Manfaat Konsultan Pajak dalam Bisnis yang Perlu Anda Tahu

Manfaat Konsultan Pajak dalam Bisnis
ASUS ProArt

Manfaat konsultan pajak dalam bisnis sudah banyak dirasakan oleh sebagian besar perusahaan di Indonesia. Peran yang dimiliki oleh seorang konsultan sangatlah penting dalam membantu merealisasikan kewajiban perpajakan yang telah tertuang dalam peraturan perundang-undangan. Minimnya pengetahuan dari para wajib pajak mengenai tata aturan perpajakan menjadi salah satu alasan yang paling mendasar kenapa jasa tersebut digunakan.

Memahami Sederet Manfaat Konsultan Pajak Dalam Bisnis

Manfaat konsultan pajak dalam bisnis sangat beragam jika memperhatikan sepak terjangnya dalam memperlancar jalannya pendapatan negara dari sektor perpajakan. Penasaran apa saja manfaat yang bisa Anda peroleh jika menggunakan jasa konsultan pajak? Berikut ulasan lengkapnya untuk Anda:

Alasan efisiensi tentu menjadi hal yang paling utama dari penggunaan jasa konsultan karena minimnya kesalahan dalam menganalisis jumlah pajak yang terhutang. Dalam artian, si wajib pajak tidak akan membayarkan sejumlah uang yang melebihi nominal pajak yang dibebankan kepadanya.

  1. Perusahaan tidak akan terbebani dengan masalah administrasi perpajakan yang pastinya cukup ribet serta menyita waktu dan tenaga. Pihak konsultan pajak yang akan menghandle semua kebutuhan terkait surat dan dokumen perpajakan yang dibutuhkan. Tak hanya itu, kegiatan pelaporan kepada OJK juga ditangani oleh konsultan.
  2. Perusahaan akan merasa jauh lebih siap dan nyaman dengan adanya konsultan pajak saat petugas dari kantor perpajakan datang untuk mengadakan survei di kantor. Selain itu, bimbingan serta arahan yang dilakukan oleh sang konsultan akan meminimalisir adanya salah hitung atau kekeliruan lain yang berdampak pada kerugian.
  3. Konsultan pajak merupakan oknum yang sangat memahami seluk beluk perpajakan dan seputar masalah yang biasa dihadapi. Oleh sebab itu, proses pemenuhan kewajiban pajak dapat berjalan dengan cepat dan efektif tanpa masalah yang berarti.
  4. Pemilik perusahaan beserta para manajemen perusahaan tidak akan terkuras tenaga, waktu, dan pikirannya untuk masalah perpajakan sehingga bisa lebih fokus untuk mengurusi urusan bisnis.
  5. Dengan dibantu oleh seorang konsultan pajak, perusahaan dapat membuat tax planning atau perencanaan pajak. Kewajiban untuk menghitung, membayar, dan melaporkan pajak akan jauh lebih ringan dan akurat jika dilakukan bersama-sama.

Manfaat konsultan pajak dalam bisnis cukup besar dalam membantu perusahaan serta pelaku bisnis yang selama ini kesulitan untuk membayarkan pajak terhutangnya. Banyak peran yang diambil oleh seorang konsultan saat memberikan pelayanan kepada kliennya. Di bawah ini ada ulasan tentang sejumlah layanan dari konsultan pajak yang antara lain:

  • Kepatuhan pajak

Kepatuhan pajak maksudnya seorang konsultan berkewajiban untuk menghandle semua tugas yang berhubungan dengan perpajakan hingga tuntas. Dalam hal ini mulai dari perhitungan, pembayaran, hingga pelaporan.

  • Perencanaan pajak

Tax planning yang dilakukan oleh seorang konsultan bertujuan agar sang klien tidak mengalami kerugian dan mengoptimalkan profit yang diperoleh.

Baca juga : Pengertian Investasi Jangka Pendek

  • Pemeriksaan laporan

Pada tahap pelaporan, konsultan bertugas untuk melakukan evaluasi atau pemeriksaan terhadap dokumen-dokumen perpajakan. Tujuannya adalah supaya tidak ada beban pajak yang memberatkan atau bahkan merugikan klien tersebut. 

  • Pendampingan klien

Pada saat dilakukan pemeriksaan pajak oleh badan otoriter pajak, konsultan bertugas untuk melakukan pendampingan terhadap klien. Selain itu, ia juga membantu mempersiapkan segala dokumen yang dibutuhkan saat ada survei. 

  • Jasa konsultasi

Selain membantu menyelesaikan segala permasalahan pajak, seorang konsultan juga membuka jasa konsultasi tentang seluk-beluk perpajakan yang belum dipahami.

