Begini Cara Hapus Aplikasi Bawaan Android

Cara Hapus Aplikasi Bawaan Android – Merasa performa ponsel semakin berkurang? Salah satu penyebabnya karena terlalu banyak aplikasi bawaan yang telah terpasang pada ponsel tersebut. Ketika baru membeli Android, pasti ada aplikasi yang telah dipasang oleh pabriknya dan tidak bisa untuk dihilangkan. Biasa dinamakan sebagai aplikasi bawaan atau bloatware. Untuk menghilangkannya, pengguna hanya perlu mengetahui cara hapus aplikasi bawaan Android.

Bloatware adalah aplikasi yang sengaja diinstal oleh produsen pembuat smartphone atau perangkat lainnya yang bertujuan untuk kebutuhan tertentu. Contohnya sebagai syarat agar bisa dijual resmi di Indonesia atau sebagai fitur tambahan pada perangkat tersebut. Meskipun, pada kenyataannya hanya sedikit aplikasi yang berfungsi sesuai dengan yang diharapkan.

Kesusahan Menghapus Aplikasi Bawaan

cara hapus aplikasi bawaan android
cara hapus aplikasi bawaan android

Meski masalah ini tidak begitu mengganggu seperti dulu, namun para produsen smartphone tetap menjual produk mereka dengan aplikasi bawaan yang tidak perlu. Mulai dari aplikasi media sosial, games, atau aplikasi berita yang memakan banyak penyimpanan. Ada juga beberapa aplikasi yang memiliki efek mengurangi daya tahan baterai.

Namun, dengan banyak keluhan yang sering diajukan oleh para pengguna, akhirnya banyak produsen Android yang mendengarkan. Mulai dari membuat beberapa perubahan untuk bisa menghapus aplikasi bawaan atau bisa juga untuk menonaktifkan.

Ada beberapa produsen smartphone yang tidak mengizinkan untuk menghapus aplikasi tertentu di perangkat yang dibuatnya. Misalnya saja seperti berbagai sosial media, aplikasi pembersih hingga game sekalipun. Dengan begitu, pengguna hanya bisa menonaktifkannya saja.

Baca juga : Cara Melacak Akun IG Penipu

Cara Menghapus Bloatware Android

Tidak semua jenis bloatware bisa dihapus, namun pengguna bisa memilih antara menghapus atau menonaktifkan aplikasi tersebut. Namun apabila pengguna ingin menghapusnya, berikut cara yang bisa dilakukan, yaitu:

Menghapus Aplikasi Bawaan Melalui Pengaturan

Melalui pengaturan, pengguna tidak hanya bisa menghapus aplikasi untuk mengoptimalkan kinerja perangkat. Karena tidak memiliki risiko, menjadikan cara ini aman. Pengguna bisa memilih menu disable untuk menonaktifkan aplikasi agar tidak berjalan di perangkat dan memakan penyimpanan seperti langkah berikut:

  • Pergi ke pengaturan.
  • Buka aplikasi manajemen.
  • Pilih app list.
  • Pilih uninstall untuk menghapus aplikasi atau tekan icon aplikasi selama beberapa saat.
  • Kemudian, pilih menu app info.
  • Klik menu uninstall untuk menonaktifkan aplikasi.

Menghapus Aplikasi Bawaan Melalui Google Play Store

Selain dari pengaturan, cara hapus aplikasi bawaan Android ini bisa juga melalui aplikasi Google Play Store. Cara ini mencegah aplikasi mendapatkan pembaruan yang dapat memenuhi memori perangkat. Berikut diantaranya:

Baca juga : Cara Menyembunyikan Aplikasi WA

  • Buka aplikasi Google Play Store.
  • Tekan menu icon di akun Google Play.
  • Kemudian tekan menu manage apps and device.
  • Pilih aplikasi yang ingin dihapus, lalu tekan menu Namun hal ini tidak bisa dilakukan pada setiap aplikasi. Pasalnya, ada beberapa aplikasi yang tidak memiliki tombol menu uninstall. Hal ini berarti aplikasi bawaan yang hanya bisa dinonaktifkan saja tanpa menghapusnya.

Menggunakan Ccleaner

Ccleaner adalah aplikasi yang digunakan untuk membersihkan sampah, mengoptimalkan RAM, dan dapat menghapus aplikasi yang tidak diinginkan. Pengguna bisa menyimak langkah-langkah yang perlu diterapkan untuk menghapusnya berikut ini:

  • Download aplikasi Ccleaner.
  • Buka aplikasi dan tekan menu system.
  • Pilih aplikasi, lalu tekan menu hapus instalasi.

Demikianlah pembahasan tentang beragam cara hapus aplikasi bawaan Android yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kinerja perangkat. Pengguna harus berhati-hati jika ingin menghapus aplikasi yang tidak fungsional. Hal tersebut dilakukan agar tidak merusak kinerja perangkat.

Tinggalkan komentar