Pengertian Website, Sejarah, dan Fungsinya yang Terus Berkembang

Selama ini orang hanya membuka internet ketika membutuhkan informasi, tanpa mempelajari secara detail pengertian website dan fungsinya. Hanya sebagian kecil yang ingin tahu bagaimana website bekerja dan bisa menghasilkan uang. Mereka inilah yang akhirnya menguasai dunia digital.

Generasi yang paling memahami perubahan zaman dengan adanya internet adalah orang-orang yang lahir pada tahun 1980-1990an. Karena mereka mengalami transisi dan lompatan teknologi paling pesat. Dari zaman pengirim pesan (pager), gawai generasi awal yang hanya bisa telepon dan SMS, sampai jaringan menjadi 5G.

Sementara anak-anak yang lahir setelah tahun 2000 hanya mengenal gawai yang layarnya bisa disentuh dan game yang dimainkan secara daring. Tidak banyak jejak teknologi yang tersisa sebagai sarana menjelaskan proses perkembangan internet hingga saat ini kepada generasi muda.

Pengertian Website

Pengertian Website
Pengertian Website

Dalam pemahaman sederhana, website dapat dipahami sebagai kumpulan halaman di peramban ketika kita memasukkan alamat URL di kolom pencarian. Halaman ini berisi berbagai informasi dan dapat diakses secara bebas oleh pengunjung selama alamatnya jelas dan benar.

Misalnya alamat jasa pembuatan website Niagaweb adalah www.niagaweb.co.id. Jika alamat tersebut dimasukkan ke kolom pencarian maka halaman informasi terkait Niagaweb otomatis terbuka. Pengunjung dapat membuka beberapa halaman informasi berdasarkan judul atau label yang tersedia.

Pada website Niagaweb, pengunjung dapat mencari informasi spesifik mengenai harga domain, hosting, atau paket jasa pembuatan website yang tersedia. Selain itu, pengunjung dapat menemukan berbagai tips menguasai dunia digital melalui pembuatan website.

Sejarah Perkembangan Website

Website mulai diresmikan pada awal tahun 1990an, tepatnya mulai bisa diakses oleh publik pada tahun 1993. Saat itu ukuran komputer yang digunakan masih cukup besar dan terus mengecil hingga sekarang berbentuk laptop yang ringan dan tipis.

Seiring waktu, website semakin berkembang dan dapat dibuat oleh setiap orang, organisasi, lembaga, perusahaan, juga pemerintah. Biasanya setiap website memiliki fokus bahasan tertentu, tergantung dari tujuan pembuatannya. Sebagian website hanya dibuat ala kadarnya dan sebagian yang lain menjadi sumber penghasilan.

Fokus pembahasan yang sesuai dengan pengertian website dan fungsinya disebut sebagai niche. Ada website khusus kuliner, travelling, pendidikan, keuangan dan perbankan, teknologi, ada juga yang menggabungkan beberapa bidang. Website berisi informasi atau jurnal dengan berbagai tema disebut lifestyle.

Berbagai Fungsi Website

Website memiliki berbagai fungsi sesuai dengan tujuan pembuatannya. Seperti halnya sebuah bangunan, bisa dijadikan sebagai rumah, toko, gudang, atau sekadar tempat persinggahan. Berikut beberapa fungsi yang umumnya menjadi alasan pembuatan sebuah website:

1. Untuk Pribadi

Website untuk pribadi dapat menjadi sarana mengekspresikan harapan, mengabadikan peristiwa, atau mencatat hal-hal penting yang layak dipublikasikan. Beberapa pengalaman pribadi menggunakan produk dapat mengundang bagian pemasaran produk membayar mereka melakukan buzzer atau campaign.

2. Untuk Bisnis

Website dapat difungsikan sebagai toko, salah satu alat pemasaran, alat membangun kepercayaan publik, dan meningkatkan volume penjualan. Kondisi ekonomi dan kesehatan bumi akhir-akhir ini justru meningkatkan peran website untuk meningkatkan skala bisnis.

3. Untuk Masyarakat

Masyarakat menggunakan website sebagai salah satu sumber informasi yang serba ada. Hampir tidak ada hal yang tidak ditemukan di website. Pengguna hanya perlu memasukkan kata kunci yang tepat untuk mendapatkan informasi paling relevan. Website menyediakan sumber informasi terbanyak untuk masyarakat.

Saat ini, seolah hampir tidak ada orang yang tidak membutuhkan website untuk berbagai keperluan. Pengertian website dan fungsinya dapat menjadi tambahan pengetahuan Anda, baik yang baru mengenal website, maupun yang telah lama menggunakannya.

Tinggalkan komentar