Cara Menangani Krisis Keuangan Perusahaan Cepat dan Tepat

Seperti yang telah kita lihat berulang kali di masa lalu, cara menangani krisis keuangan perusahaan sulit untuk diatasi. Beberapa perusahaan bahkan tiba-tiba bangkrut atau terpaksa keluar dari bisnis karena masalah likuiditas. Kadang-kadang gejala krisis keuangan ini disebabkan oleh faktor pasar yang luas. Misalnya, utang berlebihan dalam sistem keuangan, aset yang terlalu mahal, atau masalah lainnya. Namun, krisis ini dapat dengan cepat menjatuhkan bisnis jika tidak ditangani dengan benar.

Krisis keuangan terjadi ketika lebih banyak uang mengalir keluar daripada mengalir ke dalam bisnis. Itu berarti, selama krisis keuangan beberapa perusahaan tidak punya cukup uang untuk menutupi penggajian atau biaya operasional lainnya. Ketika para pemimpin bisnis tidak memiliki strategi atau rencana berbisnis yang baik, maka krisis keuangan terjadi. Dalam hal terjadi krisis keuangan, perusahaan harus siap mengambil tindakan untuk menyelamatkan bisnis dari kebangkrutan. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu perusahaan dan bisnis dari ancaman krisis keuangan.

Identifikasi Masalah Keuangan

Langkah pertama untuk mengatasi krisis keuangan adalah mengidentifikasi masalah utama yang menyebabkan kesulitan. Masalah keuangan umumnya merupakan permasalahan besar dan memerlukan solusi jangka panjang. Anda harus mengidentifikasi penyebab sebenarnya dari masalah keuangan perusahaan. Tujuan di balik pentingnya mengungkap masalah ini adalah untuk memberikan solusi permanen yang cepat dan tepat.

Sama seperti keran bocor di rumah, menempatkan ember di bawahnya adalah solusi sementara. Perbaiki keran dan kebocoran akan berhenti secara permanen. Hindari stres dan fokuslah untuk menyelesaikan masalah yang menyebabkan krisis keuangan pada perusahaan.

Sesuaikan Rencana Bisnis

Menghadapi krisis keuangan akan membuat perusahaan kembali memeriksa dengan cermat rencana bisnis, proses, operasi, dan pengeluaran. Perusahaan perlu menentukan mengapa krisis keuangan bisa terjadi, dan juga perlu membuat rencana untuk menangani kekurangan di masa depan. Gunakan laporan keuangan untuk melihat rugi dan margin keuntungan bisnis dalam perusahaan. Hal ini termasuk pekerjaan, klien, karyawan, acara, strategi pemasaran, produk dan layanan untuk menentukan area bisnis yang efektif.

Hal ini akan membantu perusahaan menyesuaikan rencana bisnis dan fokus pada layanan yang menghasilkan keuntungan paling besar. Rencana bisnis juga dapat melepaskan klien yang mungkin membebani perusahaan lebih banyak dibandingkan memberi keuntungan. Mengoptimalkan struktur penetapan harga dapat menghilangkan pengeluaran yang tidak perlu untuk keuangan perusahaan.

Baca juga : Tips Memangkas Biaya Logistik

Negosiasikan Hutang

Cara menangani krisis keuangan perusahaan selanjutnya adalah bernegosiasi perihal hutang piutang. Perusahaan dapat menunda atau mengurangi jumlah uang yang keluar selama krisis keuangan untuk membantu mengurangi tekanan kerugian. Jujurlah dengan vendor untuk menegosiasikan pembayaran atau untuk menanyakan tentang menunda pembayaran. Meskipun beberapa mungkin tidak mau mengalah, kemungkinan besar vendor yang setia akan fleksibel dan bersedia bekerja sama selama situasi ini.

Pertimbangkan Opsi Pinjaman

Krisis keuangan terjadi ketika lebih banyak uang yang keluar dibandingkan masuk ke perusahaan. Salah satu cara untuk memecahkan masalah ini adalah dengan melakukan pinjaman bisnis. Namun, sebelum Anda mengambil utang bisnis, pastikan sudah memahami suku bunga dan telah mempertimbangkan semua pilihan lain. Jangan sampai hanya membuat keputusan yang akan menambah masalah keuangan di kemudian hari.

