Aplikasi Saham Terbaik Stockbit, Begini Cara Jual Beli Saham di Aplikasinya

Aplikasi Saham Terbaik – Apakah kamu tertarik berinvestasi di pasar saham, tetapi bingung bagaimana caranya? Tidak usah khawatir karena kini kamu bisa menggunakan aplikasi Stockbit sebagai aplikasi saham terbaik yang sangat cocok dipakai oleh investor pemula sekalipun. Pasalnya, aplikasi ini menawarkan fitur dengan tampilan lengkap dan sederhana untuk jual beli saham.

Aplikasi yang diluncurkan sejak tahun 2013 ini dapat menjadi solusi bagi investor pemula dalam memperoleh informasi kredibel tentang data-data pasar saham di Indonesia. Stockbit juga mendapatkan pengawasan dari OJK, sehingga sangat aman untuk berinvestasi. Nah, jika penasaran beriket review tentang Stockbit sebagai aplikasi saham terbaik.

Aplikasi Stockbit Itu Apa?

Aplikasi Saham Terbaik Stockbit
Aplikasi Saham Terbaik Stockbit

Stockbit merupakan aplikasi saham terbaik yang didirkan oleh Wellson Lo dan Johny Susanto yang mewadahi para masyarakat awam yang ingin berinvestasi di pasar saham. Stockbit mewadahi para investornya terkait berita up to date seputar harga saham dan sebagainya.

Hadirnya aplikasi online ini di dunia digital yang canggih memberikan angin segar dalam meningkatkan mutu pasar saham yang lebih profesional. Berbagai layanan yang disediakan juga sangat menarik dengan tampilan yang mudah dipahami oleh semua orang. Baik untuk membuka rekening saham sekaligus transaksi jual beli saham melalui aplikasi tersebut.

Di sini kamu bisa berdiskusi dengan investor saham lain secara bersama-sama, meskipun belum pernah mengenal. Layaknya, aplikasi sosmed, pada Stockbit ini kamu bisa membuat polling, status, prediksi, chatting, dan lain sebagainya.

Keunggulan Aplikasi Stockbit

Keunggulan Aplikasi Stockbit
Keunggulan Aplikasi Stockbit

Stockbit yang menggandeng Sinarmas Sekuritas (Simas) memiliki kelebihan berupa fitur transaksi jual beli saham yang disajikan secara realtime. Selain itu, beberapa keunggulan lainnya dari aplikasi Stockbit yaitu sebagai berikut.

  • Tampilan Aplikasi yang User Friendly

Tidak heran apabila Stockbit menjadi aplikasi saham terbaik yang begitu disukai masyarakat. Sebab didesain dengan simpel dan bagus sangat mudah digunakan. Bahkan, meskipun tools yang disediakan cukup beragam, kamu tetap bisa mempelajarinya dengan cepat. untuk cara transaksinya, tinggal geser, order, dan selesai.

  • Fee Transaksi Sangat Menguntungkan

Fee transaksi yang ditetapkan di aplikasi Stockbit sebesar 0.1% untuk pembelian saham dan 0.2% untuk penjualan saham. Dengan begitu, tentu tergolong lebih terjangkau dibandingkan aplikasi lainnya saat ini. Nah, semua proses pembukaan rekening ini juga sangat cepat, hanya sehari kerja saja dan bisa kamu lakukan secara online tanpa perlu mengirim dokumen fisik.

  • Tersedia Layanan Live Support

Ketika kamu merasa kebingungan dan ingin mengajukan pertanyaan kepada tim customer service, kamu bisa menghubungi lewat chatting aja. Namun, agar segera dijawab, pastikan untuk mengirim chat saat jam operasional pada umumnya.

  • Gratis Fasilitas Stream

Keunggulan lainnya dari aplikasi saham terbaik, Stockbit, yaitu terlihat begitu istimewa dengan adanya fitur stream yang berfungsi sebagai media sosialnya para investor. Untuk layanan Stockbit Pro, kamu juga bisa mengakses fitur data finansial, stock screener, dan fundachart secara gratis tiap saat.

  • Fitur Lengkap dan Melimpah

Ada banyak fitur yang bisa kamu pakai di aplikasi Stockbit, terutama bagi akun premium. Misalnya, pada menu Stockbit Academy, kamu bisa mempelajari saham secara gratis mulai dari awal. Terlebih, pada aplikasi ini kamu bisa mulai berinvestasi dengan ketentuan deposit dana yang minim.

