Jual Genset Jakarta
ASUS ProArt

Penduduk Jakarta yang padat dan kegiatannya sebagai kota bisnis terbesar di Indonesia yang super sibuk aktif siang malam 24 jam perlu menyediakan genset sebagai cadangan demi kepastian dan menjaga kestabilan pasokan listrik, mengingat banyak sekali berbagai peralatan kantor maupun rumah tangga yang tak akan bisa berfungsi normal jika tidak mendapat pasokan listrik. Jual genset Jakarta cukup cerah prospeknya dan memiliki peran yang penting dalam pertumbuhan dan perekonomian di Jakarta.

Apa itu Genset

Generator set atau genset atau mesin pembangkit listrik ialah suatu perangkat yang mampu menghasilkan listrik dengan secara kinetik, yakni yang akan mengubah bahan bakar hingga menjadi energi gerak dan lalu diubahnya menjadi energi listrik. Genset itu ialah suatu set peralatan yang merupakan hasil penggabungan antara dua buah perangkat yang berbeda yakni ada suatu engine dan juga ada generator atau alternator nya. Generator merupakan suatu kumparan, yakni yang terbuat dari tembaga yang terdiri atas bagian strator ataupun kumparan statis serta bagian rotor ataupun kumparan berputar. Lalu yang disebut sebagai alternator itu ialah sebutan dari generator arus pada genset nya. Mesin genset sangat perlu dan penting disediakan sebagai backup atau cadangan sumber pasokan listrik.

Cakupan Penggunaan Genset yang Luas

Suatu Rumah sakit, juga hotel, dan apartemen, sekolahan dan universitas, gedung perkantoran, pusat perbelanjaan atau mall hingga suatu pabrik membutuhkan listrik dengan kapasitas yang cukup besar, guna menunjang kelancaran aktivitas sehari-harinya. Sumber listrik selain dari PLN ialah bisa dari genset. Generator Set atau Genset itu memiliki kapasitas yang beraneka ragam, cukup banyak variasinya, sesuai dengan kebutuhan listrik yang diperlukan atau dibutuhkan pada setiap gedung atau bangunan. Genset tak hanya bisa digunakan di dalam ruangan secara indoor namun juga cukup fleksibel dan bisa digunakan di luar ruangan secara outdoor  yakni seperti sebagai pemasok daya pada suatu konstruksi gedung atau bangunan belum jadi yang belum dipasangi atau terinstall sambungan listrik dari PLN juga untuk suatu event acara yang diselenggarakan di suatu tanah lapang atau ruangan terbuka lainnya yang sulit dijangkau oleh pasokan listrik dari PLN dan lain sebagainya.

Beragam Kapasitas Genset

Kapasitas genset beragam ukurannya sebagai berikut.

kVA atau Kilovolt Ampere

Ukuran besaran kVA suatu genset menunjukkan kapasitas semu dari mesin genset tersebut. Ukuran kVA ialah daya nyata suatu mesin genset yang ditambah dengan daya aktif power yang terbentuk oleh generator yang dipergunakan di mesin genset nya.

kW atau Kilowatt

Ukuran besaran kW suatu genset ialah nilai energi daya nyata yang timbul dari hasil konversi energi daya genset ataupun kemampuan operasi mesin genset nya. Ukuran besaran Watt dapat dipergunakan sebagai nilai acuan pada mesin gensetnya. Setiap satu satuan kW itu sama dengan atau setara dengan 1000 Watt. Mesin genset yang biasanya digunakan di rumah itu ukuran kapasitasnya ialah sekitar 1000 kVA hingga sekitar 10.000 kVA, sedangkan mesin genset untuk industri dapat memiliki ukuran kapasitas yang lebih besar lagi.

Cara Konversi Ukuran kVA ke Watt pada suatu Mesin Genset

Satuan ukuran yang tercantum pada suatu mesin genset itu biasanya dalam satuan ukur kVA. Sehingga untuk mengetahui daya nyata dari mesin gensetnya maka perlu dilakukan konversi terlebih dahulu ke dalam satuan ukuran watt. Adapun sebagai acuan nilai bakunya ialah untuk setiap 1 kVA adalah setara atau senilai dengan 0,8 kW atau 800 Watt. Sebagai contohnya ialah sebagai berikut.

