Apa Saja Peluang Bisnis Travel Agen yang Menjanjikan

Peluang Bisnis Travel Agen
ASUS ProArt

Peluang bisnis travel agen menjadi salah satu bidang yang sangat menjanjikan, terlebih sektor pariwisata di Indonesia sendiri benar-benar sangat kaya. Banyak kota dengan pesona pemandangan alam yang sangat luar biasa, kuliner yang menggugah selera, dan budaya yang memikat. Semua hal itu sudah sangat cukup untuk menarik ketertarikan para wisatawan lokal maupun mancanegara untuk berkunjung menikmati keindahan pesona Indonesia. Jika dilihat dari faktanya memang tidak akan ada habisnya.

Maka tidak mengherankan jika peluang travel agen menjadi salah satu yang cukup menjanjikan dan menarik para pebisnis. Memulai bisnis satu ini sebenarnya sangatlah mudah tetapi tidak dapat di pungkiri jika modal yang dibutuhkan juga cukup besar. Namun, ada beberapa jenis peluang yang bisa dipilih dan disesuaikan dengan kapasitas kemampuan setiap orang. Untuk lebih jelasnya, langsung saja berikut ini beberapa peluang yang mungkin untuk usaha travel agen.

Pemandu Wisata

Sesuai dengan namanya, pemandu wisata memiliki tugas untuk memberikan panduan kepada para pengunjung agar dapat menikmati tempat wisata dengan maksimal. Seorang pemandu wisata harus memiliki skill berbicara yang bagus dan penampilan yang menarik karena mereka harus berinteraksi langsung dengan wisatawan. Selain itu, pengetahuan mengenai tempat wisata tersebut juga harus dikuasai secara maksimal oleh para pemandu wisata karena tugas mereka adalah memberikan pengarahan kepada para konsumen.

Dalam bisnis travel agen, pemandu wisata memiliki peran yang sangat penting sehingga keberadaannya harus terisi dengan baik. Maka sebagian besar travel agen pasti akan memiliki seorang pemandu wisata yang sudah diseleksi secara ketat. Bahkan banyak yang menganggap jika pemandu wisata merupakan wajah dari sebuah travel agen karena apabila citra dari pemandu wisata bagus, maka otomatis travel agen juga akan memiliki nilai plus. Untuk itu, tidak heran lagi apabila pemandu wisata menentukan betah atau tidaknya para konsumen.

Paket Wisata

Peluang bisnis lainnya dari sebuah usaha travel agen adalah menyediakan paket wisata. Untuk dapat menentukan paket wisata untuk agen travelnya, perlu dilakukan riset terlebih dahulu mengenai destinasi wisata apa saja yang sekiranya berpeluang besar. Biasanya, setiap agen travel akan lebih memilih daerah tempat tinggalnya untuk di explore, dibanding harus menggunakan daerah lainnya. Hal tersebut karena menggunakan satu daerah dengan pengetahuan luas dinilai lebih efektif daripada menggunakan banyak daerah.

Baca juga : Tugas Supervisor dalam Perusahaan

Mungkin, pada tahap awal, setiap agen travel bisa menggunakan daerahnya sendiri terlebih dahulu dan nanti apabila sudah mulai lancar bisa merambah ke destinasi wisata daerah lainnya. Memahami destinasi wisata tentunya menyangkut semua aspek yang luas, tidak hanya mengenai tempatnya saja, tetapi juga survey masalah kuliner, kondisi tempat, destinasi apa saja yang menarik, dan lain sebagainya. Semua informasi tersebut harus dikumpulkan dengan baik demi kualitas layanan yang diberikan.

Travel Reguler

Travel reguler artinya adalah pihak agen akan memberikan kesempatan perjalanan di luar paket wisata yang diberikan kepada konsumen. Hal ini merupakan salah satu layanan yang banyak dinantikan oleh para konsumen karena memang sangat menyenangkan. Setiap konsumen mendapatkan kesempatan untuk mengunjungi destinasi wisata di luar paket dengan menggunakan transportasi yang telah disediakan oleh pihak agen travel. Namun, tetap ada aturan tertentu masalah “keregulerannya”.

