Manfaat Ijuk Aren untuk Berbagai Kerajinan

Manfaat Ijuk Aren

Manfaat Ijuk Aren ternyata tidak hanya sebagai sapu ijuk saja, tetapi juga memiliki manfaat lain seperti tali, sikat, kaos dan sebagainya. Serat ijuk aren merupakan serabut hitam yang berada di pangkal pelepah daun aren. Ijuk yang ada di pohon aren ini dapat hidup di seluruh daratan indonesia terutama pada ketinggian 400 hingga 1000 meter diatas permukaan laut.

Manfaat Ijuk Aren Beraneka Ragam

Pembuatan Sapu Ijuk

Manfaat Ijuk Aren dapat digunakan untuk pembuatan sapu ijuk. Sapu ijuk yaitu sapu yang digunakan untuk menyapu rumah dan membersihkan lantai. Kualitas sapu ijuk aren dari pohon aren ini tentu berkualitas yang tidak kalah dengan sapu ijuk dari sabut kelapa.

Pembuatan Tali Ijuk

Selain ijuk aren digunakan sebagai bahan sapu ijuk, ijuk aren juga dapat digunakan untuk pembuatan tali ijuk. Tali ijuk diproduksi untuk mengikat bambu dengan kuat. Tali ini juga berguna untuk konstruksi rumah. Selain itu, tali ijuk juga dapat mengikat sesuatu yang berada di dalam laut.

Baca juga : Manfaat Bioetanol

Pembuatan Sikat Ijuk

Serat ijuk aren telah terbukti sangat baik dan berkualitas. Selain dijadikan sebagai sapu dan tali, ijuk aren juga dapat digunakan untuk pembuatan sikat ijuk. Sikat Ijuk terbukti lebih awet dibanding dengan sikat berbahan lainnya.

Kuas Ijuk

Ijuk aren juga dapat dibuat menjadi kuas ijuk. Ada beberapa industri rumah tangga yang terjun dalam bidang pembuatan kuas ijuk.

Sebagai Perisai Radiasi Nuklir

Ijuk aren ternyata juga berguna sebagai perisai radiasi nuklir. Penelitian yang dilakukan oleh Universitas hasan unin ini terbukti bahwa ijuk aren menjadi salah satu bahan perisai radiasi nuklir.

Baca juga : Manfaat Tepung Aren

Keistimewaan Ijuk Aren

Ijuk aren terbukti tahan lama dan awet. Karena telah ditemukannya benda purbakala berupa tali ijuk yang kondisinya masih kuat. Tali ijuk tersebut merupakan peninggalan pada abad ke-8. Selain itu, Ijuk aren merupakan serat yang tahan terhadap asam dan garam air laut. Tali ijuk juga tidak mudah lapuk oleh asam dan garam. Oleh karena itu, nenek moyang menggunakan tali ijuk sebagai pengikat.

Investasi di Kavlingan Produktif Aren

Tidak hanya buah, getah dan batangnya saja yang dapat digunakan, tetapi ijuk aren juga dapat dibuat berbagai macam kerajinan. Hal tersebut yang menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang yang tertarik untuk berbisnis di bidang ini. Seluruh bagian pohon menjadi bahan yang dibutuhkan oleh industri baik pabrik makanan dan minuman, pabrik roti, pabrik cuka, kosmetik dan lain-lain.

Manfaat Ijuk Aren beraneka ragam. Tidak hanya buah, getah, atau batangnya saja, ternyata ijuk dari pohon aren juga memiliki banyak manfaat. Hampir seluruh bagian dari pohon aren bermanfaaat dan terus dikembangkan dalam dunia industri. Memilih berinvestasi di bidang kavlingan aren ini tentu sangat menguntungkan bukan?

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar

WebsiteRiau.co.id merupakan website penyedia Jasa SEO dan Pembuatan Website di Pekanbaru, Riau.

Tentang     Kontak     Kebijakan Privasi     Sanggahan