Makanan Khas Riau Menggugah Selera

Berburu kuliner adalah hal wajib saat datang ke sebuah daerah, karena pasti terdapat makanan khas yang tak pernah Anda coba sebelumnya.

Di Riau terdapat berbagai makanan khas Riau yang rasanya bikin nagih, bukan saja soal rasa, bahan baku dan cara penyajiannya sangat beda. Penasaran apa saja makanan tersebut? Simak ulasannya berikut ini.

Roti Jala

Roti Jala - Makanan Khas Riau
Roti Jala

Kalau Anda menghadiri pesta pernikahan orang Riau, makanan yang satu ini pasti tersedia. Terbuat dari tepung dan beberapa bahan pelengkap, adonan dimasak tanpa minyak berbentuk jala. Kemudian dilipat menjadi segitiga atau bulat sesuai keinginan, biasanya disajikan dengan kari daging-dagingan.

Hampir di semua daerah di Riau menyediakan makanan khas Riau roti jala ini, terutama di kawasan Selat Panjang baik di warung makan hingga restoran ternama. Jadi Anda tinggal cari saja tempat makan terdekat dari lokasi saat ini, dan coba langsung sensasi rasa roti dicelup kuah kari.

Mie Sagu

Mie Sagu - Makanan Khas Riau
Mie Sagu

Beda dengan mie pada umumnya yang berbahan tepung terigu, mie yang satu ini dibuat dengan bahan utama sagu. Teksturnya yang lebih kenyal menjadikannya enak dan membuat cepat kenyang. Biasanya diolah menjadi mie kuah atau mie goreng, dengan ditambah bahan pelengkap seperti tauge, teri dan sayur kucai.

Baca juga : Wisata Riau

Dibandingkan mie biasa, mie sagu punya banyak kelebihan terutama di bidang kesehatan karena kandungan gulanya sangat minim. Jadi bagi Anda penderita diabetes bisa beralih makan mie ini saat kangen mie goreng rumahan.

Nasi Lemak

Nasi Lemak - Makanan Khas Riau
Nasi Lemak

Nasi yang terbuat dari beras biasa ini menjadi salah satu ikon kuliner Riau, makanan khas Melayu Riau ini rasanya sangat gurih karena dimasak pakai santan kelapa. Untuk menyantapnya, Anda akan disuguhi lauk seperti udang, daging, petai bahkan kerang dan kacang tanah, jadi saat disantap terasa sempurna di lidah.

Di Riau nasi lemak biasanya disajikan untuk sarapan, dan banyak ditemukan di restoran yang menyajikan sarapan pagi. Tapi kalau Anda mau mencobanya untuk makan siang atau makan malam tinggal request ke penjual agar disiapkan dengan lauk pilihan Anda.

Gulai Siput

Gulai Siput - Makanan Khas Riau
Gulai Siput

Beberapa daerah sentra siput di Riau menjadikan hewan yang bergerak lambat ini sebagai salah satu lauk untuk makan siang atau malam.

Gulai ini menjadi makanan khas Riau dan Cara membuatnya yang mudah. Biasanya dimasak berkuah kuning dengan bumbu rempah lengkap khas melayu. Sangat cocok jika dimakan dengan nasi hangat, tempe goreng dan kerupuk udang.

Baca juga : Toko Komputer Pekanbaru

Laksamana Mengamuk

Laksamana Mengamuk - Makanan Khas Riau
Laksamana Mengamuk

Namanya sangat unik seunik rasanya. Terbuat dari buah kuini yang dipotong kecil, kemudian ditambahkan santan dan gula untuk memberi rasa manis. Kuliner yang satu ini jadi ikon penting di Riau karena sensasi rasa manis dan asamnya yang segar, wajar jika kemanapun Anda pergi sangat mudah menemukannya.

Konon katanya nama laksamana mengamuk diambil dari kejadian mengamuknya seorang laksamana di kebun kuini akibat istrinya menghilang. Alhasil dia pun menggunakan pedang untuk menghancurkan kebun tersebut.

Daripada rugi, warga memanfaatkan buah kuini yang sudah hancur menjadi makanan khas Riau Kepulauan legendaris.

Itulah lima makanan khas Riau yang wajib Anda coba kalau melancong ke daerah tersebut. Makanan juga minuman khasnya, cukup menggugah selera kan?

Kalau waktu memungkinkan cobalah semuanya agar rasa penasaran Anda terobati, karena kapan lagi bisa mencoba kuliner khas di daerah melayu Sumatera tersebut, kalau tidak langsung ketika Anda berada di Riau.

Tinggalkan komentar