Macam-Macam Investasi Dalam Berbagai Bentuk Yang Bisa Dicoba Sebagai Peruntungan

Macam-Macam Investasi
ASUS ProArt

Macam-macam investasi mulai dilirik oleh para investor dengan harapan dapat memperoleh keuntungan yang berlipat ganda di masa depan. Banyak jenis investasi yang ditawarkan oleh perusahaan investasi baik dalam bentuk konvensional maupun syariah. Masing-masing bentuk investasi tersebut memiliki keuntungan tersendiri dengan resiko yang tentunya tidak bisa diabaikan investor. Oleh sebab itu, dibutuhkan keahlian dan pengetahuan mengenai jenis investasi manakah yang akan diambil.

Mengenal Macam-Macam Investasi dengan Tingkat Keuntungan dan Resiko Masing-Masing

Macam-Macam Investasi
Macam-Macam Investasi

Macam-macam investasi yang berkembang saat ini jauh lebih beragam dengan tingkat keuntungan yang lebih menggiurkan. Zaman dahulu orang lebih cenderung memilih investasi di bank dalam bentuk tabungan saja. Berbeda dengan era 2000 yang menawarkan banyak bentuk investasi dengan income yang lebih menjanjikan. Berikut ini akan dijabarkan macam-macam bentuk investasi yang berkembang di masyarakat.

Deposito

Investasi dalam bentuk deposito sekilas hampir menyerupai dengan tabungan. Bedanya, investasi ini tidak boleh diambil dalam jangka waktu tertentu mulai dari 1, 3,6, ataupun 12 bulan. Bunga yang diberikan oleh bank jauh lebih besar dibandingkan dengan tabungan. Produk investasi bank yang satu ini memiliki resiko kerugian yang lebih kecil. Keuntungan lain yang didapatkan dengan investasi deposito ialah sertifikatnya dapat dijadikan sebagai jaminan untuk meminjam uang di bank.

Reksa Dana

Bentuk investasi yang satu ini menjadi salah satu alternatif bagi para investor yang memiliki modal kecil. Selanjutnya, semua dana yang terkumpul dari para investor akan dikelola oleh manajer investasi reksa dana untuk kegiatan usaha. Keuntungan serta kerugian nantinya akan dibagi rata kepada para investor. Investasi ini cocok untuk investor yang minim pengetahuan tentang pengelolaan usaha karena semuanya di manage perusahaan. Hanya saja, pihak investor akan dibebankan biaya pengelolaan dalam jumlah tertentu.

Obligasi

Obligasi merupakan surat hutang yang dimiliki oleh seorang investor dari perusahaan penerbit. Surat pernyataan hutang ini nantinya bisa diperjualbelikan kembali oleh investor kepada pihak lain. Pihak penerbit yang dalam hal ini adalah bank yang ditunjuk akan memberikan sejumlah bunga kepada investor. Nilainya lebih besar dibandingkan bunga deposito.  Sayangnya, resiko yang diemban cukup besar karena dana yang diinvestasikan bisa melayang jika pihak penerbit bangkrut.

Saham

Investasi dalam bentuk saham paling banyak diminati oleh para investor. Membeli saham di suatu perusahaan sama saja dengan investor menanamkan modal usaha. Otomatis akan mendapatkan hak kepemilikan atas perusahaan tersebut dan akan mendapatkan deviden atau bagi hasil dari keuntungan perusahaan. Investasi saham juga dapat diperjualbelikan kepada pihak lain.

Property

Produk investasi dalam bentuk properti antara lain seperti tanah kavling, rumah, ataupun aset lainnya. Bentuk investasi ini diperuntukkan bagi para investor yang memiliki modal cukup besar. Salah satu produk investasi properti yang sedang gencar ditawarkan ialah tanah kavling produktif yang ditanami buah-buahan dengan nilai panen tinggi.

Macam-macam investasi  dengan kekurangan serta kelebihan yang dimilikinya membuat para investor harus berpikir dua kali untuk mengambil keputusan.

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar

WebsiteRiau.co.id merupakan website penyedia Jasa SEO dan Pembuatan Website di Pekanbaru, Riau.

Tentang     Kontak     Kebijakan Privasi     Sanggahan