Tips Memangkas Biaya Logistik dengan Efisien

Tips Memangkas Biaya Logistik dengan Efisien
ASUS ProArt

Tips memangkas biaya logistik merupakan pembahasan penting yang harus diperhatikan. Mengendalikan biaya logistik menjadi prioritas bagi mereka yang terlibat dalam perdagangan nasional maupun internasional. Salah satu faktor kunci yang harus dipantau lebih dekat adalah manajemen logistik. Hal ini mencakup semua kegiatan yang berkaitan dengan pengadaan, transportasi, pengiriman barang, dan penyimpanan barang. Ada banyak metode yang dapat membantu meningkatkan proses rantai pasokan dan pada gilirannya menghemat uang bisnis.

Metode pengurangan biaya logistik dapat berkisar dari mengoptimalkan pengiriman yang lebih baik, hingga menciptakan proses yang lebih baik. Ini juga akan meningkatkan hubungan pemasok atau pihak ketiga dan seterusnya dengan bisnis yang Anda miliki. Ada beberapa masalah yang mempengaruhi biaya logistik. Diantaranya adalah harga bahan bakar tetap tinggi dan pengiriman mengalami penundaan, sehingga biaya transportasi lebih tinggi. Bagaimana cara menghemat biaya logistik? Simak artikel dibawah ini.

Pahami Biaya Logistik

Biaya logistik haruslah diperhitungkan dengan jelas, sehingga tidak keluar dari batas biaya maksimal. Mulailah dengan menghitung biaya angkut, bea cukai, dan inventaris untuk mendukung pengiriman logistik. Juga faktor barang-barang seperti biaya insinyur terbang ke luar negeri. Setelah memahami total biaya pengiriman dan dampak biaya total pada bisnis, Anda bisa menentukan prioritas. Hal ini dapat membantu atau mengurangi biaya pengiriman.

Bekerjasama Dengan Pemasok

Pengurangan biaya logistik dapat juga dilakukan dengan kerjasama antar pemasok untuk mengurangi biaya. Terkadang pemasok dapat menutupi beberapa biaya logistik langsung. Cobalah membuat kesepakatan untuk membeli persediaan logistik dengan harga lebih rendah karena telah membeli dalam jumlah yang lebih besar. Mulailah berdiskusi bersama pemasok dengan agenda terstruktur. Salah satu topik yang harus dibahas adalah analisa barang dan ide pengurangan biaya logistik.

Pemasok mungkin adalah pakar dalam bidang keahlian mereka. Pemasok juga dapat membantu dengan terus bekerja bersama dalam program penghematan biaya. Ini akan tetap menjaga kualitas, namun mengurangi biaya logistik.

Baca juga : Jenis Tunjangan Selain Gaji

Pilihlah Jasa Transportasi Terbaik

Memilih transportasi yang tepat juga akan membantu untuk mengetahui jumlah minimal yang harus dibayarkan untuk pengiriman logistik. Untuk memilih bentuk transportasi yang paling tepat, perlulah mempertimbangkan jarak, volume produk, dan biaya masing-masing alat transportasi. Akan sangat memungkinkan untuk mengganti alat transportasi pengiriman jika pengiriman lebih dekat. Mengevaluasi bentuk transportasi alternatif, seperti sepeda motor atau sepeda juga bisa dijadikan pilihan yang menarik.

Pahami Rute Pengiriman

Tips memangkas biaya logistik selanjutnya adalah memahami rute pengiriman logistik. Programkan rute pengiriman dengan lebih cerdas, dengan mempertimbangkan sejumlah variabel. Misalnya, apakah ada aliran pengiriman yang sering ke wilayah yang sama. Memikirkan kembali rute pengiriman akan menawarkan penghematan pengeluaran biaya logistik. Hal ini juga akan membantu mengidentifikasi biaya logistik menjadi lebih murah, serta memangkas biaya yang tidak penting.