Jika perusahaan memiliki masalah internal yang menyebabkan krisis keuangan, maka mengambil utang hanya akan membuat masalah semakin besar. Mengambil hutang juga akan memperburuk masalah di masa depan.

Fokus Pada Mempertahankan dan Meningkatkan Pelanggan

Cara terbaik untuk keluar dari krisis keuangan adalah dengan suntikan dana pada perusahaan. Selain itu, menganalisis strategi pemasaran dan penjualan untuk menerapkan strategi baru akan memiliki efek yang sangat positif pada keuangan. Cek kembali laporan keuangan, sebab uang tunai sangat mungkin bersembunyi di piutang tanpa sepengetahuan.

Jangan panik karena ketidakstabilan keuangan adalah sesuatu yang dialami banyak bisnis. Begitu fase ini selesai, pastikan untuk menerapkan beberapa strategi keuangan yang akan memberikan kemajuan keuangan secara lebih efektif.  Pastikan untuk mencegah masalah ini terulang kembali. Selain itu, siapkan rencana lebih matang sehingga dapat memerangi kejatuhan finansial secara efisien dan efektif di masa mendatang.

Menaikkan Modal Investor

Cara lain untuk meningkatkan modal kerja dengan cepat dan juga mendatangkan mitra bisnis baru adalah dengan menjual saham. Seperti mengambil hutang, pastikan benar-benar ingin atau perlu menjual sepotong kepemilikan dalam bisnis untuk menyelesaikan krisis keuangan. Berhati-hatilah juga dengan tipe investor yang akan dipilih dan dengan siapa Anda memilih bermitra. Sebaiknya tetap berhati-hati, dan jangan sampai membuat keputusan buruk untuk masa depan bisnis karena adanya tekanan krisis keuangan.

Baca juga : Jenis Tunjangan Selain Gaji

Meminimalisir Jumlah Pengeluaran

Sebagai aturan praktis dalam bisnis, Anda harus selalu memeriksa setiap rupiah yang meninggalkan rekening bank. Sangat disarankan untuk lebih kritis dalam pengeluaran selama krisis keuangan berlangsung. Selama mengalami krisis keuangan, perusahaan harus mengurangi beberapa pengeluaran. Hilangkan semua pengeluaran yang tidak perlu dan hanya belanjakan untuk biaya yang membuat operasional berjalan dan menghasilkan pemasukan.

Selain memotong pengeluaran yang tidak penting, perusahaan juga harus melepas aset bisnis yang tidak penting selama masa krisis keuangan. Meskipun ini adalah krisis sementara, menjual item yang tidak diperlukan adalah cara efektif dan cepat untuk mengumpulkan uang.

Bedakan antara biaya yang penting dan biaya kurang penting untuk masa selanjutnya. Mulailah dengan memotong pengeluaran apa pun yang tidak perlu dimasukkan ke dalam anggaran belanja. Merevisi cara-cara agar mendapatkan keuntungan dan meminimalisir pengeluaran seperti mengurangi biaya logistik akan lebih efisien. Selain itu, menunda penggantian peralatan atau meminta perpanjangan dari pemasok sampai krisis keuangan berakhir juga akan membuat keuangan sedikit stabil.

Gunakan Software Keuangan dalam Menghadapi Krisis Keuangan

Tips terakhir untuk mengatasi krisis keuangan perusahaan adalah dengan menggunakan aplikasi canggih yang responsif. Dengan menggunakan Software Keuangan, perusahaan tidak akan memerlukan peralatan konvensional seperti buku dan alat tulis dalam membuat laporan. Software Keuangan memberikan fitur yang mudah diakses dengan harga yang terjangkau. Anda dapat melihat dan memiliki data master yang berisikan data pelanggan, data supplier, data persediaan gudang, dan data lainnya. Selain itu Software Keuangan juga mampu mencatat transaksi yang Anda miliki seperti penjualan, pembelian, retur, dan lainnya.

Tidak berhenti disitu, Software Keuangan juga memberikan laporan keuangan yang akan memberi cara menangani krisis keuangan perusahaan. Pastinya cara ini akan sangat efektif dan efisien sebab laporan keuangan dari Software Keuangan sangat lengkap termasuk neraca, dan lainnya.

Arief Ramadhan

Arief Ramadhan merupakan Owner dari Website Riau, seorang Pakar SEO dan Digital Marketing di Pekanbaru.

Artikel Terkait

Leave a Comment