Sederet Tips Membuka Bisnis Rumah Makan

Tips Membuka Bisnis Rumah Makan

Tips membuka bisnis rumah makan perlu diketahui untuk memaksimalkan perencanaan suatu usaha tidak bisa dipungkiri saat ini usaha di bidang kuliner untuk dapat berkembang dan sukses. Hal tersebut tidak lepas dari banyaknya minat para konsumen soal cicip mencicipi. Apalagi makan sudah menjadi kebutuhan pokok yang harus dipenuhi setiap orang di setiap harinya apabila sudah yakin untuk mendirikan usaha rumah makan terdapat beberapa tips yang bisa dilakukan. Tips-tips tersebut ialah sebagai berikut:

Persiapkan Modal Awal

Tips Membuka Bisnis Rumah Makan
Tips Membuka Bisnis Rumah Makan

Tips pertama yang harus diketahui tentang mempersiapkan modal secara cukup. Apapun jenis usahanya tentu saja membutuhkan modal. Tidak terkecuali untuk usaha rumah makan. Modal bisa diperoleh dengan banyak cara. Namun sebisa mungkin gunakanlah modal tanpa meminjam karena memiliki risiko di kemudian hari. Bolehlah menjadi pondasi serta tolak ukur besar kecilnya usaha rumah makan yang akan dibuat. Modal juga sangat diperlukan untuk mengembangkan usaha kedepannya.

Modal untuk rumah makan yang harus dipersiapkan harus disesuaikan dengan kriteria rumah makan yang dibuat. Apabila merasa masih kurang modal atau mempertimbangkan untuk merintis bersama teman, maka hal tersebut juga bisa menjadi pilihan. Tetapi yang terpenting adalah tetap konsisten dengan perjanjian dua belah pihak. Baik itu dalam kondisi rugi maupun untung kedepannya, kedua-duanya harus siap untuk membicarakan kondisi modal selanjutnya.

Mengenali Pembeli

Mengenali pembeli yang nantinya akan ditargetkan sebagai konsumen. Harapannya tentu saja konsumen tersebut akan terus berlangganan. Membuka usaha rumah makan di daerah tertentu mengharuskan Para pemilik usaha untuk mengenali karakter pembeli yang ada di daerah tersebut pula. Buka rumah makan Padang di daerah Padang pasti akan lebih dikenali daripada di daerah lain. Meski demikian setiap kemungkinan tetaplah ada. Untuk itu kenalilah secara lebih mendalam karakter pembeli yang ada di tempat usaha didirikan. 

Tentukan Menu Andalan

Setiap usaha rumah makan tentu memiliki menu utama yang diandalkan. Ini juga terkait dengan target yang ingin dicapai. Biasanya menu andalan ini akan turut diprediksikan menjadi menu favorit para pembeli nantinya. Untuk itu, menentukannya sedari awal adalah hal yang bisa dilakukan.

Cara melakukannya bisa dengan riset kecil-kecilan di pasaran tentang jenis makanan yang sedang tren. Tidak sampai di situ, perlu pula untuk melakukan inovasi agar menu andalan yang dibuat memiliki sisi keunikan tersendiri yang membedakannya dengan menu atau makanan lain yang sudah ada. Hal ini juga akan memperketat persaingan.

Memilih Lokasi yang Strategis

Tidak bisa dipungkiri lokasi menjadi salah satu hal yang sangat diperhatikan dalam memulai usaha rumah makan. Lokasi pula lah yang akan menjadi tolak ukur keberadaan pembeli atau konsumen. Seyogyanya rumah makan bisa di daerah yang dekat dengan lokasi perkantoran dengan target konsumen para karyawan. Ataupun mendirikan rumah makan di sekitar institusi untuk mengincar konsumen berupa mahasiswa maupun mahasiswi.

Menentukan Pemasok Bahan Baku Masakan

Pemasok bahan utama sangat penting di dalam usaha rumah makan dan menjadi salah satu tips membuka bisnis rumah makan. Setiap rumah makan juga mempunyai pemasok bahan utama yang berbeda-beda. Pilihlah pemasok bahan baku masakan secara tepat dengan mempertimbangkan harga dan kualitas yang terbaik. Gunakanlah jasa pemasok yang memang sudah terpercaya. Agar bisa mendapatkan yang terbaik, mencari tahu melalui internet bisa dilakukan. Selain itu juga bisa memilih untuk mendengarkan rekomendasi orang-orang terdekat seperti keluarga maupun teman.

