Mudah! Ikuti Tips Memilih Domain Terbaik untuk Pemula

Bagaimana cara atau tips memilih domain yang baik dan unik? Domain yang baik dan unik akan membuat situs terlihat menarik karena memiliki identitas dari bisnis Anda. Sebelum memilih domain maka Anda perlu tahu apakah domain itu? Domain adalah nama yang akan dipilih sebagai identitas dari sebuah situs atau web server agar lebih mudah diakses. Domain sendiri bisa disebut juga sebagai komponen utama sebuah website atau situs.

Kegunaan dari domain itu sendiri adalah untuk mempermudah pengunjung untuk mengunjungi situs Anda pada web browser. Pengunjung website tidak perlu mengetikkan IP address websitenya, namun hanya perlu mengetikkan alamat yang telah Anda buat. Di bawah ini beberapa tips memilih domain yang baik dan unik untuk Anda yang akan membuat nama domain, simak selengkapnya.

Pilihlah Nama yang Singkat

Nama domain yang dipilih akan menjadi identitas dari situs yang Anda miliki. Jadi harus memilih nama yang singkat agar lebih mudah untuk di cari dan diingat. Tahukah Anda, nama domain menjadi salah satu faktor yang sangat berpengaruh terhadap banyak sedikitnya pengunjung yang mengunjungi suatu situs.

Nama domain yang singkat juga memiliki keuntungan lainnya, Anda tidak memerlukan tempat yang banyak apabila akan dituliskan pada kartu nama atau juga di profil sosial media.

Gunakan Nama Bisnis Sebagai Nama Domain

 Bisa memberikan nama domain yang sesuai dengan nama bisnis Anda. Dengan begitu bisnis Anda juga bisa dikenal oleh banyak orang, karena nama domain juga termasuk dalam promosi. Seperti contoh ketika Anda membuat situs tersebut untuk berjualan kain murah berilah nama situs tersebut kainmurah.com agar sesuai dengan produk yang  dijual.

Dengan seperti itu, Anda akan lebih gampang  untuk mendapatkan pengunjung situs yang sesuai dengan bidang bisnis tersebut.  Namun, jika Anda menggunakan situs ini untuk blog pribadi, Anda bisa menggunakan nama asli sebagai nama domain dalam situs. Contohnya seperti aisyahara.com, dengan seperti itu orang lain bisa dengan mudah mengenalinya.

Nama Domain Berbeda dari yang Lain

Meski terdengar mudah, ternyata memilih nama domain tidaklah hal yang mudah dilakukan terutama untuk Anda yang masih pemula. Salah satu hal tersulit yang pasti Anda jumpai saat memilih nama domain yaitu mencari nama yang unik alias belum pernah dipakai orang lain.

Agar tidak terjadi kesamaan nama domain, sebaiknya cari terlebih dahulu apakah nama yang Anda pilih sudah dipakai orang lain atau belum. Hal ini juga bisa menghindarkan Anda pada risiko kesalahpahaman antar sesama pebisnis.

Selipkan Kata Kunci pada Domain

Tips selanjutnya yaitu menyelipkan kata kunci pada domain. Kenapa? Sebab, kata kunci akan mempermudah situs Anda muncul pada beranda browser pengguna ketika mengetikkan kata kunci tersebut. Hal tersebut memperlebar peluang luasnya orang yang mengetahui bisnis dan situs yang Anda miliki.

Seperti contohnya ketika seseorang mengetikkan kata kunci bola, ketika situs Anda ahlibola.com kemungkinan besar situs tersebut akan keluar di pencarian itu. Jadi, kata kunci pada domain yang Anda miliki sangat berpengaruh terhadap bisnis dan juga pengunjung.

Jangan Menggunakan Karakter lain

Ketika membuat suatu nama domain sebaiknya gunakan kata atau nama yang mudah untuk di tuliskan. Jika nama domain tersebut ditambahkan karakter lain seperti (*) dan (#) akan di pastikan pengunjung kesulitan dalam mencari situs Anda. Carilah nama domain yang sangat menarik namun tidak akan mempersulit pengunjung, karena pada dasarnya pengunjung akan lebih memilih situs yang mudah untuk mereka cari.

Seperti contoh ini, terdapat situs dengan nama domain ini*toko*aja.com dan juga initoko.com. Pastinya Anda akan memilih situs yang kedua karena lebih meyakinkan dan juga mudah untuk dicari.

Beli Domain dari Registar Terpercaya

Satu lagi tips yang wajib untuk Anda terapkan saat memilih domain yaitu memilih jasa atau register terpercaya. Pastikan untuk membeli domain yang dapat dipercaya, bisa juga dari registar layanan lokal yang terpercaya agar saat terjadi apa-apa bisa langsung ditangani permasalahannya.

Registar lokal saat ini juga sudah memiliki banyak pilihan nama untuk domain Anda. Contoh registar layanan lokal yang terpercaya adalah DomaiNesia yang akan memberikan promo domain 2022 untuk Anda. Nama domain yang bisa Anda beli sangat bermacam-macam seperti: .com, .xyz, .online, .id, .net, .co.id, dan lain sebagainya. Pilihlah nama sesuai dengan situs yang akan Anda buat dan sesuai pula dengan sasaran pengunjungnya.

Dari ke 7 tips memilih domain diatas, Anda pasti menginginkan memiliki situs yang menarik, unik dan juga pada registar yang tepat bukan? Pilihlah registar DomaiNesia yang akan memberikan promo menarik, beragam fitur terbaik, layanan berkualitas, dan juga garansi uang kembali. Tidak hanya itu, DomaiNesia juga memberikan harga yang transparan untuk Anda yang akan membeli cloud VPS. Pilihlah registar pelayan lokal yang akan memberikan Anda  cloud VPS Indonesia murah yang berperforma tinggi.

Tinggalkan komentar