7 Kiat Mempermudah Kinerja HRD Agar Efektif & Efisien

Tugas HRD dalam sehari-hari meliputi pengelolaan karyawan yang cukup pelik dikarenakan tugas administrasi yang rumit.

Sebenarnya tugas administrasi tersebut tergolong gampang, tetapi jumlah karyawan yang banyak dan berbagai informasi karyawan yang membuat pengelolaan karyawan menjadi rumit. Di sinilah Aplikasi HR dibutuhkan.

HRD perlu melakukan tugas dan pekerjaannya dengan sebaik mungkin. Inilah beberapa kiat untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi kerja HRD.

Rencanakan Dari Awal dengan Cermat

Ada baiknya seorang staff HRD melakukan perencanaan pribadi sebelum bekerja. Perencanaan ini bukan dalam bentuk program kerja, melainkan dalam bentuk apa saja yang akan dikerjakan dan prioritas mana yang harus dikerjakan duluan. Anda dapat membuat daftar pekerjaan apa saja yang akan Anda kerjakan hari itu, kemudian urutkan dari yang paling mudah ke paling sulit.

Manfaatkan Data dan Informasi

Di tengah perkembangan tren bisnis dan tenaga kerja, ada berbagai macam data dan informasi. Ada baiknya Anda memanfaatkan data dan informasi tersebut untuk keperluan analisis tugas HRD. Contohnya, mengenai standar gaji karyawan muda, perkembangan angka turnover, dan sebagainya. HRD dapat membandingkan dan menganalisis data serta informasi tersebut menjadi sebuah analisis dan strategi.

Cloud Hosting Indonesia

Minta Feedback Rutin dari Karyawan

Selain data dan informasi untuk keperluan analisis, masukan atau feedback dari karyawan juga tidak kalah penting untuk dipertimbangkan. Sebab, karyawan adalah orang yang berada dalam jajaran awal operasional. Jadi dapat dikatakan bahwa karyawan paham benar apa yang terjadi di lapangan.

Tingkatkan Komunikasi dan Brainstorming

Tidak mungkin Anda dapat bekerja sendirian tanpa bantuan dari orang lain. Maka dari itu, coba lakukan komunikasi dan brainstorming baik dengan sesama praktisi HRD maupun karyawan yang lain. Dengan begitu Anda dapat memperoleh insight dari berbagai sudut pandang.

Peka dengan Perkembangan Teknologi

Perkembangan teknologi bukan lagi hal yang asing dan Anda pun juga harus mampu mengikutinya. Jika diterapkan dalam pengelolaan karyawan, teknologi bisa bermanfaat baik. Contoh dari implementasi teknologi dalam pengelolaan karyawan adalah Aplikasi HR danĀ  software database karyawan.

Ada banyak pilihan vendor penyedia aplikasi HR dan software database karyawan yang bisa Anda pilih. Contohnya adalah LinovHR yang sudah terkenal sebagai vendor penyedia Software HRD untuk banyak perusahaan.

Maksimalkan Employee Referral Program

Tugas HRD lainnya yang terkenal memakan banyak waktu dan tenaga adalah rekrutmen karyawan. Untuk itu, HRD dapat memanfaatkan employee referral program yang akan mempercepat rekrutmen karyawan. Cara kerjanya, HRD akan meminta rekomendasi kandidat unggulan yang sesuai kebutuhan perusahaan melalui karyawan internal. Lalu, rekomendasi ini akan dipertimbangkan oleh HRD.

Atasi Konflik dengan Tepat

Konflik bukan lagi hal asing dan pasti ditemukan di semua perusahaan. Konflik yang dimaksud bisa terjadi antara sesama karyawan serta karyawan dan atasan. Alih-alih tidak peduli dan membiarkan konflik otomatis selesai, HRD dapat membantu menyelesaikan konflik dengan menjadi pihak mediator. Sehingga konflik tidak akan menyebar dan mengganggu kinerja yang lain.

Itulah beberapa tips singkat yang bisa Anda gunakan dalam kinerja sehari-hari sebagai HRD. Semoga informasi di atas dapat membantu!

Tinggalkan komentar