Bagaimana Cara Mengatasi HP Cepat Panas? Berikut Infonya

Cara Mengatasi HP Cepat Panas
ASUS ProArt

Sebagai orang awam yang tak megetahui seluk beluk tentang HP pintar atau Smartphone pasti akan sulit mencari jawaban jika terjadi masalah pada Smartphone pribadi mu. Kita ambil contoh seperti perangkat Smartphone yang cepat panas hingga meyebabkan lemot saat penggunaanya. Kok bisa ya panas begini padahal baru beberapa menit pemakaian dan aplikasinya pun bukan aplikasi yang terlalu berat? Pertanyaan umum yang lahir dari pikiran seseorang.

 Salah satu penyebab Smartphone mu cepat panas adalah pemakaian yang tiada henti seiring berjalannya waktu. Sekarang Smartphone bisa dikatakan sebagai kebutuhan pokok manusia mulai dari berselancar dalam inernet, berkomunikasi, hingga penunjang hidup semua dalam satu genggaman. Hal ini menyebabkan penurunan performa dari Smartphone mu. Maka dari itu kami telah menyiapkan beberapa tips cara mengatasi HP cepat panas.

  1. Tutup aplikasi dan matikan koneksi yang tidak digunakan

Kebanyakan dari kita biasa memencet tombol home bermaksud untuk menutup aplikasi tsb. Hal itu sebenarnya hanya menunda penggunaan aplikasi, yang berarti jika kamu membuka aplikasi baru kamu sedang menjalankan 2 aplikasi sekaligus.

Selain itu kamu harus mematikan koeksi seperti bluetooth, NFC, GPS. Cara itu juga bisa mengurangi overheat pada Smartphone mu. Baca juga artikel lainnya seputar cara menampilkan layar hp ke laptop.

  1. Biarkan Smartphone saat mengisi daya

Bagi kamu yang tidak sabaran pasti selalu menggunakan HP walaupun sedang di-charge. Hal ini sangat tidak dianjurkan. Sebab jika kamu menggunakan Smartphone saat pengisian daya dengan otomatis baterai akan lebih cepat panas dari biasanya dan lebih parahnya Smartphone mu akan meledak.

  1. Biarkan Smartphone mu beristirahat

Matikan HP mu saat tak digunakan , hal ini mencegah mengurangnya baterai selain itu ini juga bisa menjadi salah satu cara mengatasi HP cepat panas. Sebab perangkat tak bisa kamu paksakan penggunaannya, ia juga butuh yang namanya istirahat.

  1. Menghapus game atau aplikasi yang memenuhi RAM

Jika HP mu memiliki spesifikasi rendah yang berarti memiliki RAM yang pas pasan, contohnya 1GB, kami sangat menyarankan untuk tidak mengunduh aplikasi yang dapat memenuhi RAM kamu. Tapi jika kamu seorang yang memiliki spek HP yang tinggi hal ini tak terlalu berpengaruh.

Untuk itu, kami sarankan menghapus game yang memenuhi RAM mu meskipun itu game favoritmu. Jika kamu ingin memiliki kinerja HP yang baik, maka mau tak mau salah satu cara mengatasi HP cepat panas yang satu ini harus diilakukan

  1. Matikan WiFi saat tak digunakan

WiFi bekerja otomatis saat kamu nyalakan, ia akan terus mencari jaringan yang tersedia, walaupun belum tentu ada jaringan WiFi disekitarmu. Hal ini berpotensi menjadikan HP mu cepat panas, maka dari itu matikan saja jika tidak diperlukan.

  1. Menghapus sampah

 Dalam Smartphone pasti ada yang namanya file sampah, cookies, sampai cache. File – file tsb sebenarnya tidak terlalu berguna dan jika kita diamkan dalam waktu yang lama maka akan semakin bertambah ukurannya. Maka dari itu sering sering lah menghapusnya dengan aplikasi bawaan atau aplikasi pembersih file yang ada di Playstore

  1. Gunakan perangkat pendukung original

Charger merupakan salah satu alat pendukung untuk Smartphone mu. Saat kamu terlalu sering men-charge HP mu maka akan ada penurunan kualitas terhadap charger yang digunakan. Saat rusak, kamu diharuskan membeli charger baru

Nah hal ini juga yang harus diperhatikan. Saat membeli perangkat pendukung seperti charger, kamu harus memilih perangkat yang original karena jika tidak, hal ini akan membahayakan kinerja HP mu

Baiklah, sekiranya seperti itu beberapa tips dari kami tentang cara mengatasi HP cepat panas. Hakikatinya benda yang akan dipakai secara terus menerus akan mengalami penurunan kualitas, tak ada salahnya kita memakai perangkat dengan bijak agar awet hingga kapanpun. Selengkapnya di Sudut PC.

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar

WebsiteRiau.co.id merupakan website penyedia Jasa SEO dan Pembuatan Website di Pekanbaru, Riau.

Tentang     Kontak     Kebijakan Privasi     Sanggahan