Peluang Usaha Agrobisnis di Indonesia

Peluang Usaha Agrobisnis
ASUS ProArt

Peluang usaha agrobisnis di Indonesia ternyata cukup menguntungkan. Ketika kebanyakan orang berpikir tentang pertanian di Indonesia identik dengan gambaran petani miskin dan yang bekerja terlalu keras. Banyak orang, terutama orang muda Indonesia masih berpikir bahwa agribisnis adalah peluang usaha yang sangat menguntungkan.

Tahukah Anda bahwa Indonesia adalah tambang emas agribisnis tetapi kebanyakan orang memandangnya sebelah mata? Jika Anda tidak yakin dengan agribisnis di Indonesia, berikut adakah peluang usaha tentang agribisnis di Indonesia yang sangat menguntungkan untuk bisnis Anda di masa depan.

Melihat Peluang Bisnis Agrobisnis di Indonesia

Agribisnis adalah istilah yang telah digabungkan dengan perusahaan besar yang diinvestasikan dalam pertanian. Istilah agribisnis mengacu pada setiap industri perusahaan yang terhubung ke bidang pertanian.

Dalam beberapa dekade terakhir, agribisnis telah secara langsung dikaitkan dengan perusahaan besar yang memproduksi herbisida pertanian, pestisida, dan terlibat dalam perusahaan rekayasa modifikasi genetika.

Banyak perusahaan-perusahaan agribisnis yang memproduksi peralatan pertanian, gudang dan jalur pelayaran, produsen pakan ternak, grosir, perusahaan pemasok pertanian organik atau konvensional, pertanian wisata, usaha pertanian berkelanjutan, dan banyak lainnya.

Di bawah ini adalah peluang bisnis di bidang agribisnis yang bisa Anda perhitungkan untuk bisnis Anda ke depannya :

Indonesia  Memiliki Lahan Pertanian Berlimpah

Menurut Bank Dunia, Indonesia adalah rumah bagi hampir 50% dari lahan pertanian yang subur, dapat digunakan dan tidak diolah. Ukurannya: lebih dari 200 juta hektar! Inilah sebabnya mengapa Indonesia sekarang secara luas dianggap sebagai lumbung masa depan dunia. Kelimpahan sumber daya lahan inilah yang memberi Indonesia potensi strategis untuk memberi makan dunia!

Sebagian besar lahan pertanian Indonesia menerima jumlah curah hujan dan sinar matahari yang menguntungkan sepanjang tahun. Sebagai konsekuensi langsung, lebih dari 80% tanaman pangan yang dikonsumsi di seluruh dunia dapat diproduksi di sini.

Menariknya, sebagian besar lahan pertanian Indonesia terletak di daerah pedesaan.. Rata-rata, satu hektar lahan (10.000 meter persegi) dapat disewa hingga puluhan juyra per tahun (tergantung lokasi). Bisnis agribisnis menjadikannya salah satu tawar-menawar tanah terbaik yang dapat Anda temukan di mana pun di dunia!

Baca juga : Peluang Usaha Hidroponik

Indonesia Memiliki Pasar dan Permintaan Tinggi Untuk Hasil Pertanian

Agribisnis adalah salah satu peluang bisnis terbaik di dunia karena makanan tidak pernah ketinggalan zaman. Orang harus makan makanan setiap hari! Saat ini, populasi Indonesia lebih dari satu miliar orang.

Pada tingkat pertumbuhan saat ini, populasi di Indonesia diperkirakan akan mencapai 2,2 miliar pada tahun 2050. Sekarang dan di masa depan, Indonesia akan selalu memiliki banyak manusia untuk diberi makan.

Indonesia saat ini menghabiskan miliaran dolar setiap tahun untuk mengimpor biji-bijian, tepung, dan semua jenis makanan jadi dan setengah jadi yang dapat diproduksi secara lokal. Ada peluang besar bagi pengusaha yang dapat memberikan alternatif yang lebih murah dan ditanam secara lokal untuk makanan yang diimpor Indonesia.

Bukan hanya industri makanan yang bergantung pada agribisnis. Beberapa industri lain, terutama industri manufaktur dan pengolahan, bergantung pada agribisnis untuk berbagai bahan baku. Ketika ekonomi Indonesia terus tumbuh, permintaan bahan baku pasti akan meningkat dan menciptakan peluang yang lebih menarik untuk agribisnis di negara ini. Masih tidak yakin berbisnis di bidang ini?

