9 Manfaat Asuransi Bisnis

Manfaat Asuransi Bisnis
ASUS ProArt

Manfaat asuransi bisnis ternyata lebih banyak dari yang kebanyakan orang mengira. Banyak orang menganggap membeli asuransi bisnis sebagai kejahatan karena sebagian besar pemilik perusahaan tidak harus terlalu bergantung pada Kebijakan Asuransi Bisnis mereka. Sebenarnya memiliki bisnis yang benar harus memiliki asuransi. Mengapa sebab tidak ada yang tahu dengan peristiwa bencana yang tidak terduga.

Nah, salah satu manfaat dari asuransi masa depan adalah pendapatan pemilik dan karyawan dilindungi. Perusahaan dibangun selama bertahun-tahun dan kadang-kadang apa yang telah dirintis  dapat dihancurkan dalam satu gerakan. Mau tahu apa saja manfaat nyata dari sebuah asuransi bisnis?

Manfaat Memiliki Asuransi Bisnis

Ada beberapa manfaat yang bisa Anda rasakan apabila Anda mau mencoba mengasuransikan bisnis Anda, di antaranya adalah:

  1. Memiliki Asuransi Bisnis yang Benar Membuat Bisnis Anda Terlihat Lebih Dapat Dipercaya

Jika Anda bersaing untuk bisnis dengan perusahaan lain yang sejenis, Anda dapat meningkatkan kredibilitas Anda dengan calon pelanggan. Ya, kredibilitas itu bisa Anda dapatkan  apabila mampu menunjukkan tingkat profesionalisme yang lebih tinggi dengan memiliki asuransi yang tepat dengan Batas Pembebasan Ganti Rugi yang benar.

Banyak perusahaan tidak memiliki asuransi yang tepat untuk melindungi diri mereka sendiri, karyawan mereka, atau pelanggan mereka. Menjadi semakin umum bagi calon pelanggan untuk mencari konfirmasi Kewajiban Publik, Kewajiban Produk, dan Batas Kewajiban Pemberi Ganti Rugi Pengusaha. Untuk itulah asuransi bisnis hadir sebagai solusi yang tepat untuk perusahaan Anda.

  1. Membuat Anda Terlihat Kredibel

Memiliki asuransi membuat bisnis Anda terlihat kredibel. Asuransi bisnis menunjukkan kepada calon klien dan pelanggan Anda bahwa Anda adalah taruhan yang aman. Jika ada yang salah dengan pekerjaan yang Anda lakukan untuk mereka, Anda memiliki cara untuk memberikan kompensasi.

Itulah alasan perusahaan layanan rumah kadang kala selalu membawa pernyataan “berlisensi, terikat dan diasuransikan”. Asuransi bisnis mampu membangun kepercayaan.

  1. Memberi Perlindungan bagi Karyawan Anda

Jika salah satu karyawan Anda terluka dalam pekerjaan mereka, perusahaan asuransi pastinya akan melindungi Anda selaku pemilik jika karyawan melakukan tindakan terhadap Anda dengan tuduhan kelalaian yang mengarah pada cidera atau kerusakan.

Ketika Anda melihat jenis-jenis cedera yang dapat terjadi di tempat kerja, mulai dari yang sangat kecil hingga yang mengubah hidup dan bahkan fatal, Anda pasti membutuhkan asuransi. Ya, pentingnya perusahaan diasuransikan sepenuhnya untuk tanggung jawab pemberi kerja.

  1. Melindungi Produk dan Aset Anda

Bisnis dapat dibangun selama bertahun-tahun dan mengakumulasi aset termasuk pabrik dan mesin, peralatan, stok dan bangunan juga. Jika terjadi kebakaran serius atau badai besar atau kerusakan akibat banjir, penting bagi bisnis untuk mengklaim polis asuransi properti mereka.

Baca juga : Peluang Usaha Agrobisnis

Sebagian besar bisnis akan berjuang untuk pulih dari kerugian properti yang serius akibat kebakaran jika mereka tidak memiliki asuransi untuk melindunginya. Sama pentingnya dengan asuransi properti adalah Asuransi Gangguan Bisnis.

Asuransi satu ini juga dikenal sebagai asuransi kerugian konsekuensial dan mencakup hilangnya keuntungan yang dihasilkan dari suatu peristiwa yang mengarah pada klaim berdasarkan asuransi properti.

Misalnya – bisnis grosir yang memiliki gudang penuh stok untuk persiapan Lebaran. Jika ada kebakaran dan gudang serta semua persediaan hancur, kerugian itu akan ditanggung oleh Asuransi Properti tetapi tertanggung tidak akan memiliki apa pun untuk dijual dan mungkin gulung tikar.

Asuransi akan menanggung kerugian keuntungan yang diakibatkan oleh kebakaran untuk periode 12, 24 atau 36 bulan tergantung pada opsi mana yang dipilih ketika kebijakan tersebut dibuat. Ya, Polis Asuransi Bisnis yang benar dapat menjamin kelangsungan hidup perusahaan Anda jika terjadi peristiwa yang mengubah hidup.