Fitur-Fitur yang Tersedia di Aplikasi Stockbit

Fitur-Fitur yang Tersedia di Aplikasi Stockbit
Fitur-Fitur yang Tersedia di Aplikasi Stockbit

Apa saja fitur-fitur yang bisa kamu gunakan dari aplikasi Stockbit? Nah, inilah terdapat tiga fitur utama yang akan kamu dapatkan.

  1. Fitur Stockbit “Trading Saham Basic”

Fitur pertama yang bisa kamu pakai ketika pertama kali membuka akun aktif adalah “standard basic”. Melalui fitur ini kamu bisa melihat data finansial dan profil emiten, watchlist saham, berita emiten, chart, orderbook, dan lainnya yang berkaitan dengan pasar saham.

  1. Fitur “Stream”

Stockbit memungkinkan pula bagi para investor untuk saling berkomunikasi satu dengan lainnya melalui fitur “Stream” layaknya sosial media. Dimana, kamu bisa saling berbagi pendapat, menulis prediksi, analisis pribadi, dan review lain seputar saham.

Namun, kamu harus berhati-hati karena cukup berdampak mempengaruhi mindset yang sudah dibangun. Tidak hanya itu, jika kamu ingin berkomunikasi secara pribadi, maka dapat pula menggunakan fitur chatting. Fitur ini fungsinya semacam DM pada Instagram atau Inbox di Facebook.

  1. Fitur “Stockbit Pro”

Fitur “Stockbit Pro” bisa menjadi nilai plus dari aplikasi ini karena menyediakan banyak kemudahan bagi investor. Tapi sayangnya, fitur ini tidak bisa digunakan secara gratis dan harus bergabung terlebih dahulu dengan akun premium.

Fitur-fitur tambahan yang akan kamu dapatkan jika berlangganan diantaranya ada Bandarmology, Key Stat, Seasonality, Hotlist, dan sebagainya. Berikut rincian biaya berlangganan di Stockbit Pro.

  • 000/bulan untuk pemakaian selama 1 bulan.
  • 000/bulan untuk pemakaian selama 6 bulan. (Jadi, jumlah dana yang harus dibayar yakni Rp1.200.000)
  • 000/bulan untuk pemakaian selama 12 bulan. (Jadi, jumlah dana yang harus dibayar yakni Rp1.800.000)

Cara Daftar Akun Saham di Aplikasi Stockbit

Cara Daftar Akun Saham di Aplikasi Stockbit
Cara Daftar Akun Saham di Aplikasi Stockbit

Cara daftar akun rekening saham di aplikasi Stockbit sangat mudah dilakukan. Tentu saja, kamu harus instal terlebih dahulu aplikasi Stockbit lewat App Store atau Google Play Store. Untuk lebih jelasnya, ikuti instruksi cara pendafatarannya berikut.

  • Setelah aplikasi berhasil terinstal, kamu bisa klik “Daftar” dan pilih mendaftar dengan akun Google atau Facebook.
  • Kemudian, buat kombinasi password yang unik dan mudah diingat. Lalu, tuliskan nomor handphone.
  • Tunggu sejenak untuk diarahkan pada laman rekening saham. Silahkan kamu klik “Buka Sekarang”.
  • Isilah formulir pendaftaran online beserta data profil risiko dan data tambahan yang dibutuhkan. Diantaranya, kamu perlu mengisi data diri, mengunggah scan e-KTP, dan selfie sambil memegang KTP.
  • Cetak dokumen dan tanda tangani formulir pendaftaran tersebut.
  • Kemudian, kamu hanya perlu menunggu konfirmasi dari tim Stockbit paling lambat satu hari kerja.

Menu-Menu pada Aplikasi Stockbit

Menu-menu yang disediakan aplikasi Stockbit hingga saat ini terbagi dalam 4 kategori utama yang meliputi Stream, Analysis, Screener, serta Optional Feature sebagai berikut.

  1. Stream

  • Chatting

Menu chatting tentunya berguna untuk berkomunikasi secara khusus antar dua pengguna. Dengan menu ini kamu bisa belajar saham dengan lebih privat kepada ahlinya, dimana fitur yang ditampilkan seperti pada umumnya.

  • Update Status

Menu “Update Status” di aplikasi Stockbit bukan layaknya media sosial pada umumnya. Sebab, jika informasi yang kamu berikan itu berguna bagi orang lain, maka bisa jadi mereka memberikan uang tip lewat Gopay ke akun kamu.

Selain itu, jika status yang kamu update itu selalu konsisten bagus, maka berkemungkinan pula Stockbit akan menampilkan profil kamu di Snips. Nah, sebagai pembaca postingan para investor lain, kamu tetap harus cerdas menyaring info yang terpercaya.

