Tips Agar Mudah Diterima Kerja di Perusahaan

Tips Melamar Kerja
ASUS ProArt

Di masa pandemi COVID-19 saat ini, mencari pekerjaan bukanlah hal yang mudah. Karena saat ini banyak pekerja yang dirumahkan akibat perusahaan yang tutup, bahkan banyak juga yang di PHK karena perusahaan sudah tidak mampu membayarnya lagi. Sehingga tidak heran apa bila saat ini banyak orang yang sedang mencari pekerjaan, terlebih para lulusan baru perkuliahan alias yang masih fresh graduated. Tentu itu merupakan hal yang cukup sulit mengingat banyak saingan mereka yang telah berpengalaman dalam bekerja di perusahaan namun saat ini di PHK. Maka dari itu untuk Anda yang saat ini masih bekerja, setidaknya bersyukur karena perusahaan masih dapat membayar Anda. Walaupun bisa jadi gaji yang diterima di potong 30% sampai 50% setidaknya hal yang wajar di saat pandemi ini. Mengingat banyaknya dampak yang terkena di setiap sektor perusahaan sampai ke masyarakat.

Tips Melamar Kerja
Tips Melamar Kerja

Disini akan dijelaskan lebih detail saja beberapa syarat agar dapat dengan mudah di terima kerja. Namun hal ini tidak menutup kemungkinan akan sulit diterima oleh perusahaan di saat sekarang. Mengingat sedikitnya lowongan untuk karyawan baru dan sedikitnya perusahaan yang membuka lowongan kerja, membuat siapa saja dapat mendaftar. Baik yang sebelumnya terkena PHK maupun yang baru lulus kuliah atau sekolah SMA. Jadi tergantung dari banyak faktor internal perusahaan yang menentukan apakah Anda cocok bekerja di perusahaan tersebut atau tidak. Pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan beberapa tips agar bisa diterima kerja di perusahaan dengan mudah. Berikut adalah beberapa tips untuk melamar kerja di perusahaan.

Silakan pelajari terlebih dahulu mengenai perusahaan yang hendak Anda lamar.

Untuk anda yang mau lamar kerja, angka bakarnya silahkan pelajari terlebih dahulu perusahaan apa yang hendak kamu lamar. Sehingga surat lamaran kerja yang anda kirimkan sesuai dengan minat serta kemampuan yang Anda miliki. Melakukan riset terlebih dahulu mengenai perusahaan tersebut, seperti pekerjaan di kantor pada bagian yang hendak Anda lamar, dan mengenai latar belakang perusahaan. Hal ini dilakukan karena mayoritas para pelamar kerja saat ini tidak mempunyai pengetahuan yang luas mengenai perusahaan yang sedang dia lamar.

Membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar.

Dalam membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar, maka anda butuh melihat terlebih dahulu contoh surat lamaran kerja secara umum yang dipakai oleh beberapa pelamar kerja saat ini. Biasanya mayoritas para pelamar kerja menggunakan surat lamaran kerja yang sudah tidak ditulis tangan lagi. Tidak seperti tahun tahun sebelumnya, di mana masih banyak pelamar kerja yang masih menuliskan surat lamaran kerja tulis tangan.

Membuat resume yang menarik.

Saat ini terdapat berbagai macam template resume yang menarik, hal ini dilakukan agar resume yang anda miliki sangat menarik dan enak dilihat oleh pihak perusahaan. Untuk Anda yang belum pernah membuat template resume yang menarik, silahkan browshing di internet berbagai macam template resume yang menarik. Karena mayoritas HRD saat ini sangat Senang apabila ada pelamar kerja yang membuat resume, CV, dan surat lamaran kerja yang bagus dan menarik. Karena ada riset yang mengatakan bahwa pelamar kerja yang menggunakan CV, resume, dan surat lamaran pekerjaan tidak bagus hanya memiliki kesempatan diterima kerja hanya sekitar 25%.

Perhatikan bahasa tubuh saat interview.

