Kenali Investasi Jangka Panjang Untuk Masa Tua Lebih Terjamin

Investasi Jangka Panjang – Sebagai manusia tentu perlu adanya banyak perencanaan dalam kehidupan. Perencanaan tersebut tentu harus dibarengi dengan dilakukan kegiatan yang dapat menunjang untuk mencapainya. Sebelum memebahas lebih dalam dari investasi jangka panjang, kalian terlebih dahulu harus mengetahui pengertian dari investasi jangka panjang.

Investasi Jangka Panjang adalah investasi yang dimana dana yang difungsikan akan diputar dan baru akan bisa dicairkan apabila waktu yang ditentukan telah tiba. Dalam arti lain investasi jangka panjang dapat diartikan sebagai penanaman modal atau kekayaan dari seseorang atau perusahaan untuk perusahaan lain atau personal lain yang bertujuan untuk memperoleh penghasilan tetap atau mendapat keuntungan lainnya.

Bagi kalian yang tertarik untuk melakukan investasi jangka panjang, maka perlu bagi kalian untuk mempelajari lebih lanjut tentang investasi ini. Berikut ini informasi lengkap seputar investasi Jangka Panjang.

Bentuk Investasi Jangka Panjang

Banyak pilihan bagi perusahaan atau perorangan dalam menentukan rancangan investasi jangka panjang. Seperti halnya bentuk bangunan atau tanah yang disebut investasi properti. Terdapat pula bentuk investasi berupa tabungan atau deposito, selain itu juga terdapat penanaman saham atau obligasi.

Baca juga : Tips Beli Tanah Kavling

Jenis-jenis Investasi Jangka Panjang

Berikut ini jenis investasi jangka panjang.

Emas

Emas yang merupakan logam mulia yang langkah dan memiliki harga menjulang tiggi. Emas dapat dengan mudah divariasikan menjadi berbagai bentuk perhiasan. Investasi emas merupakan investasi dalam jangka panjang yang aman dan menguntungkan karena resikonya sangat rendah.

Dalam kondisi tertentu, emas memiliki harga jual yang stabil dan dianggap sebagai pengganti dari mata uang. Nilai tukar dari Dollar US sama dan searah dengan emas, sehingga saat dolar naik maka harga emas akan naik dan bagi para investor emas saat-saat seperti inilah waktu yang tepat untuk menjual emas.

Properti

Bentuk lain dari investasi jangka panjang adalah investasi berupa properti mulai dari tanah, ruko, rumah, kos-kosan, kebun, sawah, apartemen, kontrakan, dll.

Saham

Sebuah perusahaan mampu memperoleh dana dari investor melalui cara yaitu dengan mengeluarkan saham. Berbeda dengan obligasi, saham merupakan suatu pernyataan dan bukan merupakan surat hutang sehingga tidak dibutuhkan pennebusan untuk penerbitnya.

Reksa Dana

Jenis selanjutnya dari investasi jangka panjang yaitu reksa dana. Investor bisa melakukan investasi namun tidak secara langsung, yaitu menggunakan perantara perusahaan reksa dana. Dana yang telah dikumpulkan dari para investor dengan jumlah yang besar dapat meningkatkan aktivitas tawar-menawar dari reksa dana dan perusahaan.

Baca juga : Contoh Bisnis Syariah

Program Pensiun

Seperti yang kalian ketahui saat ini, terdapat banyak perusahaan penyedia asuransi di Indonesia. Salah satu keunggulannya yaitu memberikan asuransi bagi para pensiunan. Saat telah tiba masa pensiun mereka, maka investor akan mendapatkan sejumlah dana dari hasil pengembangan oleh perusahaan asuransi yang bersumber dari setoran uang gaji mereka setiap bulannya.

Investasi dengan program pensiun ini tida menghasilkan banyak bunga jika dibandingkan dengan menabung di bank. Hasil yang didapatkan juga tidak menentu seperti halnya investasi yang beredar lainnya. Hasil yang diperoleh pada umumnya tergantung pada besar kecilnya keuntungan yang didapatkan oleh pihak perusahaan pengolah.

Obligasi

Obligasi merupakan bukti yang menunjukan bahwa seseorang telah memberikan pinjaman pada pihak lain yang menerbitkan obligasi dan harus melakukan pelunasan ketika telah jatuh tanggal temponya. Obligasi memiliki hak atas  pembagian keuntungan, jika telah diterima oleh pemegang obligasi yang berbentuk badan yang rekarakterisasi menjadi deviden, Hasil pembagian keuntungan yang diperoleh tidak dikenakan pajak.

Asuransi

Asuransi merupakan sebuah perjanjian antara seseorang yang tertanggung yaitu perusahaan asuransi. Penanggung akan memiliki ketersediaan untuk menanggung sejumlah kerugian yang mungkin terjadi di masa yang akan datang. Dan tertanggung akan menyepakati pembayaran uang dengan cara yang resmi dan dapat dipertanggung jawabkan.

Jika berkeinginan menabung dan mendapatkan keuntungan dimasa mendatang. Kalian bisa memilih untuk investasi jangka panjang sebagai solusinya, berbagai jenis investasi yang ada bisa kalian pilih sesuai keinginan dan kebutuhan. Selalu pikirkan dan rencanakan kehidupan dimasa depan dengan melakukan investasi jangka panjang. Nah, bagi yang ingin bermain saham kami rekomendasikan aplikasi saham terbaik dari Stockbit ya sob.

Arief Ramadhan

Arief Ramadhan merupakan Owner dari Website Riau, seorang Pakar SEO dan Digital Marketing di Pekanbaru.

Artikel Terkait

Leave a Comment