Jangan Mengandalkan Satu Transportasi

Menjadi jauh lebih fleksibel dan mudah beradaptasi dalam moda transportasi sangat penting untuk dilakukan. Pengeluaran akan dapat dikurangi dengan cara yang mungkin tidak pernah dibayangkan. Pengiriman barang melalui laut biasanya jauh lebih murah daripada udara. Namun, waktu yang dibutuhkan untuk pengiriman akan sedikit lebih lama dan akhirnya akan membebani penjualan. Tidak ada salahnya untuk mencoba melihat biaya transportasi berbagai jenis dan mencoba beradaptasi dengan semua jenis transportasi.

Transportasi antar moda akan menjadi pilihan lain yang dapat dipertimbangkan jika ingin menghemat biaya logistik. Transportasi kereta api jauh lebih murah daripada truk. Namun, mungkin kombinasi unik dari keduanya bisa menjadi kunci untuk tetap tepat waktu dan sesuai anggaran. Jika pembeli Anda hanya membutuhkan sebagian barang terlebih dahulu, Anda tidak harus mempercepat seluruh pengiriman. Namun, Anda dapat menurunkan biaya logistik dengan mempercepat sebagian pengiriman dan menggunakan transportasi yang lebih murah untuk sisa pengiriman.

Memaksimalkan Ruang Penyimpanan

Untuk masalah penyimpanan, alangkah baiknya jika menggunakan ruang secara cerdas daripada meningkatkan ukurannya. Pikirkan kembali tata letak area penyimpanan, cobalah untuk berinvestasi dalam sistem yang akan membantu mengelola stok barang. Cara ini dapat mengoptimalkan proses penyimpanan dan mengurangi biaya logistik. Proses-proses penyimpanan, penanganan, dan distribusi sangat mendasar bagi berfungsinya bisnis. Itulah sebabnya penting untuk mengetahui cara-cara mengurangi biaya logistik tanpa merusak kualitas layanan perusahaan.

Baca juga : Manfaat dan Tujuan Faktur Penjualan

Identifikasi dengan jelas dan cobalah untuk menghilangkan hal yang tidak perlu ada di tempat penyimpanan atau gudang. Ada baiknya untuk selalu meningkatkan kepadatan penyimpanan di tempat sampah dan rak dengan meningkatkan penggunaan ruang vertikal. Hal ini akan menurunkan kerusakan pada kontainer pengiriman dengan menghilangkan pergerakan selama transportasi. Cobalah memanfaatkan ruang penyimpanan yang ada dengan lebih baik untuk meningkatkan kepadatan penyimpanan. Lakukan upaya untuk mendorong operasi terorganisir yang terkait langsung dengan tenaga kerja, efisiensi, penggunaan aset, dan keakuratan inventaris.

Evaluasi Kinerja Pengiriman Logistik

Kinerja strategi pengiriman logistik harus selalu dicek untuk kepentingan bisnis. Melakukan bisnis tanpa menilai kinerja secara teratur adalah suatu bencana. Dengan tidak menilai kinerja, perusahaan akan kesulitan menentukan berapa banyak uang yang telah dibelanjakan dan dihemat. Biasanya ketika perusahaan mengalami masalah pasokan, perusahaan akan memilih pengiriman yang dikirim dengan tingkat layanan ekspres. Hal ini pastinya membuat panik dan seringkali mengakibatkan biaya logistik menjadi lebih tinggi.

Gunakan Aplikasi Terbaik

Perusahaan bisa menerapkan aplikasi sebagai solusi untuk membuat sistem menjadi otomatis dan mempercepat waktu pengerjaan sesuatu yang masih manual. Hal ini seperti persiapan dokumen dan kegiatan terkait. Prosedur ini akan menghasilkan pengiriman tepat waktu, tingkat persediaan yang memadai, peningkatan kepuasan pelanggan, dan menghindari denda. Aplikasi terbaik saat ini sudah bisa diakses oleh semua perusahaan, baik perusahaan besar maupun kecil.

Segera gunakan software keuangan untuk mencari tips memangkas biaya logistik dengan mudah dan cermat. Software keuangan usaha bisa diakses dimanapun dan kapanpun dengan cara yang mudah, yaitu dengan menggunakan smartphone dalam genggaman jari.

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar

WebsiteRiau.co.id merupakan website penyedia Jasa SEO dan Pembuatan Website di Pekanbaru, Riau.

Tentang     Kontak     Kebijakan Privasi     Sanggahan