Sebenarnya, pihak agen travel bisa saja melakukan peluang ini dengan cara bekerja sama bersama penyedia travel reguler. Tentunya, perusahaan travel reguler lainnya yang dipilih harus bisa dipercaya dan mampu memberikan servis terbaik kepada setiap pelanggannya. Kebanyakan jasa agen travel memang lebih menyukai cara ini karena dinilai praktis dan menguntungkan tanpa perlu repot. Hal tersebut juga sangat cocok bagi para agen travel yang memiliki modal terbatas.

Rental Mobil

Peluang bisnis travel agen selanjutnya adalah menyediakan jasa rental mobil. Sesuai dengan namanya, agen travel akan menyediakan mobil yang nantinya dapat di sewa oleh para konsumen. Meskipun cara kerjanya hampir sama dengan travel reguler, tetap saja ada perbedaan yang cukup signifikan antara kedua layanan tersebut. Terlebih apabila dibandingkan, sebenarnya bisnis rental mobil justru lebih banyak memberikan keuntungan kepada agen travel karena pelayanannya lebih nyaman dan disukai konsumen.

Travel reguler dianggap kurang nyaman karena privasi tidak bisa diperoleh konsumen secara sepenuhnya sehingga banyak yang merasa kurang pas. Berbeda lagi dengan menggunakan rental mobil yang dapat memberikan kebebasan kepada konsumen yang menyewa. Para konsumen juga bebas menggunakan mobil asalkan sudah sesuai dengan kesepakatan yang dilakukan. Namun, tak dapat di pungkiri jika perlu ada perjanjian yang tegas agar tidak ada pihak yang dirugikan.

Baca juga : Jenis Bisnis Ritel

Voucher Penginapan

Sudah bukan rahasia lagi jika usaha seperti agen travel akan mendapatkan harga khusus dengan berbagai penginapan atau hotel. Hal ini karena kerja sama yang dilakukan antara agen travel dengan berbagai tempat penginapan tentunya akan memberikan banyak keuntungan. Hal ini juga bisa dimanfaatkan oleh para agen travel untuk memberikan voucher kepada para konsumennya. Para agen bisa menjual kembali voucher tersebut dengan harga yang sama atau lebih murah dari yang biasanya.

Kesempatan bisa bekerja sama dengan berbagai macam tempat penginapan tentunya tidak boleh disia-siakan begitu saja. Yang terpenting adalah setiap agen travel tidak boleh sebarangan bekerja sama dengan penginapan yang belum jelas kredibilitasnya. Sebelumnya, diperlukan adanya survey terlebih dahulu agar mengetahui tempat penginapan mana saja yang setidaknya layak, bagus, dan memiliki harga terjangkau sehingga para konsumen juga bisa merasa nyaman.

Ticketing

Ticketing tentunya akan menjadi salah satu peluang bisnis yang begitu menjanjikan dalam bidang agen travel. Setiap agen travel bisa menyediakan berbagai macam tiket, mulai dari tiket transportasi hingga tiket masuk ke destinasi wisata. Penyediaan berbagai macam tiket akan sangat dibutuhkan oleh para konsumen karena sama artinya dengan memberikan mereka kemudahan dalam menjalankan perjalanan. Terlebih terkadang ada banyak orang yang malas untuk melakukan kegiatan ticketing dan lebih memilih menggunakan calo.

Bagi agen travel, penyediaan tiket memang bukanlah suatu hal yang sulit karena sekarang semua hal juga bisa dilakukan dengan mudah dan cepat melalui akses internet. Hanya saja, menyediakan ticketing membutuhkan proses yang cukup rumit sehingga harus menggunakan bantuan software tertentu. Software bisnis adalah salah satu contoh perangkat yang sebenarnya wajib dimiliki oleh setiap agen travel demi kelancaran bisnis yang dilakukan. Hal tersebut karena keberadaan software tersebut mampu membantu pengelolaan menjadi lebih baik.

Peluang bisnis travel agen bisa dikatakan sangat luas dan begitu menjanjikan. Hal tersebut karena banyak selain mudah dijalankan, ada banyak kekayaan alam yang mendukung kelancaran bisnis satu ini. Namun, seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa setiap travel agen pasti membutuhkan software atau semacam bantuan pengelola keuangan kredibel. Tujuannya agar tidak ada peluang untuk mendapatkan kerugian.

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar

WebsiteRiau.co.id merupakan website penyedia Jasa SEO dan Pembuatan Website di Pekanbaru, Riau.

Tentang     Kontak     Kebijakan Privasi     Sanggahan