4 Hal Dalam Menyiapkan UMKM Go Online

UMKM Go Online – Persentase UMKM di Indonesia yang telah go online baru lebih kurang 15% saja. Atau lebih tepatnya, hanya 9,4 juta berasal dari 64 juta UMKM yang telah eksis di dunia digital.

Melihat banyaknya kuantitas UMKM yang belum go online, pasti hal ini terlalu disayangkan. Karena, ada banyak kesempatan yang dapat diraih oleh UMKM lewat platform digital marketing. Mulai berasal dari potensi transaksi yang tinggi sampai kemudahan untuk menjangkau konsumen.

Walau demikian, tak dapat dipungkiri bahwa tetap banyak UMKM yang belum mengfungsikan kesempatan ini. Alasannya bermacam-macam, mulai berasal dari kurangnya kesiapan SDM sampai keterbatasan akses internet.

Ada sebagian aspek yang bisa saja nampak sederhana, tapi dapat pengaruhi kesiapan UMKM didalam transformasi digital.

Mindset Untuk Go Online

UMKM Go Online
UMKM Go Online

Ketika mengkaji perihal persiapan pemilik UMKM didalam menghadapi tantangan bisnis, aspek-aspek yang seringkali disebut adalah pendanaan, wawasan, atau infrastruktur. Namun belum banyak yang mengkaji perihal mindset.

Cloud Hosting Indonesia

Mindset merupakan salah satu aspek mutlak yang wajib dipertimbangkan oleh UMKM. Karena mindset dapat memotivasi pemilik UMKM untuk melaksanakan transformasi digital.

UMKM ini jargonnya emang ‘UMKM Naik Kelas’. Tapi, berasal dari sekian banyak UMKM yang ada, itu hanya sedikit banget yang mindsetnya ikutan ter-upgrade.

Saat ini kuantitas pengguna internet di Indonesia telah capai 175 juta jiwa. Dan kesempatan sebesar ini justru tak dimanfaatkan oleh sebagian besar UMKM.

Mayoritas pemilik UMKM tetap punya mindset konvensional. Dalam artian, mereka tetap melaksanakan kegiatan bisnis hanya untuk makan hari ini. Sehingga mereka tidak berpikir jauh ke depan.

Dampaknya, tetap sedikit UMKM yang berasumsi transformasi digital sebagai langkah bertahan untuk jangka panjang. Karena pencapaian bisnis hari ini diakui telah cukup.

Tidak hanya itu, mindset konvensional pun sering pengaruhi keputusan pemilik UMKM kala melaksanakan pengembangan bisnis.

Mereka membangun bisnis berasal dari apa yang mereka bisa, bukan berdasarkan terhadap market demand. Nah, mindset ini yang wajib diubah. Harusnya mereka mengarah terhadap market demand dulu. Sehingga memahami apa yang kembali trend di market dan sebagainya.

Mengandalkan sumber energi yang dimiliki oleh bisnis memang tidak salah. Namun yang patut dikhawatirkan adalah saat wawasan pasar menjadi terabaikan. Padahal, keduanya wajib dipadukan agar tujuan bisnis jangka pendek dan jangka panjang dapat tercapai.

Dengan punya mindset yang tepat, para pebisnis dapat mewujudkan potensi sumber energi yang mereka punya lewat transformasi digital.

Mindset dapat berpengaruh ke behavior dan langkah UMKM kedepannya. Karena mindset adalah awal berasal dari segala-galanya.

Wawasan Pemasaran Online

Selain punya mindset yang tepat, pemilik UMKM wajib mengasah wawasan mereka agar dapat mengelola bisnis online-nya bersama baik.

Ada tiga wawasan yang wajib dipahami oleh UMKM agar dapat sukses online. Yang pertama adalah marketing, yang ke dua adalah produk development, dan yang paling akhir adalah langkah dan managerial.

Dengan ketiga wawasan tersebut pemilik UMKM dapat memahami langkah mengembangkan produk, langkah memasarkannya, dan juga langkah mengelola bisnisnya didalam jangka panjang.

Sayangnya, tetap banyak pemilik UMKM yang belum tertarik untuk berinvestasi wawasan. Alasan umumnya adalah gara-gara biaya.

Sarannya adalah agar para pemilik UMKM untuk melacak mentor. Sehingga mereka dapat dibimbing untuk mengembangkan bisnisnya.

Kalo pemilik UMKM rela dapat knowledge, pertama kali mereka wajib punya mentor. Karena tanpa terdapatnya mentor, bukannya mereka ga dapat menjadi gede ya, tapi itu wajib waktu, dan mereka kan butuh eksperimen.

Sehingga, bersama bimbingan mentor dan wawasan digital marketing yang mumpuni, para pemilik UMKM dapat semakin siap didalam menggerakkan transformasi digital.

Jaringan Bisnis yang Solid

Tentunya para pemilik UMKM tidak dapat bekerja sendiri. Mereka wajib membangun jaringan agar bisnis mereka dapat berlangsung bersama baik.