  • News

Pada menu ini hanya berisi semua hal yang berhubungan dengan saham, emiten, dan finansial. kamu bisa menyesuaikan sendiri mana berita yang ingin dibaca. Di sini, terdapat pula pilihan report, ideas, prediction, insider, dan chart.

  1. Analysis

  • Watchlist

Watchlist fungsi utamanya untuk mencantumkan saham pada dashboard agar lebih mudah memantau pergerakan harganya. Di sini, kamu juga bisa menjual atau membeli saham dengan cepat karena terdapat fitur “Buy/Sell”. Nah, kamu juga bisa mengelompokkan saham sesuai kategori emiten, seperti perkebunan, perikanan, tambang, dan sebagainya.

  • Orderbook

Orderbook menyajikan secara real time jumlah supply and demand setiap list harga saham perusahaan. Melalui menu ini, kamu bisa menampilkan lebih dari satu perusahaan  dengan kategori bebas.

  • Bandarmologi (Pro)

Stockbit adalah aplikasi saham terbaik, terutama bagi investor scalper yakni sebutan untuk investor yang sering jual beli saham dalam waktu singkat, bahkan hanya hitungan detik. Di sini terdapat fitur “Broker Summary” yang menampilkan top 10 sekuritas terbaik.

  • Hotlist (Pro)

Hotlist berguna untuk menampilkan saham mana saja yang mengalami kenaikan atau penurunan harga paling besar.

  • Chartbit (Pro)

Charbit adalah fitur grafik harga saham yang disajikan real time untuk membantu menganalisis teknikal dan fundamental saham. Melalui tombol “Drawing”, kamu dapat membuat rumusnya sendiri.

  • Valuasi (Pro)

Menu valuasi bertujuan untuk menampilkan seberapa tinggi valuasi perusahaan emiten, dimana kamu bisa membandingkannya dengan valuasi perusahaan lainnya yang sejenis.

  • Financial (Pro)

Menu financial akan membantumu menganalisis emiten berdasarkan laporan keuangan dengan mudah dan cepat. umumnya, laporan keuangan ini ditampilkan setiap 4 bulanan, tahunan, 3 tahunan, atau 10 tahunan.

  • Seasonality (Pro)

Seasonality bertujuan untuk mengetahui tren naik dan turunnya suatu emiten yang biasanya dianalisis sesuai kecenderungan bulan tertentu saja.

  • Profile (Pro)

Menu profile berguna untuk menjelaskan semua yang berkaitan dengan profil dan gambaran umum perusahaan, lengkap dengan nama-nama pejabatnya. Selain itu, terdapat pula informasi siapa saja investornya dan berapa total saham yang diedarkan.

  • Key Stat (Pro)

Key Stat menyajikan informasi analisis rasio fundamental dari emiten yang lebih mendetail. Bahkan, sangat rinci untuk jangka waktu mingguan.

  1. Screener

Screener merupakan menu layaknya pencarian biasa dengan fitur khusus penyortiran. Sesuai yang kamu tahu bahwa Bursa Efek Indonesia selalu menerbitkan hampir ribuan saham dari berbagai emiten. Sehingga, akan sulit bagi investor pemula menentukan emiten mana yang paling sesuai dengan karakteristik kamu.

Nah, melalui fitur ini kamu bisa memilih emiten berdasarkan kondisi yang kamu tentukan. Seperti “Moving Average Cross Up” khusus emiten yang sedang berpotongan naik, “PBV yang lebih dari 1” khusus perusahaan dengan rasio Price to Book di atas 1, dan lain-lain.

  1. Optional Feature

  • e-IPO

Menu ini merupakan yang terbaru di tahun 2022, dimana pengguna bisa mengetahui informasi nama-nama perusahaan yang melakukan Initial Public Offering (IPO). e-IPO milik Stockbit ini tidak mengharuskan investor mengisi dokumen apapun dan semua prosesnya diawasi oleh aplikasi.

  • Price Alert (Pro)

Menu ini kegunaannya seperti alarm yang berfungsi untuk mengingatkan investor jika saham yang ditentukan memenuhi syarat kondisi yang ia tetapkan. Misalnya, apabila kamu ingin diingatkan terkait harga saham PT BBNI yang mencapai Rp7.500/lembar saham.

Maka, jika saham emiten tersebut sudah memenuhi kriteria, kamu akan diberikan informasi real time. Menu ini terutama bisa dipakai oleh kamu yang memiliki waktu luas terbatas.

  • Helpdesk

Menu Helpdesk berguna untuk membantu para investor yang memiliki pertanyaan, kendala, atau keluhan seputar saham di aplikasi Stockbit. Meskipun tampilannya berupa chat CS, tetapi kamu tidak terlalu bebas menanyakan kendala karena sudah tertera pilihannya.

