Apakah Google Form Bisa Merekam? Berikut Penjelasannya

Apakah google form bisa merekam? Ini adalah salah pertanayaan aneh yang saya dengar beberapa hari belakangan ini. Tetapi, tidak ada yang tidak mungkin sih di perkembangan dunia digital saat ini.

Sebelum kita membahas apakah benar google form bisa merekam suara ataupun video. Alangkah baiknya kita terlebih dahulu mengetahui apa sih fungsi dari Google Form tersebut.

Apa Itu Google Form?

Apa Itu Google Form
Apa Itu Google Form

Google form adalah sebuah fitur yang dikeluarkan oleh Google yang diberikan secara gratis yang tergabung di dalam Googel Drive. Ada banyak sekali manfaat dari google form, salah satunya adalah bagaimana kita membuat formulir online baik untuk pendaftaran, survey dan sejenisnya.

Selain google form, bundling lain di dalam google drive adalah sebagai berikut :

  • Google Docs,
  • Google Sheets,
  • Google Slides,
  • Google Form,
  • Google Drawings,
  • Google My Maps,
  • Google Sites,
  • Google Aps Script, dan
  • Google Jamboard.

Pemanfatan dan Kegunaan Google Form

Sebagi paltform online, seperti yang telah dijelaskan diatas ada banyak sekali keguaan dari google form ini, diantarnaya :

Cloud Hosting Indonesia

Untuk Bisnis

Bagi pelaku bisnis, beberapa hal yang bisa dimanfaatkan dari google form adalah bagaianaman membuat formulir pendafaran online, formulir pembelian barang / produk, pengumpulan data member, agen, dan reseller, dan beberapa hal lainnya yang berkaitan dengan bisnis.

Untuk Akademisi

Untuk para akademisi, memanfaatkan google form sebagai lembar survey online juga sangat bisa sekali. Mengumpulkan data penelitian berdasarkan iput data yang kita inginkan. Dan masih banyak lagi yang lainnya dari pemanfaatan google form ini.

Bagaimana Memanfaatkan Google Form

Yang jelasnya sebelum kamu menggunakan google form, hendaknya sudah memiliki Akun Google ataun Email dari Gmail. Karena akun Google sendiri itu semua akan terkoneksi dengan produk – produk google. lainnya.

Pendaftaran dan Pilih Template

Setelah melakukan pendaftaran secara online, kamu dapat memilih atau membuat template yang kamu inginkan melalui laman https://docs.google.com/forms/u/0/ , silahkan pilih template yang sesuai atapun dengan memanfaatkan template kosong yang ada.

Isikan Data Lengkap Yang Diminta

Silahkan isikan data lengkap yang diminta ketika kamu menggunakan google form.  Masukkan mulai dari Judul Formulir dan Deskripsi Formulir.

Isikan Data Lengkap Yang Diminta
Isikan Data Lengkap Yang Diminta

Tampilkan Data Pertanyaan

Selanjutnya kamu dapat mengisikan tampilan data – data pertanyaan yang ingin kamu masukkan ke google form yang kamu buat. Ada banyak jenis data yang bisa kamu isikan. Data apa saja bisa kamu lihat tepatnya pada bagian sebelah kanan.

Tampilkan Data Pertanyaan
Tampilkan Data Pertanyaan

Selesai, Send dan Publish

Setelah menurut kamu apa yang kamu buat telah selesai. Langah terakhir adalah publish formulir yang telah kamu bikin tadi. Kamu juga dapat mengcreate hasil renponse yang tersedi dalam bentuk google sheets ataupun excell.

Benarkah Google Form Bisa Merekam?

Berdasarkan data yang telah kita dapatkan diatas, ketika ada muncul pertanyaan apakah benar google form bisa merekam suara ataupun gambar seperti cctv? Maka jawaban saat ini adalah “TIDAK BENAR”!.

Tetapi, tidak menutup kemungkinan dengan berkembangnya dunia teknologi semua itu bisa tercapai.

Demkian informasi tentang Apakah Google Form Bisa Merekam?. Semoga informasi yang kami hadirkan diatas memberikan banyak manfaat kepada rekan – rekan pembaca setia Website Riau. Terima kasih.

Tinggalkan komentar