IUP Kedokteran UNAIR, Tips Agar Lolos Seleksi Terbaru 2021

Salah satu program unggulan dan diincar adalah IUP Kedokteran UNAIR. Dimana IUP ini merupakan singkatan dari International Undergraduate Program atau biasa disebut sebagai kelas internasional Universitas Airlangga.

Beberapa kampus ternama, seperti UNAIR yang sudah berdiri sejak tahun 1954 tentu sudah dipercaya kualitasnya. Oleh karena itu UNAIR berani memberikan program khusus, berstandar internasional untuk beberapa fakultasnya.

Salah satunya untuk fakultas kedokteran di Universitas Airlangga. Fakultas kedokteran yang menyediakan program IUP sendiri terdapat 3 fakultas, yaitu Kedokteran, Kedokteran Hewa, dan Kedokteran Gigi.

Hal ini diberikan karena kebutuhan masyarakat akan lulusan yang dapat bersaing secara global ataupun nasional sangatlah dibutuhkan. Dengan masuk ke program IUP ini Anda bisa mendapatkan tingkat pendidikan sarjana terbaik.

Dengan kepercayaan masyarakat terhadap UNAIR juga membuat terus mengembangkan dan meningkatkan kualitas pembelajaran. Dengan menggunakan standarisasi pembelajaran internasional serta segala aktivitas dalam kampus menggunakan bahasa inggris.

Adanya penggunaan bahasa inggris tersebut, tentunya untuk mengikuti seleksi tersebut diperlukan hasil tes kemahiran bahasa inggris juga. Seperti bukti sertifikat mengikuti tes TOEFL, IELTS, atau ELPT dari UNAIR.

IUP Kedokteran UNAIR, Fakultas dan Program Studinya

IUP Kedokteran UNAIR
IUP Kedokteran UNAIR

Seperti yang sudah disampaikan di atas terdapat beberapa fakultas kedokteran menyediakan program kelas internasional ini. Salah satunya adalah fakultas kedokteran dengan daya tampung sebesar 50.

Selanjutnya untuk fakultas kedokteran gigi memiliki daya tampung sebesar 30. Berbeda dengan kedokteran hewan, hanya menyediakan sejumlah 10 daya tampung saja untuk program studi kedokteran hewan.

Jadi total untuk 3 fakultas tersebut hanya sebesar 90 mahasiswa saja. Tentu untuk melalui beberapa proses seleksi tersebut tidaklah mudah, karena Anda diharuskan untuk mengikuti ujian dahulu.

Proses seleksinya juga dilakukan dalam dua tahap yaitu untuk tahap pertama adalah membuat pernyataan personal. Pernyataan tersebut berisi transkrip akademik semester 1 hingga 5, pengalaman tambahan, hingga penghargaan pernah diterima.

Setelah itu memberikan surat motbasi dan komitmen dimana berisi tentang alasan memilih program studi tersebut. Serta memberikan bukti pernyataan sudah menyanggupi dukungan finansial yang dibutuhkan selama proses pembelajaran.

Untuk tahap selanjutnya jika sudah lolos pada tahap pertama adalah melakukan tes potensi akademik. Setelah itu lanjut untuk melakukan tes wawancara tentu semua tes tersebut dilakukan dalam bahasa inggris.

Tips Lolos Pendaftaran IUP Kedokteran UNAIR

Terdapat beberapa tips agar dapat memperlancar proses dalam pendaftaran di kelas internasional terutama para fakultas kedokteran. Berikut tips yang bisa Anda lakukan agar mudah lolos seleksi pendaftaran.

  1. Perbanyak mengerjakan soal TOEFL, tentu dengan pembelajaran dalam bahasa inggris, tes TOEFL sangat diperlukan untuk proses seleksi. Jadi Anda harus perbanyak latihan mengerjakan segala jenis soal TOEFL demi melatih dan meningkatkan kemampuan berbahasa inggris Anda.
  2. Memahami jenis tes yang akan diberikan, tentu dengan memahami jenis-jenis tes yang akan digunakan untuk seleksi akan mempermudah jalan dalam menempuh seleksi ini. Beberapa jenis tes tersebut adalah TOEFL, TPA dalam bahasa inggris, Wawancara dalam bahasa inggris.
  3. Berlatih wawancara dalam bahasa inggris, untuk Anda yang tidak biasa berbicara bahasa inggris mungkin diperlukan latihan yang lebih panjang. Karena berbicara bahasa inggris dengan lancar diperlukan kebiasaan. Terus latih diri Anda setiap hari dan lakukan simulasi wawancara tersebut.
  4. Mengikuti program bimbel IUP yang disediakan oleh lembaga bimbel tertentu. Hal ini bisa menjadi alternatif untuk belajar tes seleksi IUP jika dirasa masih kurang jika belajar secara mandiri.

Untuk bisa lolos pendaftaran mahasiswa IUP UNAIR tentu harus dilakukan persiapan agar lebih matang. Apalagi untuk masuk IUP Kedokteran UNAIR yang tentu memiliki potensi saingan yang lebih banyak.

Tinggalkan komentar