  • Restitusi pajak

Restitusi merupakan sebuah istilah untuk pengembalian uang pembayaran pajak yang berlebih. Hal ini bisa terjadi akibat adanya salah hitung. Konsultan akan membantu perusahaan tersebut ketika berhak mendapatkan restitusi pajak. Sejumlah dokumen akan dibuat dan diajukan pada OJK atas kesalahan hitung tersebut. Pendampingan juga akan dilakukan ketika diadakan pemeriksaan ulang karena adanya pengajuan restitusi. 

  • Atasi sengketa pajak

Sengketa pajak sangat mungkin terjadi dikarenakan sejumlah faktor tertentu. Alhasil, klien terkadang merasa keberatan dengan pajak yang dibebankan kepadanya. Dalam hal ini, konsultan bisa membantu menyelesaikan sengketa tersebut dengan berbagai langkah, seperti pengajuan banding, surat pernyataan keberatan pajak, dan lain sebagainya.

Semua layanan tersebut bisa Anda dapatkan manakala memperoleh seorang konsultan perpajakan yang handal dan professional. Namun, pastikan bahwa biaya untuk jasa konsultan ada dan sudah dianggarkan dari jauh-jauh hari karena nilai jasanya tentu tidak sedikit. PR selanjutnya buat Anda adalah mencari konsultan manakah yang tepat dan bisa diandalkan. Berikut ini ada sejumlah tips penting tentang cara memilih seorang konsultan pajak yang berkinerja baik:

  • Pastikan kredibilitasnya

Tingkat kredibilitas atau bentuk kepercayaan yang tinggi dari masyarakat luas menjadi salah satu simbol bahwa kinerjanya cukup baik. Secara sekilas, tidaklah mudah untuk mencari tingkat kredibilitas seseorang selama menjalani profesinya. Namun, Anda bisa melihat apakah konsultan tersebut cukup kredibel dari sebuah instrumen atau lembaga yang menaunginya.

Baca juga : Tugas Supervisor dalam Perusahaan

  • Memiliki izin praktik resmi

Selanjutnya, pastikan bahwa konsultan pajak yang bersangkutan mendapat izin praktik yang resmi dari pemerintah terkait yaitu Dirjen Pajak. Dalam hal ini, Anda bisa melakukan pengecekan secara langsung dalam daftar komunitas atau himpunan yang menaunginya yaitu Ikatan Konsultan Pajak Indonesia (IKPI).

  • Patuh Undang-undang

Seorang konsultan pajak yang baik tentu akan mematuhi segala peraturan perundang-undangan yang berlaku di negaranya. Oleh sebab itu, jangan pernah menggunakan jasa konsultan manakala mereka memberikan penawaran yang dinilai melanggar hukum. Sebagai contoh, konsultan yang baik akan melakukan usaha penghindaran pajak dengan cara yang legal (Tax Avoidance). Sebaliknya, konsultan yang curang biasanya akan mengambil langkah yang tidak benar dan ilegal (Tax Evasion), seperti pengelakan, pengemplangan, dan penggelapan pajak.

  • Memiliki komitmen

Kriteria konsultan pajak yang baik tentu saja memiliki komitmen yang tinggi dalam menjalankan tugasnya. Ia akan senantiasa memberikan layanan yang terbaik serta menjaga privasi dari data-data keuangan dari para perusahaan yang menjadi kliennya.

  • Melihat track record

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, tentunya bukan hal yang sulit untuk mencari track record dari para calon konsultan pajak. Lakukanlah penelusuran singkat mengenai profil dan sepak terjang yang telah mereka lalui selama menjalani profesinya tersebut.

Manfaat konsultan pajak dalam bisnis menjadi sangat penting dan urgen manakala di perusahaan tersebut tidak ada staf ataupun manajer yang faham tentang ilmu akuntansi perpajakan. Terlebih lagi bila laporan keuangan yang dimilikinya terbilang absurd. Sebagai langkah awal yang baik, Anda bisa memanfaatkan jasa dari Software Bisnis

Software bisnis menyediakan fitur keuangan yang lengkap dengan canggih. Perusahaan akan dituntut untuk membuat data keuangan bisnis yang baik. Tak hanya itu, software bisnis juga menyediakan fitur unggulan berupa perencanaan pajak dari bisnis yang Anda geluti. Dengan demikian, Anda bisa menghemat biaya untuk kebutuhan jasa konsultan pajak. 

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar

WebsiteRiau.co.id merupakan website penyedia Jasa SEO dan Pembuatan Website di Pekanbaru, Riau.

Tentang     Kontak     Kebijakan Privasi     Sanggahan