Cara Mengakses Jual Beli Saham di Aplikasi Stockbit

Cara Mengakses Jual Beli Saham di Aplikasi Stockbit
Cara Mengakses Jual Beli Saham di Aplikasi Stockbit

Transaksi penjualan dan pembelian pada aplikasi Stockbit tidak rumit, bisa dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Cara Penjualan Saham di Aplikasi Stockbit

  • Langkah pertama, silahkan buka aplikasi Stockbit.
  • Kemudian, buka halaman portofolio untuk memproses penjualan saham.
  • Klik tombol “Jual” dan tentukan harga saham yang ingin dijual. Jangan lupa untuk menentukan pula lot sahamnya. Biasanya, apabila saham terdaftar pada Watchlist, maka akan muncul pada menu “Watchlist”.
  • Pada menu “Search”, kamu bisa mengetikkan nama perusahaan dan klik “Jual”.
  • Silakan konfirmasi jumlah saham yang akan kamu jual pada laman “Preview Order”. Jika merasa yakin, tinggal klik “Next” untuk melanjutkan.
  • Klik “Done”, tunggulah order penjualan cocok dengan investor lainnya yang hendak membeli dan dana akan masuk ke rekening kamu.
  1. Cara Pembelian Saham di Aplikasi Stockbit

  • Bukalah aplikasi Stockbit dan pilih formuler pembelian.
  • Apabila saham sudah ada dalam daftar Watchlist, kamu bisa geser ke kanan jenis saham tersebut pada menu “Watchlist”dan klik “Buy”.
  • Namun, jika kamu belum memiliki daftar pantauan saham, maka bisa menambahkan saham yang diinginkan pada menu “Stream”. Di kolom “Search”, ketikkan kode sahamnya dan klik “Buy”.
  • Selanjutnya, kamu akan diarahkan pada halaman Company Page dan klik tombol beli untuk melanjutkan prosesnya.
  • Tunggu sampai muncul formular pembelian. Di bagian atasnya terdapat informasi tentang uang tunai yang kamu miliki untuk membeli saham di Stockbit (Trading Balance). Tuliskan harga saham yang ingin dibeli pada kolom “Price” dan tentukan pula jumlah lot saham (per 100 lembar).
  • Klik “Buy” dan pada laman “Preview Order” kamu bisa mengecek kembali saham yang kamu beli tadi. Jika merasa yakin, klik “Confirm” dan “Done”.
  • Berikutnya, kamu akan diarahkan pada laman order untuk mencetak bukti pembelian.

Kenapa Banyak Orang Memilih Investasi di Stockbit?

Ada tiga tipe investor yang perlu kamu ketahui, yaitu ada tipe konservatif/profil resiko rendah, moderat/profil resiko sedang, dan agresif/profil resiko tinggi. Sehingga, jika kamu lebih menyukai resiko minim, sebaiknya pilihlah saham konservatif yang menyediakan imbal hasil stabil dan rendah resiko.

Tentunya, semua pilihan ini hanya bisa kamu peroleh jika berinvestasi di pasar saham terbaik seperti Stockbit. Hal ini karena aplikasi ini mampu mengarahkan para investornya untuk berinvstasi saham sesuai karakter dan tujuan investasinya.

Alasan lainnya yang paling cocok kenapa banyak orang yang lebih tertarik dengan aplikasi Stockbit dibandingkan lain adalah fitur-fitur yang lengkap ditambah panduan jelas sangat direkomendasikan untuk investor pemula sekalipun.

Adanya fitur Virtual Trading bisa kamu gunakan untuk belajar trading saham memakai uang virtual. Bahkan, jika kamu merasa sudah tak sabar memesan saham perdama sebelum perusahaan resmi menjualnya kepada masyarakat umum, maka kamu bisa memanfaatkan fasilitas e-IPO.

Stockbit yang sudah berpengalaman lebih dari 30 tahun memberikan biaya komisi yang rendah dengan fitur keamanan fingerprint dan face ID. Jadi, inilah sebabnya banyak orang berinvestasi saham melalui Stockbit.

Demikian ulasan tentang Stockbit sebagai aplikasi saham terbaik di Indonesia yang bisa dicoba untuk mulai berinvestasi. Sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK dan IDX, Stockbit aman bagi kamu yang ingin membeli atau menganalisis investasi saham secara online. Yuk, segera daftarkan akun rekening kamu di Stockbit dan download Stockbit untuk dapatkan keuntungan menarik.

Tinggalkan komentar