Deretan Aplikasi Edit Foto yang Bagus

Aplikasi edit foto yang tersedia saat ini sangat beragam sehingga memudahkan para pengguna untuk memilih sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Selain itu aplikasi edit foto yang ada juga telah menyediakan berbagai fitur yang mempermudah pengguna ketika melakukan pengeditan foto.

Dengan begitu hasil yang dijanjikan juga bisa lebih bagus dari sebelumnya. Demikian memang sangat relevan dengan situasi saat ini dimana dunia digital mengambil peranan penting dalam setiap aspek kehidupan. Secara visual foto bisa menjelaskan banyak hal Oleh sebab itu dalam beberapa kesempatan memerlukan polesan khusus melalui editing.

Agar prosesnya berjalan lebih mudah maka dibutuhkan aplikasi edit foto yang dilengkapi fitur-fitur pengeditan. Oleh sebab itulah Para pengembang aplikasi sudah banyak yang menciptakan aplikasi edit foto saat ini. Melalui editing foto dengan aplikasi, penggunaan secara lebih leluasa bisa menggunakan berbagai macam fitur yang ada untuk memoles foto mereka supaya lebih menarik dan profesional. Untuk itu, berikut akan dijelaskan beberapa aplikasi edit foto yang bisa digunakan.

PicsArt

PicsArt
PicsArt

Aplikasi edit foto yang satu ini terbilang sudah sangat familiar. Pengguna dari PicsArt sendiri juga terbilang banyak. Ini bisa dilihat dari jumlah install atau unduhan aplikasi PicsArt. Melalui aplikasi PicsArt para pengguna bisa melakukan editing foto sesuai dengan keinginan dari berbagai aspek. Mulai dari kolase foto, memberikan efek ataupun filter, stiker, meningkatkan kontras ataupun aspek pencahayaan lainnya bisa dilakukan melalui aplikasi ini.

Selain itu untuk berkreasi lebih lanjut pic ini juga memungkinkan para pengguna untuk menggambar secara digital. Hal ini dikarenakan adanya fitur yang membebaskan pengguna untuk menggoreskan setiap warna yang ada di aplikasi PicsArt. PicsArt sendiri bisa digunakan baik untuk Android maupun iOS.

Setelah selesai diedit pengguna juga bisa membagikan hasilnya langsung ke berbagai aplikasi media sosial. Aplikasi PicsArt sendiri sudah ada sejak November 2011 dan memiliki interface yang menarik. Bisa sendiri bisa digunakan secara gratis dan terdapat pula PicsArt versi premium yang menawarkan fitur-fitur lebih lengkap.

Adobe lightroom

Adobe lightroom
Adobe lightroom

Aplikasi edit foto selanjutnya yang bisa dicoba adalah Adobe lightroom. Aplikasi yang satu ini sudah banyak digunakan termasuk untuk para fotografer profesional. Di aplikasi Adobe lightroom bisa ditemukan berbagai fitur untuk menghasilkan filter yang cocok dengan foto yang diedit. Adobe lightroom bisa menyempurnakan warna hingga geometri foto. Aplikasi ini juga mendukung file RAW.

Terlebih lagi untuk pengguna yang menggunakan layanan cloud dari adobe bisa melakukan penyimpanan file secara otomatis. Dengan adanya layanan Cloud Adobe akan memudahkan pengguna mengakses file tersebut di aplikasi lainnya termasuk di PC. Bahkan untuk akses ke berbagai aplikasi media sosial menjadi lebih mudah. Namun satu hal yang perlu digarisbawahi dari aplikasi ini adalah harus menggunakan versi premium atau berbayar untuk bisa mendapatkan akses penuh.

Baca juga : Aplikasi Download Video

Photoshop Express

Photoshop Express
Photoshop Express

Saat ini Adobe juga mengeluarkan aplikasi edit foto yang bisa digunakan melalui handphone. Photoshop Express menghadirkan fitur yang membuat para penggunanya bisa melakukan editing dengan lebih baik melalui smartphone. Fitur yang ada di dalam Photoshop Express ini cukup lengkap sehingga hasil pun bisa lebih baik. Meskipun tidak selengkap Photoshop yang ada di komputer atau PC, aplikasi Photoshop Express ini tetap mampu memberikan hasil yang terbilang bagus.

Adapun fitur-fitur unggulan dari Photoshop Express ini adalah remove noise, blur option, healing tool dan perspektif correction. Namun shopee Express ini belum mendukung eksistensi RAW. Selain itu file yang juga didukung hanya JPG dan ukuran juga dibatasi sampai 16 MP. Photoshop Express ini bisa didownload secara gratis namun untuk versi yang premium harus dibeli supaya bisa mendapatkan fitur fitur yang lebih lengkap.

