan kualitas dan keamanan pangan dalam produksi sesuai dengan SOP. Kelebihan lain adalah sudah lengkap dengan beberapa sertifikasi, untuk lebih jelasnya silahkan klik carica.co.id.

Kemasan manisan biasanya dapat bertahan 6 bulan hingga 2 tahun. Dengan catatan pengemasan dan penyimpanan tepat.

Selain kaya akan manfaat, masyarakat Wonosobo mengandalkan buah ini sebagai sumber penghasilan. Sehingga dapat memperkaya UMKM di daerah Wonosobo, Jawa Tengah. Kemudian lebih dari 30 UMKM di Wonosobo, mengolah buah carica menjadi berbagai macam produk.

Tinggalkan komentar