Menentukan Tenaga Kerja

Selanjutnya tips yang tidak kalah penting adalah menentukan tenaga kerja. Karena usaha yang akan dibuka adalah rumah makan, maka tenaga kerja yang berkaitan dengan koki atau tukang masak harus segera ditemukan. Jika sebelumnya memiliki keahlian memasak, maka tidak ada salahnya untuk melakukannya sendiri.

Hal ini bisa dilakukan sebagai percobaan untuk menemukan menu yang tepat. Tetapi, jika ingin menemukan partner memasak yang tepat, maka merekrut teman yang pandai memasak atau melakukan rekrutmen sesuai dengan kriteria yang ditentukan adalah hal yang harus dilakukan.  Jumlah tenaga kerjanya pun harus sesuai dengan yang dibutuhkan agar efektif.

Memastikan Jadwal Buka Dan Tutup

Waktu juga menjadi salah satu aspek penting ketika memulai usaha rumah makan. Aktivitas setiap orang tentu berbeda-beda sesuai dengan kesehariannya. Apabila menginginkan rumah makan yang buka pada waktu-waktu tertentu, maka analisislah secara mendalam tentang target konsumen dan bagaimana peluangnya.

Jika merasa hal tersebut tidak cocok, memilih untuk membuka usaha setiap saat termasuk hari libur juga bisa dilakukan. Tidak lupa lihatlah kompetitor yang ada di sekitar lokasi usaha agar bisa menentukan waktu yang benar-benar tepat. Tentukan jam buka dan tutup warung makan.

Melakukan Promosi

Saat ini banyak media promosi yang bisa dimanfaatkan. Salah satunya adalah media sosial maupun website. Untuk membuat rating warung makan menjadi lebih baik di mata para konsumen, tidak ada salahnya untuk membuat sebuah web maupun akun media sosial usaha yang sedang dijalankan. Gunakanlah foto-foto makanan yang real disertai keterangan yang cukup untuk memberitahu para pelanggan dan konsumen. 

Mengelola Keuangan Usaha dengan Baik

Salah satu kunci dalam sebuah bisnis adalah melakukan pengelolaan keuangan dengan baik. Tidak jarang pengelolaan yang buruk menjadi sumber masalah dalam sebuah usaha. Beberapa contoh permasalahan dalam hal pengelolaan ialah tagihan hutang menumpuk, kebocoran biaya, bisnis yang kacau, omset yang stagnan, profit mengecil dan masih banyak lagi yang lainnya. Itu tentu memerlukan pengelolaan yang baik dan terarah.

Pengelolaan yang baik tentu akan dapat mendiagnosis kesehatan bisnis yang sedang dijalankan. Jika melakukannya secara manual, banyak sekali kekurangan tensi karena potensi human error nya tinggi. Sebaliknya jika menginginkan cara yang lebih efektif dan efisien, pengelolaan bisa dilakukan dengan software keuangan usaha.

Saat ini ada banyak software keuangan usaha yang bisa dipilih. Tetapi ingat hanya Finata yang terbaik. Binatang hadir sebagai software keuangan usaha yang akan memudahkan dalam pengelolaan bisnis, termasuk untuk usaha rumah makan.

Dengan software keuangan, kegiatan kelola data Master perusahaan, Transaksi dan jurnal, diagnosis kesehatan bisnis, dashboard personalisasi, utilisasi dan administrasi bisa dengan mudah dilakukan.

Selain itu dengan produksi menjadi lebih mudah karena proses pencatatan transaksi untuk mengubah bahan baku menjadi barang jadi bisa dihitung dengan rata-rata biaya produksi. Penghitungan pajak dilakukan dengan lebih efektif dan efisien melalui pengisian form. Terkait dengan pengelolaan inventory bisa dilakukan secara praktis dan lebih akurat karena menghitung berdasarkan aktivitas transaksi perusahaan.

Alhasil, kontrol serta pemantauan keuangan menjadi lebih mudah. Anda tidak perlu khawatir lagi karena software keuangan bisa membantu Anda secara lebih maksimal. Untuk usaha apapun, termasuk bagi Anda yang ingin menemukan tips membuka bisnis rumah makan, karena menggunakan software keuangan adalah salah tips jitu nya. Segera kelola keuangan usaha anda dengan software keuangan terbaik dan rasakan manfaat dan kemudahannya.

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar

WebsiteRiau.co.id merupakan website penyedia Jasa SEO dan Pembuatan Website di Pekanbaru, Riau.

Tentang     Kontak     Kebijakan Privasi     Sanggahan