  1. Menghindari Tuntutan Hukum

Anda hidup dalam masyarakat yang sadar hukum. Apabila perusahaan tidak memiliki asuransi, akan ada tuntutan hukum atau pertanggungjawaban atas kelalaian bisnis Anda dan jika tidak siap, bisnis Anda dapat gulung tikar.

Kelalaian itu bisa berupa salah kontrak rusak, karyawan yang tidak puas, dan sebagainya. Bahkan jika Anda memenangkan gugatan, Anda bisa gulung tikar karena biaya pembelaan hukum yang mahal.

Daripada khawatir tentang apa yang bisa terjadi, asuransi kewajiban dapat memungkinkan Anda untuk berkonsentrasi pada apa yang benar-benar penting dan Anda bisa menjalankan bisnis yang sukses.

  1. Melindungi Aset Berharga Perusahaan Anda

Manfaat asuransi bisnis adalah melindungi aset berharga yang Anda miliki. Aset Anda yang paling berharga bukanlah produk atau layanan yang Anda tawarkan, peralatan yang sangat Anda perhatikan untuk mempertahankannya atau bahkan merek yang Anda perjuangkan selama bertahun-tahun untuk dibangun.

Tidak, aset Anda yang paling berharga adalah karyawan Anda, dan Anda perlu membayar asuransi untuk melindungi mereka jika terjadi kecelakaan. Undang-undang ketenagakerjaan mewajibkan Anda bukan hanya melindungi karyawan dari peralatan pekerja, tetapi Anda juga harus mempertimbangkan untuk menawarkan cakupan cacat.

 Bahkan  jika Anda harus membebankan biaya kepada karyawan Anda untuk sebagian dari biaya. Ya, melindungi kepentingan karyawan Anda juga merupakan cara yang baik untuk melindungi  Anda  terhadap tuntutan hukum atau kewajiban.

Baca juga : Peluang Usaha Hidroponik

  1. Melindungi Kerugian

Apabila nantinya terjadi kecelakaan atau peristiwa yang bukan disebabkan oleh tangan manusia sebagaimana dijelaskan sebelumnya seperti banjir, angin puting beliung, angin topan, dan kebakaran yang disebabkan oleh semua petir.

Maka, kebanyakan ada dua jenis asuransi bisnis yakni asuransi harta benda dan kecelakaan jiwa yang nantinya akan melindungi bisnis Anda dari kerugian semacam risiko khusus dan bahaya khusus.

Kebijakan semua risiko mencakup peristiwa kecuali yang disebutkan secara tegas. Kebijakan spesifik bahaya mencakup kebakaran, banjir, dan bencana tertentu lainnya.

  1. Mengawal Aset Manusia

Sebagai pemilik, Anda bertugas menjaga bisnis tetap berjalan sebagaimana mestinya. Tetapi apa yang terjadi jika Anda berhenti “berlari” karena serangan jantung, kecelakaan serius atau keadaan tidak menguntungkan lainnya yang membuat Anda tidak bisa melakukan apa-apa untuk bisnis Anda selama berminggu-minggu, berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun?

Perlindungan asuransi jiwa dan cacat milik perusahaan menyediakan pembayaran untuk menutupi hilangnya pendapatan yang Anda hasilkan. Dalam hal kematian atau cacat, asuransi ini menyediakan dana untuk pembelian minat Anda berdasarkan perjanjian jual-beli.

Anda juga dapat membeli polis yang disebut asuransi “orang kunci” untuk menutupi kecacatan atau kematian karyawan yang dihargai.

  1. Membantu Menarik dan Mempertahankan Karyawan

Memiliki asuransi bukan hanya tentang melindungi bisnis Anda dalam skenario “malapetaka dan kesuraman”. Mempunyai asuransi dapat memiliki manfaat positif dalam menarik dan mempertahankan karyawan yang berkualitas.

Kedua untuk gaji, banyak pencari kerja yang mencari pekerjaan yang sudah mencakup paket tunjangan yang mencakup jiwa, kesehatan, cacat dan asuransi perawatan jangka panjang. Jika Anda tidak menawarkan fasilitas ini, Anda mungkin kehilangan karyawan yang baik.

Sudah tahu begitu besarnya manfaat asuransi bisnis bukan? Apabila Anda bingung bagaimana harus mengatur keuangan bisnis ditambah dengan asuransi, maka Anda bisa menggunakan Software Keuangan Usaha. Kapan lagi Anda bisa mudah mengelola bisnis dengan mudah kalau tidak bersama Software Keuangan?

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar

WebsiteRiau.co.id merupakan website penyedia Jasa SEO dan Pembuatan Website di Pekanbaru, Riau.

Tentang     Kontak     Kebijakan Privasi     Sanggahan