Ide Penggunaan Furniture Marmer dan Cara Merawatnya

Furniture Marmer – Marmer adalah sejenis batu yang sering digunakan untuk desain rumah. Penggunaan marmer untuk sebuah furniture dapat memberikan kesan yang elegan walaupun desainnya yang sederhana. Karakter marmer yang cenderung abstrak membuat tampilannya menjadi semakin cantik.

Mendapatkan furniture marmer yang tepat, tentunya membutuhkan waktu yang lumayan banyak. Kita perlu beberapa rekomandasi untuk memperoleh motif yang diinginkan. Ada banyak jenis furniture yang terbuat dari marmer, diantaranya meja, lantai keramik dan lain sebagainya.

Berikut ini ada beberapa ide penempatan marmer sebagai furniture di dalam rumah, diantaranya:

  1. Sebagai Perabot Rumah

Menggunakan marmer untuk perabot rumah tangga memang paling umum terjadi. Kelebihan marmer yang menjadikan pilihan tetap untuk sebuah perabot rumah yang kuat, memiliki daya tahan yang lebih lama dan motif alam yang sempurna.

Meja marmer merupakan yang paling banyak diminati. Marmer yang berkualitas pastinya tidak akan mudah tergores. Namun karena material ini cukup berat, sehingga tidak mudah untuk dipindahkan dari satu tempat ke tempat lainnya. Maka harus dipastikan ukuran meja sesuai dengan ruangan yang akan digunakan.

Pilihlah warna meja yang netral agar cocok dipadukan dengan tema ruangan apapun, sehingga desainnya menyatu dengan seluruh ruangan. Jika ingin menjadikannya pusat perhatian, Anda bisa memilih warna marmer yang cerah namun harus sesuai dengan tema ruangan Anda.

  1. Sebagai Lantai Atau Dinding Rumah

Marmer yang digunakan untuk lantai dan dinding dapat memberikan kesan klasik dan elegan pada rumah. Merupakan pilihan yang tepat jika dipadukan dengan material alam lainnya seperti material kayu, kaca dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu lantai yang bermaterial marmer akan terlihat lebih mewah meskipun digunakan untuk ruangan apapun termasuk kamar mandi. Efek adem yang dirimbulkan marmer akan memberikan kenyamanan bagi tuan rumah.

  1. Sebagai Langit-Langit Ruangan

Secara kasat mata ide yang satu ini kurang masuk akal, mengingat marmer merupakan material yang berat, sehingga lebih cocok digunakan sebagai material lantai atau dinding. Namun lain lagi dengan kemajuan teknologi saat ini yang apapun bisa terjadi.

Dewasa ini teknologi mampu mengembangkan marmer menjadi material yang lebih ringan sehingga dapat digunakan untuk berbagai desain rumah yang diinginkan, termasuk plafon atau langit-langit ruangan.

Kondisi ini membuat para desainer interior memiliki ide yang lebih luas untuk desain marmer untuk plafon. Bahkan Anda juga dapat membuat ide plafon yang diinginkan, sehingga memberikan tampilan yang berbeda untuk rumah Anda.

  1. Sebagai Dekorasi Hunian

Seiring perkembangan zaman, marmer juga dapat dimanfaatkan untuk sebuah aksesoris atau dekorasi rumah. Jika dulu marmer hanya digunakan untuk bangunan besar saja, kini marmer juga dapat dijadikan aksesoris yang dapat memperindah hunian kecil.

Kini aksesoris marmer dapat kita jumpai dengan beragam jenis variasi. Misalnya pot kecil yang terbuat dari marmer yang bisa Anda simpan di sudut ruangan. Atau bisa juga lampu kecil marmer yang bisa disimpan di sisi tempat tidur.

Tidak perlu memilih ukuran yang besar, supaya dapat menunjukan kemewahan marmer, namun bentuk dan ukuran yang kecilpun mampu menarik perhatian kita jika di letakan ditempat yang tepat.

  1. Sebagai Tiang Bangunan

Menggunakan marmer sebagai material tiang bangunan rumah, memang dapat memberikan kesan klasik dan mewah secara bersamaan. Hal ini biasanya digunakan pada rumah atau bangunan yang berukuran besar bak istana.

