Cara Mengurangi Rambut Rontok

Cara Mengurangi Rambut Rontok – Menjadi satu bagian terpenting dalam berpenampilan, tak heran jika rambut selalu mendapat perhatian dan perawatan khusus. Ya, bagian tubuh yang juga kerap disebut dengan mahkota manusia ini adalah satu bagian terpenting untuk menyempurnakan penampilan Anda.

Dimana dengan penataan yang trendy dan stylish penampilan Anda bisa berubah total. Sayangnya, karena proses perawatan dan hair stylish yang berlebih sering kali membuat rambut menjadi rusak dan kehilangan keindahan alaminya.

Salah satu kerusakan yang paling mudah terdeteksi adalah rambut yang mudah patah dan rontok. Rambut yang kering akibat hair stylish menjadi mudah patah dan akhirnya rontok. Bahkan tak jarang pula kerontokan rambut ini terjadi dengan jumlah yang begitu banyak, sehingga sangat mengkhawatirkan dan perlu mendapatkan tindakan khusus.

Namun bagaimana cara mengurangi rambut rontok? Apakah hanya dapat dilakukan dengan menggunakan obat atau shampo khusus rambut rontok saja? Tentu saja tidak, Anda pun bisa menggunakan bahan-bahan alami untuk mengatasi kerontokan rambut.

Nah berikut adalah beberapa bahan yang dapat digunakan dalam cara mengurangi rambut rontok.

Lidah buaya

Lidah buaya
Lidah buaya

Salah satu tanaman serba guna yang dapat Anda manfaatkan untuk mengatasi rambut rontok adalah lidah buaya. Dimana Anda akan menggunakan bagian gelnya sebagai masker rambut. Cara penggunaanya sendiri yaitu dengan mengoleskan gel lidah buaya pada rambut, kemudian diamkan selama 15 sampai 20 menit.

Baca juga : Manfaat Daun Kelor

Setelah gel meresap ke dalam rambut kemudian bilas menggunakan air dingin. Nah agar kandungan pada lidah buaya ini meresap sempurna ke dalam rambut dna kulit kepala, beri pijatan ringan pada kepala Anda sembari menunggu gel meresap.

Kemiri

Kemiri
Kemiri

Selain bisa membantu menyuburkan, kemiri juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah rambut rontok.  Dimana rempah yang satu ini memiliki ekstrak minyak yang dapat membuat rambut menjadi lebih kuat dan merangsang pertumbuhan rambut pada kulit kepala.

Cara mengurangi rambut rontok menggunakan kemiri pun sangat mudah. Pertama dapatkan ekstrak minyaknya terlebih dahulu dengan cara membakar kemiri  atau Anda juga bisa membeli minyak kemiri siap pakai. Selanjutnya oleskan tipis pada rambut dna kulit kepala sembari pijat-pijat ringan.

Bilas menggunakan shampo yang baik untuk rambut rontok dan rambut Anda pun akan jauh lebih kuat.

Minyak esensial

Minyak esensial
Minyak esensial

Selain minyak kemiri, minyak esensial juga memiliki manfaat yang tak kalah hebatnya untuk mengatasi rambut rontok. Minyak esensial sendiri antara lain terdiri dari minyak wijen, minyak zaitun, minyak kelapa dan lain sebagainya.

Baca juga : Manfaat Sirsak

Cara mengurangi rambut rontok menggunakan minyak esensial ini pun tak kalah sulitnya yaitu hanya dengan mengoleskan langsung pada rambut dan kulit kepala. Diamkan selama kurang lebih 1 jam hingga kemudian bilas rambut Anda menggunakan air bersih dan shampo

Buah alpukat

Buah alpukat
Buah alpukat

Buah dengan warna daging hijau cerah inipun ternyata memiliki kandungan protein yang begitu tinggi. Jadi dengan menggunakan buah alpukat saja Anda sudah bisa menjaga kekuatan dan keindahan alami rambut.

Penggunaan alpukat untuk herbal anti rontok pun sangat mudah, yaitu dengan membuatnya menjadi masker. Tumbuh alpukat dan campur dengan minyak esensial, kemudian balurkan pada rambut dan kulit kepala. Diamkan selama 20 menit lalu bilas.

Yogurt

Yogurt
Yogurt

Siapa sangka makanan olahan susu dengan cita rasa yang khas ini memiliki manfaat untuk mengatasi masalah kerontokan rambut. Dimana yogurt pun mampu menjaga kekuatan rambut serta memberi nutrisi pada rambut sehingga akan menjadi lebih kuat dan tidak akan rontok lagi, khususnya rontok yang disebabkan karena rambut patah.

Untuk cara mengurangi rambut rontok menggunakan yogurt pun sama, yaitu dengan melumuri rambut menggunakan yogurt dan tunggu 20 menit hingga selanjutnya bilas menggunakan air bersih.

Jadi bisa disimpulkan bahwa mengetahui penyebab rambut rontok beserta dengan cara mengurangi rambut rontok di atas akan sangatlah penting agar rambut Anda tetap terjaga kesehatannya.

Arief Ramadhan

Arief Ramadhan merupakan Owner dari Website Riau, seorang Pakar SEO dan Digital Marketing di Pekanbaru.

Artikel Terkait

Leave a Comment