6 Tips Membeli Mobil Bekas Berkualitas Untuk Pemula

Halo Sahabat Website Riau, kali ini kami ingin berbagi informasi mengenai tips membeli mobil bekas yang berkualitas untuk pemula. Semoga informasi yang kami sajikan memberikan pencerahan kepada rekan – rekan yang ingin membeli mobil bekas untuk pertama kali.

Pilihan membeli mobil bekas untuk mobil impian memang bukan target kebanyakan orang, adapun alasan membeli mobil bekas karena kondisi keuangan yang belum cukup atau memang mereka yang memiliki prinsip ekonomi yang bagus. Karena, membeli mobil baru seakan membeli aset yang harganya terus menurun.

Tips Membeli Mobil Bekas Berkualitas Untuk Pemula
Tips Membeli Mobil Bekas Berkualitas Untuk Pemula

Ketika kita mampu memilih mobil bekas yang berkualitas, maka kita akan mendapatkan mobil yang tidak kalah jauh performanya dengan mobil baru. Harga juga lebih murah daripada membeli mobil baru seperti kebanyakan orang.

Tetapi, memilih mobil bekas berkualitas tidaknya mudah. Diperlukan kejeliaan bagi kamu – kamu yang memang sudah faham. Tetapi, bagaimana jika kamu adalah pemula dan pertama dalam membeli mobil bekas? Berikut beberapa tips yang bisa kami sajikan bagi kalian yang ingin mencobanya.

Cek Komponen Mobil

Hal yang pertama ketika ingin membeli mobil bekas adalah kamu wajib mengecek komponen – komponen mobil, apakah masih lengkap dan berfungsi dengan baik atau ada yang kurang. Cek juga apakah bagian body mobil masih dalam keadaan asli atau sudah bukan aslinya. Kamu dapat memanfaatkan informasi dari internet untuk membandingan kondisi mobil baru dan mobil bekas itu.

Cek Kondisi Mesin

Selanjutnya tips membeli mobil bekas yang wajib kamu cek adalah kondisi mesin nya. Kan sayang banget ketika sudah mendapatkan mobil dengan body yang mulu tetapi memiliki mesin yang bobrok. Harusnya kan mobilnya dengan kondisi komponen yang lengkap, body mulus, dan tentunya kondisi mesin yang powerfull.

Untuk mengecek kondisi mesin, kami sarankan kamu juga harus membawa orang yang lebih faham dengan mesin. Karena membedakan suara mesin yang bermasalah dengan yang masih bagus emang rada – rada sulit. Jangan sampai kita mendapatkan kondisi mesin yang pernah terendam banjir.

Cek Box Transmisi

Jangan sampai ada terjadi kebocoran oli dari celah box transmisi ketika kamu memilih mobil bekas yang akan kamu beli. Cara mengeceknya pun sangat mudah, yaitu dengan melihat pada bagian transmisi di body mobil, kamu dapat melihat apakah ada bekas oli yang berantakan atau tidak.

Lakukan Tes Drive

Setelah semua terlihat baik, selanjutnya kamu dapat melakukan test drive untuk menguji langsung kelayakan mobil bekas yang akan kamu beli tersebut. Dengan melakukan tes drive, kamu akan mendapatkan first impression apakah mobil itu layan untuk dibeli. Sebelumnya, kamu harus meminta izin terlebih dahulu kepada penjual untuk melakukan tes drive.

Cek Dokumen Kenderaan

Setelah merasa nyaman dengan mobil pilihan tersebut setelah melakukan tes drive, kamu dapat meminta atapun melihat kelengkapan dari kenderaan tersebut. Cek secara detail dari STNK, BPKB, dan surat – surat lainnya. Kamu dapat meminta izin untuk mencopynya dan mengeceknya di Polda / Samsat terdekat.

Lakukan Tawar Harga

Sekiranya semua sudah diarasa aman, mobil aman dan surat – surat pun aman. Ketika kamu merasa cocok dengan mobil itu langkah selanjutnya yang dapat kamu lakukan adalah dengan menawar harga. Tawar menawar harga adalah hal yang wajar untuk mendapatkan harga yang pas dan sesuai di kedua belah pihak, dan pastinya untuk mendapatkan harga terbaik sesuai dengan kemampuan si pembeli.

Nah, apakah kamu juga butuh referensi tempat membeli mobil bekas berkualitas? Kamu bisa cek artikel kami tentang SEVA Mobil Bekas, kalian akan mendapatkan informasi mengenai tempat beli mobil bekas terbaik di Indonesia.

Demikian tips membeli mobil bekas untuk mendapatkan mobil berkualitas bagi para pemula. Semoga informasi ini memberikan pengetahuan tambahan bagi rekan – rekan yang membaca artikel ini. Terima kasih.

Leave a Comment