Untuk rumah yang berukuran kecil juga bisa dengan konsep open space floor. Sehingga memberikan kesan luas pada rumah. Meskipun begitu, kolom marmer dapat menjadi sebuah pembatas antara ruangan satu dengan ruangan yang lainnya.

Itulah beberapa ide penggunaan marmer untuk sebuah rumah. Terlepas dari itu semua, kita wajib menjaga dan merawat marmer, agar kualitas marmer tetap terjaga dan tetap terlihat baru. Merawat furniture marmer sebenarnya tidak ada yang sitimewa. Hanya saja kita perlu memperhatikan kebersihan agar marmer tetap berkilau.

Hal pertama yang dapat dilakukan dalam merawat furniture marmer adalah dengan mengenali sifat karakter material marmer yang Anda gunakan. Untuk karakter marmer yang terbuat dari alam memang berbeda-beda.

Memungkinkan perawatan yang menurut Anda berhasil, belum tentu berhasil pada material marmer alam yang lainnya. Maka penting sekali untuk mengetahui karakter material marmer secara detail. Jika perlu Anda bisa menanyakan langsung kepada suppliernya.

Dengan mengetahui karakter marmer yang Anda punya, dapat melakukan perawatan yang tepat, sehingga marmer tetap terjaga kualitasnya. Terutama untuk marmer lantai yang pastinya setiap hari kita injak dan bersihkan.

Langkah kedua adalah dengan menjauhkan material dari sumber kotoran yang merusak. Seperti debu dan pasir. Kedua kotoran tersebut merupakan musuh utama bagi marmer. Apalagi untuk lantai yang terus terinjak, jika ada debu akan mengikis lapisan permukaan marmer yang akhirnya lantai terlihat kotor dan kusam.

Jika hal ini terjadi, cara yang paling mudah adalah dengan membersihkannya dengan disapu bersih. Gunakan sapu dengan bulu yang halus, begitupun dengan kain lap yang digunakan untuk mengepel lantai.

Langkah ketiga adalah menjauhkan material marmer dari bahan kimia. Meskipun berniat untuk membersihkan material marmer, diusahakan jangan menggunakan bahan kimia, seperti pemutih, sabun pembersih dan lain sebagainya. Cukup dengan air biasa saja.

Jika memang ada noda yang membandel bisa menggunakan sabun pembersih yang lembut. Kita bisa menggunakan sabun pembersih khusus marmer yang biasa dijual di supermarket. Namun untuk berjaga-jaga sebaiknya gunakan sedikit dulu, karena belum tentu cocok juga untuk material marmer Anda.

Keempat, jauhkan material dari benda tajam. Pasalnya, permukaan marmer sangat rentan tergores. Untuk lantai hal yang harus diwaaspadai adalah, ijakan sepatum kaki kursi, kaki meja bahkan kuku kucing saja dapat menggores permukaan lantai marmer Anda.

Resiko tersebut memang sulit untuk dihidari, maka kita dapat meminimalisirnya dengan menggunakan bantalan karet pada kaki kursi atau meja, dan memotong kuku kucing atau hewan peliharaan Anda secara rutin. Dengan begitu,  sedikitnya permukaan marmer dapat terhindar dari goresan.

Dan yang terpenting adalah dengan mengajarkan para penghuni rumah terutama anak-anak. Terkadang mereka sulit untuk dikontrol, maka beritahu dan ajarkan secara perlahan untuk dapat menjaga mainan mereka, agar tidak menggores atau mengotori material marmer Anda.

Untuk merawat material marmer terbilang susah-susah gampang. Namun asalkan kita mengerti dengan apa yang disebutkan diatas, maka semuanya akan terasa lebih mudah. Yang terpenting adalah selalu menjaga kebersihan marmer agar permukaannya tetap berkilau.

Untuk memilih furniture marmer, sebaiknya pilih bahan yang berkualitas. Sehingga lebih tahan lama. Begitupun dalam memilih motif atau warna marmer, akan lebih indah jika disesuaikan dengan tema ruangan sehingga terlihat lebih serasi dan menyatu tanpa menghilangkan sisi kemewahan dari marmer tersebut.

Tidak hanya itu, penggunaan tata letak marmer yang tepat juga dapat memberikan kesan indah pada rumah Anda. Maka banyak sekali hal yang harus dipertimbangkan dalam memilih furniture marmer.

Tinggalkan komentar