Yuk Ketahui Jenis Press Release Berikut Ini

Press release umumnya disusun oleh Public Relations (PR) sebuah perusahaan atau organisasi. Tujuan utama penyusunan press release adalah untuk menginformasikan kepada publik luas mengenai suatu hal yang berkaitan dengan perusahaan atau organisasi. Tidak jarang, mereka menggunakan jasa press release untuk mengerjakan pekerjaan ini.

Dalam jurnalistik, press release adalah salah satu teknik pengumpulan fakta. Para jurnalis juga menggunakan press release sebagai sarana pengumpulan fakta terkait suatu perusahaan atau organisasi.

Mengutip dari buku Modul Jurnalisme Positif (2021) karya Nina dan Triyanto, kedudukan press release sama saja dengan teknik pengumpulan fakta, seperti wawancara, observasi, serta konferensi pers.

Jenis Press Release
Jenis Press Release

“Dengan demikian, tidak ada keharusan bagi perusahaan media massa untuk menyiarkan semua fakta yang tercantum dalam siaran pers. Jurnalis atau wartawan bisa menulis berita dari siaran press release yang mengandung makna dan kepentingan bagi orang banyak,” demikian ulasan Nina dan Triyanto.

Selain memiliki beragam manfaat untuk memperkenalkan sebuah perusahaan atau merek, strategi press release juga mempunyai banyak jenis. Masing-masing memiliki fungsi yang berbeda-beda pula. Nah, berikut adalah penjelasan selengkapnya.

General News

Jenis yang satu ini adalah yang paling umum digunakan. General news dimanfaatkan untuk memuat informasi penting yang berkaitan dengan perusahaan agar segera disiarkan ke public.

Pada umumnya jenis yang satu ini sering dimanfaatkan untuk menginformasikan segala sesuatu yang berkaitan dengan perusahaan. Sebagai contoh, ketika perusahaan meraih sebuah penghargaan, atau ketika perusahaan memperoleh kenaikan akreditasi.

Tentu saja dengan menyampaikan informasi tersebut maka akan dapat membangun image positif perusahaan di mata masyarakat. Dengan demikian, kepercayaan masyarakat pun akan semakin meningkat. Bahkan mereka juga tidak akan ragu lagi untuk membeli produk Anda.

Event Press Release

Kemudian, ada juga event press release. Jenis press release yang satu ini adalah siaran informasi yang berkaitan dengan sebuah event atau acara yang dibuat oleh perusahaan. Siaran yang satu ini berguna untuk menyampaikan kegiatan apa saja yang digelar oleh perusahaan.

Event press release punya format, yakni menuliskan apa saja yang berkaitan dengan acara tersebut secara lengkap. Maka dari itu, agar mempermudahkan siaran, umumnya menggunakan list, bulleting, atau poin agar pembaca bisa memahami informasi kegiatan tersebut dengan terperinci.

Launch Release

Berikutnya adalah launch release. Sesuai dengan namanya, makla jenis press release yang satu ini digunakan untuk menginformasikan segala hal yang berkaitan dengan sesuatu yang baru. Yakni produk baru, situs baru atau hal lain yang bersifat baru.

Format penulisannya pun hampir mirip dengan general news, namun demikian yang membedakan, launch release berfokus pada pembahasan produk baru. Fokus utamanya adalah mengangkat tentang nilai dan kualitas dari sebuah produk.

Pasalnya, dengan mengedepankan kualitas dan nilai ini akan menambah kepercayaan masyarakat terhadap perusahaan dan produk yang baru saja Anda rilis. Jika kepercayaan masyarakat sudah terbangun, maka potensi penjualan semakin tinggi pun akan sangat besar.

Selain menggunakan press release, Anda bisa menyimak berbagai strategi launching produk di sini.

Executive, Staff, dan Employee

Jenis press release yang satu ini mungkin masih kurang familiar di telinga Anda. Namun ternyata executive, staff dan employee ini sudah sering dimanfaatkan. Terutama bagi Anda yang memiliki perusahaan besar. Tujuannya untuk mengenalkan anggota baru atau posisi jabatan tertentu.

Tentu dengan memberitahu siapa pemegang jabatan tertentu akan membantu masyarakat agar lebih mengenal siapa yang bertanggung jawab di posisi tersebut. Dengan melakukan strategi yang satu ini akan membuat perusahaan Anda terlihat lebih profesional.

Product Press Release

Lalu, ada pula product press release. Jenis release produk yang satu ini berguna untuk mengenalkan produk terbaru dari sebuah perusahaan. Tentu saja dengan peluncuran produk terbaru ini harus segera disiarkan. Dengan begitu, masyarakat lebih mengetahui inovasi terbaru dari perusahaan yang sedang Anda bangun.

Sebenarnya jenis yang satu ini hampir mirip dengan launch press release. Hanya, pembedanya adalah jenis yang satu ini berfokus pada perilisan produk terbaru saja. Format penulisannya pun tidak jauh berbeda.

Di sini, Anda harus menonjolkan nilai dan kualitas sebuah produk. Hal tersebut berguna untuk membangun kepercayaan masyarakat dengan menonjolkan kelebihan produk yang Anda miliki. 

Rebranding Press Release

Ketika perusahaan Anda ingin melakukan rebranding, maka jenis press release yang satu ini sangat cocok untuk digunakan. Dalam format penulisannya Anda harus menginformasikan alasan mengapa perusahaan ingin mengganti citranya ke public.

Fokuskan pada visi dan misi terbaru agar membuat citra perusahaan lebih fresh dan baru. Dengan begitu perusahaan akan mempresentasikan dengan baik dan memberitahukan ekspektasi apa saja yang diberikan kepada masyarakat.

Partnership Press Release

Jenis berikutnya adalah partnership press release. Model yang satu ini digunakan untuk tujuan menginformasikan ketika perusahaan Anda melakukan kolaborasi dengan perusahaan lain. Tentu saja hal ini sangat penting untuk disiarkan ke public.

Dengan begitu citra perusahaan Anda akan semakin positif. Calon klien pun akan melihat perusahaan lebih kredibel dan terpercaya. Sehingga akan sangat berpotensi membangun kerjasama dengan mitra yang lain.

Expert Position Press Release

Terakhir, adalah expert position press release. Yakni press release yang disusun dengan tujuan untuk menginformasikan keahlian tertentu yang dimiliki orang. Format penulisannya adalah biografi. Dengan press release ini akan mempermudahkan perusahaan ketika mencari seseorang yang ahli di bidangnya.

Itulah berbagai jenis press release yang perlu Anda ketahui. Anda bisa memanfaatkan jasa layanan press release untuk mempermudah kebutuhan ini. Jasa press release akan membantu individu maupun organisasi untuk menerbitkan berita di media online nasional maupun daerah.

Anda dapat menerbitkan berita rilis untuk keperluan media placement seperti, promosi bisnis, personal branding, liputan acara, peluncuran produk, dan masih banyak lagi.

Tinggalkan komentar