Saat sedang interview atau wawancara dengan HRD perusahaan, Anda harus bisa menjaga bahasa tubuh serta perilaku yang baik. Sehingga kesan pertama saat HRD melihat Anda, tidak perlu ada banyak pertanyaan yang diajukan kepada Anda apabila tidak terdapat gerak gerik yang mencurigakan. Karena pada saat anda pertama kali menginjakkan kaki di ruangannya HRD sampai Anda berjabat tangan dengan HRD, tentu itu merupakan poin penting sebelum wawancara dilakukan. Hindarilah menyilangkan posisi tangan, jangan membungkuk saat duduk, memperbanyak senyum, mata fokus tidak melihat kemana-mana, dan mendekatkan tubuh ke arah HRD.

Berpakaian yang rapih.

Penampilan merupakan poin penting saat anda sedang interview kerja di perusahaan. Sebab penampilan adalah komunikasi pertama yang Anda sampaikan sebelum Anda berbicara kepada HRD. Untuk itu, pastikan pakaian yang Anda gunakan tetap sopan dan rapih. Karena apabila salah menggunakan pakaian atau tidak rapi maka akan menjatuhkan poin poin Anda dimata HRD saat untuk hendak dimulai wawancara kerja. Biasanya mayoritas pelamar kerja makan menggunakan pakaian berkerah warna putih serta celana panjang berwarna hitam. Karena pakaian tersebut merupakan pakaian yang penting dan sangat netral di semua perusahaan saat melamar kerja. Namun untuk wanita harus menggunakan make up, akan tetapi penggunaan make up tidak boleh berlebihan.

Belajar negosiasi gaji.

Biasanya pada saat wawancara kerja oleh HRD, akan ditanyakan mengenai kisaran gaji yang anda inginkan saat bekerja di perusahaan. Sehingga sangat penting bagi Anda yang hendak mempunyai gaji yang maksimal saat bekerja di perusahaan. Maka dari itu Anda harus mengetahui harga dari kemampuan dan keahlian yang anda miliki. Serta hal yang paling penting yaitu menyesuaikan dengan standar Wemer di kota perusahaan yang saat ini Anda lamar. Misalkan UMR di sekitar perusahaan tersebut yaitu Rp 3.000.000, maka anda bisa mengajukan gaji Rp 3.000.000 hingga Rp 4.000.000 perbulannya.

Terus berusaha dan berdoa apabila masih belum juga keterima kerja.

Dalam melamar pekerjaan tentu sudah menjadi hal yang biasa apabila belum keterima kerja di perusahaan. Namun apabila tidak keterima kerja secara terus menerus maka ada hal yang salah pada diri Anda. Silahkan anda pelajari apa yang salah pada diri anda, seperti tingkah yang kaku saat sedang interview kerja dengan HRD, tidak menggunakan bahasa yang baik dan sopan, tidak menggunakan pakaian yang rapih, dan tidak mengerti seperti apa perusahaan yang sedang Anda lamar. Serta Anda juga harus memperhatikan siapa saja yang melamar kerja di perusahaan tersebut dan berapa jumlahnya.

Semakin banyak orang yang melamar kerja di perusahaan tersebut maka akan sedikit kemungkinannya anda diterima. Terlebih apabila anda belum mempunyai pengalaman kerja di perusahaan. Untuk itu Anda harus selalu berdo’a untuk hasil yang terbaik, jangan mudah menyerah apabila tidak diterima kerja di perusahaan, dan selalu memperbaiki diri anda sendiri. Sehingga saat Anda melamar perusahaan kembali maka kemungkinan diterima akan semakin besar. Karena bisa saja Anda diterima kerja di perusahaan walaupun para pelamar kerja lainnya mempunyai pengalaman kerja dibandingkan dengan Anda yang masih baru lulus kuliah ataupun sekolah SMA/SMK.

Itulah Beberapa tips agar dapat diterima kerja di perusahaan dengan mudah. Anda harus mempelajari hal hal yang ada di atas sebelum melamar kerja di perusahaan. Sehingga kemungkinan diterima kerja akan semakin mudah. Mengingat saat ini banyak yang di PHK, maka tips tips yang telah saya jelaskan tersebut akan sangat berpengaruh dengan hasil lamaran kerja yang Anda ajukan. Maka dari itu jangan lupa untuk selalu berdoa agar dimudahkan dalam melamar kerja agar dapat dengan mudah diterima kerja di suatu perusahaan.

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar

WebsiteRiau.co.id merupakan website penyedia Jasa SEO dan Pembuatan Website di Pekanbaru, Riau.

Tentang     Kontak     Kebijakan Privasi     Sanggahan