Luasnya jaringan bisnis dapat memperkaya wawasan industri dan juga memunculkan kesempatan untuk berkolaborasi. Hal ini juga mutlak untuk tingkatkan kesadaran digital bagi pemilik UMKM yang belum familiar bersama go online.

Mayoritas pelaku UMKM itu adalah orang-orang yang usianya telah di atas 40 tahun. Sehingga awareness mereka terhadap digital agak berkurang.

Sulitnya pebisnis tua untuk berubah ke platform online memang bukan masalah baru. Biasanya penyebabnya gara-gara kurang familiar bersama pemanfaatan berbagai platform online, mulai berasal dari media sosial sampai website.

Masalah ini dapat diatasi bersama mendorong kolaborasi pada pebisnis senior bersama generasi millennial.

Nah anak-anak millennial dapat didapat di mana? Bisa didapat lewat inkubator bisnis di kampus-kampus. Kemudian berasal dari generasi millennial inilah umumnya strategi-strategi digital marketing muncul.

Dengan begitu, generasi baru dapat menopang mengembangkan bisnis senior lewat platform digital. Di sisi lain, mereka juga dapat memperoleh pengalaman punya nilai berasal dari para pebisnis senior.

Website yang Mumpuni

Terakhir, hal yang patut dipersiapkan oleh UMKM untuk dapat sukses go online adalah website. Karena web dapat diandalkan sebagai media pemasaran dan penjualan.

Rata-rata calon pembeli tetap datang ke website, juga yang mengfungsikan perangkat mobile.

Namun, manfaat web tidak hanya cuman untuk pemasaran dan penjualan saja. Masih ada manfaat lain yang ditawarkan oleh website. Mulai berasal dari alat branding dan ekspansi pasar, sampai menjadi penunjang impuls tim internal.

Menjadi Alat Branding

Salah satu manfaat utama web adalah untuk melaksanakan kegiatan branding. Karena, kesan pertama sebuah bisnis dapat dilihat berasal dari websitenya.

“Saat pembeli melacak perihal keterangan suatu bisnis atau produk, pasti larinya pertama kali ke website. Dan web itu tidak hanya perihal websitenya, tapi di mulai berasal dari penentuan nama domain.”,

Fungsi web sebagai alat branding dapat dilihat terhadap halaman profil website, landing page, dan halaman lain yang dapat memperkenalkan bisnis beserta produknya.

Lalu, branding via web juga dapat diperkuat lewat domain, yaitu alamat web (seperti google.com atau facebook.com). Domain dapat menentukan apakah websitenya enteng untuk diingat atau tidak. Domain juga dapat menyebabkan bisnis nampak lebih kredibel.

Melakukan Ekspansi Pasar

Website juga dapat menopang UMKM menjangkau pasar yang lebih luas. Salah satu caranya adalah bersama mengandalkan SEO (Search Engine Optimization), yaitu praktik-praktik yang dapat menopang web capai peringkat tinggi di mesin pencari.

“Website adalah alat yang paling enteng dan efisien untuk melaksanakan penetrasi pasar. Karena pasar begitu luas, dan banyak juga ceruk pasar yang dapat dipilih”,

Memang ada platform lain yang dapat digunakan oleh calon pembeli kala melaksanakan pencarian, seperti media sosial. Namun, calon pembeli dapat selamanya melaksanakan pencarian di mesin pencari.

Menambah Kepercayaan Diri Tim

Manfaat web tidak hanya berasal dari sisi tehnis saja. Ada manfaat psikologis yang dapat didapat berasal dari website, yaitu motivasi.

Karena semakin ramai web Anda dikunjungi, pasti Anda dapat semakin optimis bersama bisnis Anda, bukan?

Website dapat tingkatkan rasa yakin diri internal team. Hal ini mutlak gara-gara pebisnis wajib dapat fokus terhadap dua hal: membangun bisnis dan membangun kapasitas orang-orang di dalamnya.

“Kalau saat ini orang-orangnya ini tidak punya rasa yakin diri maupun bangga bersama produknya, bagaimana mereka dapat optimal untuk menggerakkan bisnisnya? Dan salah satu hal yang menyebabkan mereka bangga, itu adalah berasal dari web itu sendiri. Manakala sebuah web punya traffic yang cukup tinggi dan merk positioning yang bagus, maka rasa yakin diri tim dapat meningkat”

Jadi, saat sebuah UMKM mengidamkan tingkatkan optimisme timnya. Mereka dapat membangun sebuah website, mengelolanya bersama baik, selanjutnya melihat seberapa besar sukses yang dapat mereka capai lewat web tersebut.

Ingin Go Online Sekarang Juga? Yuk Buat Website

Agar siap go online, UMKM wajib siap mengembangkan diri berasal dari aspek mindset, wawasan, dan jaringan. Namun, jangan lupa untuk terlalu terjun ke dunia online lewat website. Seperti yang telah dibahas, web merupakan salah satu platform paling baik untuk mengembangkan dan memperluas pasar bisnis Anda.

Khawatir gara-gara belum memahami langkah membangun website? Tidak masalah. kami dapat menopang Anda membangun web bersama mudah! Anda dapat mulai punya web profesional tanpa wajib keahlian coding.

Tinggalkan komentar