Snapseed

Snapseed
Snapseed

Selanjutnya ada aplikasi snapseed yang merupakan rancangan Google. Aplikasi yang satu ini sudah banyak digunakan para fotografer profesional karena ketersediaan tools yang cukup lengkap di dalamnya. Salah satu kelebihan dari aplikasi ini yang banyak disukai oleh para fotografer Profesional adalah bisa mengolah file RAW DNG tanpa memberikan Efek rusak pada file tersebut. Selain itu, format penyimpanan foto bisa dalam bentuk JPG dan juga RAW.

Filter-filter yang dimiliki oleh aplikasi snapseed juga terbilang lengkap, mulai dari retro look hingga 1960 real film. Untuk fitur berasnya sendiri ada banyak pilihan mulai dari brightness, saturation, warmth dan exposure. Namun untuk segi penyimpanan sendiri para pengguna harus berhati-hati karena aplikasi snapseed tidak memiliki sistem yang auto save. Apabila keluar dari aplikasi tanpa menyimpan file edit terlebih dahulu, maka kemungkinan file tersebut bisa saja hilang.

VSCO

VSCO
VSCO

Aplikasi edit foto berikutnya ini terbilang mirip dengan film. Hal ini bisa dilihat dari resep-resep yang ditampilkan serta fitur-fitur yang dimiliki oleh VSCO. Aplikasi VSCO sendiri hadir dengan berbagai fitur dasar mulai dari green saturasi hingga kontras. Di aplikasi VSCO tersedia lebih dari 200 yang bisa digunakan untuk menghasilkan foto-foto keren.

Ada banyak turn warna yang tersedia agar foto yang dihasilkan terlihat lebih menarik dalam waktu yang relatif singkat. Terdapat efek foto analog yang bisa membuat foto profesional. Untuk menggunakan aplikasi VSCO sendiri juga tidak sulit sehingga bisa dipakai oleh siapa saja.

Namun perlu diingat bahwa VSCO menyediakan versi premium untuk bisa mendapatkan preset preset yang lebih profesional. Meski demikian apabila ingin mencoba, tidak ada salahnya untuk menggunakan versi yang gratis terlebih dahulu.

Baca juga : Jasa Pembuatan Website Pekanbaru

Afterlight 2

Afterlight 2
Afterlight 2

Aplikasi edit foto yang berikutnya ini sudah tidak asing lagi untuk para pengguna produk Apple. Aplikasi edit foto ini cukup mengesankan karena resep dan filter yang tersedia di dalamnya cukup lengkap. Selain itu desain antarmuka di aplikasi ini juga sangat user friendly.

Terdapat fitur untuk menambahkan teks sehingga mempermudah para pengguna untuk membuat konten yang membutuhkan tambahan teks tertentu. Handphone yang tersedia dalam aplikasi ini juga bervariasi dan menarik. Bagi para pengguna Android aplikasi Afterlight 2 memang tidak bisa digunakan hanya saja untuk versi sebelumnya yaitu Afterlight masih bisa digunakan dengan catatan untuk fitur-fitur yang ada di dalamnya masih cukup terbatas.

Lens Distortion

Lens Distortion
Lens Distortion

Berikutnya ada aplikasi bernama Lens Distortion. Sedikit berbeda dengan aplikasi edit foto kebanyakan aplikasi ini terfokus pada efek pencahayaan yang ditimbulkan. Adapun beberapa efek yang bisa digunakan dari lens Distortion ini seperti kabut, salju, glass effect, hujan, natural sunlight dan lainnya.

Melalui aplikasi lens Distortion ini pengguna dapat menambahkan efek bayangan lampu sehingga foto menjadi lebih estetik dan menakjubkan. Selain itu hasilnya juga terbilang cukup halus sehingga tidak begitu menonjol kan adanya editing yang berlebihan. Namun perlu digarisbawahi bahwa aplikasi ini cukup berat sehingga perlu performa yang mumpuni dari perangkat yang digunakan dalam mengedit.

Polarr Photo Editor

Polarr Photo Editor
Polarr Photo Editor

Aplikasi bernama polarr Photo Editor ini memiliki desain interface yang membuat para penggunanya lebih nyaman. Ada berbagai macam fitur mulai dari filter efek lensa masking overlay yang bisa didapatkan Melalui aplikasi polarr Photo Editor ini.

Fitur dan tools yang digunakan dalam editing menggunakan aplikasi ini juga cukup lengkap sehingga hasil yang ditawarkan juga mumpuni. Namun perlu diketahui bahwa aplikasi ini membutuhkan memori yang tinggi dan spesifikasi yang handal. Apabila perangkat yang digunakan tidak memiliki spesifikasi ruang yang cukup maka bisa saja aplikasi keluar secara tiba-tiba.

Demikian informasi terkait aplikasi edit foto. Semoga dapat menambah informasi.

Tinggalkan komentar