Media Promosi Mana yang Paling Efektif? Simak Di Sini!

Upaya pemasaran di era modern ini memberikan ruang yang luas untuk Anda, baik sebagai pengusaha atau sebagai pihak yang merencanakan aktivitas pemasaran, untuk berkreasi. Media promosi yang tersedia begitu banyak opsinya, sehingga semua bisa dimanfaatkan dengan optimal.

Tapi apakah benar demikian? Apakah ketersediaan media promosi ini merupakan kesempatan yang harus dimanfaatkan, atau justru tantangan lain yang harus ditaklukkan?

Jika dilihat dari sudut pandang bisnis, hal ini merupakan kesempatan sekaligus tantangan. Kesempatan, karena Anda bisa memanfaatkannya dengan maksimal, namun juga tantangan karena Anda harus memilihnya dengan bijak agar mendapatkan hasil yang optimal.

Nah untuk membantu melihat media promosi apa saja yang bisa digunakan, Anda bisa lihat uraiannya berikut ini!

Media Promosi Konvensional

Media Promosi Konvensional
Sumber : freepik.com

Meski era sudah serba modern seperti sekarang ini, namun popularitas media promosi konvensional masih sangat besar dan dinilai dapat jadi satu cara efektif memasarkan produk. Memang, media promosi ini idealnya digunakan oleh bisnis yang sudah mapan, karena cost-nya yang juga besar.

Beberapa media konvensional yang sering digunakan untuk promosi antara lain sebagai berikut.

Siaran Televisi, Analog atau Digital

Yap, penggunaan televisi sebagai media promosi masih jadi cara utama yang digunakan brand besar. Baik dengan iklan secara langsung, product placement, atau sebagainya, cara ini masih digunakan dan dianggap efektif guna meningkatkan awareness dan sales dari produk. Tentu, biayanya juga besar.

Media Cetak, Brosur, Banner, Poster, Baliho, Majalah…

Dan masih banyak lagi media promosi cetak yang digunakan sebagai cara memasarkan produk. Cara ini lebih fleksibel dalam menjangkau penggunanya, karena bisa digunakan oleh bisnis besar ataupun kecil. Tergantung pemilihan media dan budget produksi yang dimiliki saja.

Radio

Mungkin terdengar cukup kuno, namun radio hingga saat ini masih memiliki pendengar setia yang mendengarkannya. Segmennya yang jelas membuat radio jadi media promosi menarik untuk dipertimbangkan, dan memiliki range biaya yang cukup luas untuk dipilih berdasarkan segmen, acara, serta stasiun radionya.

Merchandise Produk atau Bisnis

Media promosi yang terakhir untuk kategori konvensional adalah dengan merchandise yang bisa diberikan pada pada publik. Bisa berupa alat tulis, mug, topi, kalender, stiker, dan banyak lagi. Intinya adalah barang yang bisa digunakan, memiliki visibilitas tinggi di ruang publik atau privat, serta memiliki logo atau nama produk Anda.

Media Promosi Digital

Media Promosi Digital
Sumber : freepik.com

Di era kekinian, opsi media promosi digital menjadi opsi yang sangat menarik. Tak hanya untuk bisnis skala kecil yang masih banyak mempertimbangkan budget promosi, namun juga bisnis besar yang ingin merengkuh lebih banyak ceruk untuk produknya.

Beberapa opsinya antara lain sebagai berikut.

Media Sosial

Menjadi media promosi yang paling populer saat ini, media sosial bisa jadi satu sarana promosi yang sangat efektif. Algoritma yang digunakan serta pengelompokan ceruk pasar dengan sistem tertentu memungkinkan Anda beriklan langsung pada segmen yang kira-kira masuk pada kategori pasar Anda.

Selain itu, cara yang bisa digunakan juga beragam. Mulai dari menggunakan akun bisnis, iklan berbayar, hingga menggunakan jasa influencer, semua bisa jadi opsi menarik untuk meningkatkan penjualan bisnis Anda.

Search Engine Marketing

Cara kedua yang bisa digunakan adalah memanfaatkan layanan berbayar dari search engine. Google misalnya, jadi mesin pencarian terbesar yang dijadikan acuan banyak pelaku bisnis dalam beriklan. Tentu saja ini memerlukan strategi tertentu agar iklan yang dipasang bisa dilihat banyak orang dan diklik banyak orang sehingga menghasilkan umpan untuk sales. Namun setidaknya cara ini terbuka untuk siapa saja, dan dengan budget yang sangat fleksibel.

Email Marketing

Penggunaan email marketing mungkin tergolong cukup kuno untuk konsep media promosi digital, namun terbukti cara ini cukup ampuh. Anda bisa langsung mengirimkan newsletter atau informasi promosi apapun ke email dari pelanggan Anda. Hal ini efektif karena publik yang Anda kirimi secara langsung sudah tersaring dengan metode yang tersedia.

Banner Ads

Secara mendasar, sebenarnya banner ads ini serupa dengan promosi dengan media cetak, namun bedanya cara ini dilakukan pada media digital. Banyak jenis yang bisa Anda gunakan serta banyak ukuran yang bisa disesuaikan dengan budget promosi yang Anda miliki. Tinggal disesuaikan di satu dan lain pos, maka Anda bisa menggunakan cara ini dengan baik.

Dengan banyaknya media promosi yang bisa dipilih ini, maka tantangan besar ada pada bagian marketing dari bisnis Anda. Analisa yang baik harus dilakukan agar dapat menentukan mana media yang kira-kira paling berpotensi, dan bisa memberikan feedback paling baik.

Tentu, untuk mengelola semua ini Anda perlu informasi yang mumpuni sehingga cara apapun yang Anda ambil dalam menentukan media promosi bisa berhasil baik. Anda bisa menemukan banyak artikel menarik di blog Jokul by DOKU. Layanan pengelolaan pembayaran online ini juga menyediakan ragam artikel informatif seputar bisnis kekinian, yang bisa Anda jadikan bahan pertimbangan dalam menyusun langkah strategis.

Tinggalkan komentar