Genset dengan ukuran kapasitas yang tertera pada label sebesar 2 kVA maka dengan demikian nilai kapasitas mesin genset tersebut jika dikonversikan ke dalam satuan ukuran kW ialah akan senilai setara 1,6 kW atau setara juga dengan sebesar 1600 Watt. Sebelum membeli mesin genset maka hitung terlebih dahulu besarnya kebutuhan watt berbagai peralatan listrik yang ada  lalu sesuaikan dengan kapasitas genset nya. Jangan sampai kekurangan atau terlalu kecil ukuran kapasitas genset nya.

Aneka Jenis Genset

Terdapat banyak aneka jenis genset yang dapat dipilih untuk digunakan, yakni sebagai berikut.

Genset Solar atau Genset Diesel

Genset jenis yang satu ini menggunakan bahan bakar dari solar. Karakteristiknya ialah meski harga genset ini cukup mahal pada saat investasi awalnya, tapi dari segi perawatan cukup mudah, sebab tanpa menggunakan busi, dan bahan bakarnya, yaitu solar yang harganya cukup murah, sehingga

biaya operasional serta juga dengan biaya perawatannya menjadi cukup murah dan mudah. Genset jenis ini tersedia dalam kapasitas yang beragam, yakni mulai dari kapasitas kecil sekitar mulai 5 kWA atau 5 ribu watt hingga pada kapasitas yang besar hingga 2 mWA atau 2 juta watt.

Genset jenis tipe diesel ini akan mengkonversi solar sehingga berubah jadi suatu energi mekanik untuk proses pembakaran dengan memanfaatkan udara yang dikompresi guna pembakaran bahan bakar solar yang ada. Pada genset jenis tipe diesel inj tidak akan ada pencampuran udara dan bahan bakar di luar silindernya. Genset jenis tipe diesel ini bisa memiliki silinder dengan jumlah sekitar 2 buah hingga 16 buah,  tergantung pada merk dan juga kapasitasnya. Meski mesin genset diesel ini cenderung berukuran besar dan cukup berat juga menghasilkan banyak gas buangan, namun genset jenis tipe diesel ini cukup awet serta tidak akan terlalu menyengat baunya, juga relatif lebih aman karena tidak akan mudah terbakar. Genset solar ini cukup awet serta mudah perawatannya karena tanpa busi dan juga tersedia hingga dalam kapasitas yang besar. Genset diesel ini juga tersedia dalam macam atau tipe Genset Open, yakni yang dijual tanpa box atau kanopi, sehingga akan bisa lebih mudah dalam pengoperasiannya sehari-hari meskipun risikonya ialah pada suaranya yang bising. Jenis tipe genset open ini cukup murah harganya dan cocok ditempatkan pada suatu ruangan tersendiri, di bawah tanah, yang kedap suara. Lalu ada juga macam atau tipe Genset Silent  yakni yang telah dilengkapi dengan peredam suara sehingga sudah menjadi tidak terlalu bising lagi, sehingga bisa lebih fleksibel, bisa ditempatkan atau diletakkan di mana saja.

Diesel Bensin

Selain itu ada juga diesel jenis ini yakni yang menggunakan bahan bakar berupa bensin. Sehingga bahan bakarnya lebih mudah didapatkan dan juga cenderung tidak terlalu berisik. Meski ada juga risikonya yakni bisa menjadi untuk lebih mudah terbakar, serta kebanyakan tersedia dalam kapasitas yang kecil dan sedang, serta cukup jarang yang tersedia dalam kapasitas yang besar. Selain itu ada juga jenis genset trailer ataupun mobile type genset yang bisa dengan mudah dipindah-pindahkan sehingga akan lebih fleksibel penggunaannya.

Guna memenuhi kebutuhan genset maka rajawalindo.com sebagai supplier jual genset Jakarta menyediakan berbagai jenis dan merk genset dalam harga yang termurah. Pilih saja jenis genset dalam kapasitas dan jenis yang sesuai dengan kebutuhan dan juga kisaran besaran anggarannya.

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar

WebsiteRiau.co.id merupakan website penyedia Jasa SEO dan Pembuatan Website di Pekanbaru, Riau.

Tentang     Kontak     Kebijakan Privasi     Sanggahan