Peningkatan Jenis dan Praktek Pertanian di Indonesia

Agribisnis di Indonesia sempat menderita selama bertahun-tahun karena hasil yang buruk dan praktik pertanian mentah. Sebagian besar tanaman yang dibudidayakan di negara ini hanya menghasilkan sangat sedikit dan seringkali sangat rentan terhadap hama, penyakit, dan kekeringan.

Akibatnya, sebagian besar petani Indonesia dulunya bekerja sangat keras tetapi tidak banyak yang bisa ditampilkan untuk semua kerja keras mereka selama musim panen. Namun, karena kemajuan dalam ilmu dan teknologi tanaman / hewan, sekarang dimungkinkan untuk memanen lebih banyak makanan per hektar daripada sebelumnya dalam sejarah Indonesia.

Sekarang ada banyak jenis tanaman yang lebih baik dan matang lebih awal, membutuhkan lebih sedikit perawatan dan tidak mudah mendapat serangan hama, penyakit, dan kekeringan. Di seluruh Indonesia, jenis panen banyak yang unggul dan meningkatkan hasil panen sebanyak 400 persen!

Sekarang ada banyak jenis tanaman di Indonesia yang ditingkatkan dan diadaptasi secara lokal seperti jagung, singkong, beras,kacang-kacangan, ubi jalar, kacang tanah, kedelai, pisang, gandum durum, dan gandum roti. Ada juga beberapa organisasi lokal dan internasional yang berfokus  mendukung petani Indonesia dengan peningkatan bibit dan dukungan.

Baca juga : Jenis Usaha Yang Menguntungkan

Agribisnis Sangat Scalable. Anda Dapat Mulai Dengan Apa yang Anda Miliki!

Apakah Anda memiliki satu bidang tanah atau 10.000 hektar?  Peluang usaha agrobisnis adalah salah satu dari sedikit peluang bisnis yang memungkinkan Anda memulai pada skala apa pun, dengan apa pun yang Anda miliki!

Banyak pengusaha memulai agribisnisnya di halaman belakang rumahnya dan banyak yang menuai kesuksesan. Peluang untuk memulai dari yang kecil memang sama dengan modal kecil, namun tidak akan menjadi masalah. Mengapa? Meski kecil, hal itu dapat menjadi bagian dari industri agribisnis yang bernilai miliaran rupiah di Indonesia jika digeluti.

Banyak permintaan terjamin akan hasil pertanian, pertanian sayuran. Setiap bukti menunjukkan bahwa Anda tidak harus menjadi investor kaya dengan jutaan dolar di bank atau orang yang berpendidikan tinggi untuk memulai bisnis di bidang pertanian di Indonesia.

Anda bisa mulai dari mana Anda berada dan menggunakan apa yang Anda miliki, dan tumbuh dari sana. Anda dapat memulai perjalanan agribisnis di halaman belakang rumah Anda atau melakukannya secara paruh waktu dengan pekerjaan harian Anda. Sangat fleksibel!

Agribisnis adalah Pencipta Pekerjaan Besar

Agribisnis adalah salah satu cara paling efektif untuk menciptakan lapangan kerja dan memberdayakan jutaan orang Indonesia. Saat ini, sekitar 40% pekerjaan orang Indonesia bergerak di bidang industri agribisnis. Agribisnis tetap menjadi pemberi kerja teratas di banyak negara Indonesia.

Rantai nilai dalam industri agribisnis, mulai dari produksi makanan, pemrosesan dan pemasaran memberikan peluang besar untuk pekerjaan dan kewirausahaan. Jadi, jika Anda ingin memulai bisnis atau berinvestasi dalam industri yang membuat dampak sosial yang signifikan, menyediakan lapangan kerja dan menciptakan kekayaan berkelanjutan, agribisnis tentu saja cara yang tepat!

Jika Anda bersemangat tentang potensi agribisnis di Indonesia dan ingin menjelajahinya lebih jauh, Anda bisa belajar tentang beberapa ide, peluang, dan kisah sukses yang pasti akan memukau Anda.

Indonesia sedang berubah. Anda harus menjadi bagian dari mimpi besar ini yang akhirnya menjadi kenyataan! Peluang usaha agrobisnis di Indonesia sangatlah terbuka lebar. Anda bisa menekuninya dengan cermat.

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar

WebsiteRiau.co.id merupakan website penyedia Jasa SEO dan Pembuatan Website di Pekanbaru, Riau.

Tentang     Kontak     Kebijakan Privasi     Sanggahan