Tips dan Peluang Bisnis Kue Kering

Peluang Bisnis Kue Kering
ASUS ProArt

Peluang bisnis kue kering memang cukup menjanjikan. Berbeda dengan usaha kuliner pada umumnya yang punya prospek setiap hari, kue kering memiliki waktu-waktu tertentu yang dapat membuatnya banyak dicari di pasaran. Contohnya ialah momen menjelang Idul Fitri dan momen saat Ramadan. Tidak sedikit pula yang akhirnya mencoba peruntungan dengan membuka usaha atau bisnis kue kering. Namun di samping itu yang penting untuk dilakukan ialah mengetahui tips serta peluang dari bisnis kue kering tersebut. Agar lebih jelas tentang tips dan peluangnya, berikut adalah penjelasan lengkapnya.

Menentukan Jenis Kue Kering yang Akan Dijual

Tips pertama yang menentukan jenis kue kering yang akan dijual. Perlu dilakukan mengingat banyaknya ragam dan macam kue kering. Mulai dari nastar, semprit, lidah kucing, kastengel, sagu keju dan masih banyak lagi yang lainnya.

Perlu diingat untuk tidak memaksakan diri membuat ragam kue kering yang terlalu banyak karena hal tersebut bisa saja membuat kesulitan dalam penanganan usaha. Namun nantinya jika usaha kue kering berjalan dengan lancar seiring dengan berjalannya waktu maka merekrut orang untuk bergabung dalam usaha yang dilakukan.

Gunakan Resep Terbaik

Rasa menjadi salah satu kunci laris atau tidaknya kue kering yang dijual. Semua itu hanya bisa didapatkan ketika resep yang digunakan adalah resep terbaik. Seimbangnya rasa gurih manis dan lain sebagainya adalah hal yang perlu diperhatikan. Untuk mengumpulkan berbagai resep dari berbagai macam sumber mulai dari buku-buku resep menanyakan kepada saudara maupun ibu dan mencarinya melalui internet. Bagi mereka teman-teman terdekat yang mempunyai hobi memasak kue, cobalah untuk mempertanyakan kepadanya. Biasanya mereka memiliki tips-tips jitu terkait resep kue kering yang enak.

Ketika sudah mencoba suatu resep maka mintalah saudara maupun teman untuk melakukan penilaian terhadap kue yang sudah jadi. Hal ini akan menjadi bahan evaluasi agar bisa menemukan resep yang paling tepat hingga nantinya siap untuk dijual.

Baca juga : Tips Membuka Bisnis Rumah Makan

Menggunakan Bahan yang berkualitas

Bukan hanya resep yang harus diperhatikan, melainkan juga bahan-bahan pembuatan kue. Bahan-bahan yang berkualitas baik tentu akan menyuguhkan citarasa yang baik pula ketika sudah matang. Kualitas kue kering yang baik tentu dihasilkan dari bahan-bahan. Rasa enak pada kue kering akan bisa dirasakan ketika bahan-bahannya juga berkualitas.

Mulai dari mentega terigu telur hingga bahan lainnya harus dipilih secara seksama guna menghasilkan cita rasa yang nikmat. Selain itu pemakaian bahan-bahan yang berkualitas juga akan menentukan seberapa lama kue kering tersebut bertahan. Meskipun tergolong makanan yang bisa bertahan lama, kue kering juga memiliki batas kadaluarsa yang harus ditentukan dengan bijak. Baik kualitas bahan pembuatannya maka akan semakin lama pula masa kadaluarsanya.

Membuat Inovasi Baru

Semua jenis usaha tentu saja harus bersaing dengan banyaknya kompetitor yang menjual barang atau makanan yang sama. Meski demikian yang harus dipastikan adalah adanya inovasi ucapkan dalam usaha tersebut. Ini akan menjadi ciri khas sekaligus pembeda yang membuat para konsumen tertarik. Buatlah inovasi berupa terobosan baru bentuk kue kering yang akan dijual. Baik itu dari segi rasa, tampilan nama kue tersebut. Dengan begitu, konsumen dengan mudah dapat menandai rasa yang disuguhkan.

Menentukan Harga yang Tepat

Menentukan harga juga menjadi bagian yang harus dilakukan ketika ingin memulai usaha kue kering. Perlu diingat untuk tidak asal-asalan menentukan harga. Hal ini dikarenakan adanya harga kesesuaian pasar. Harga yang sesuai berdasarkan bahan-bahan yang sudah digunakan ongkos, bahan habis pakai dan lain sebagainya.

Berhubung usaha kue ini baru dijalankan maka perlu diingat untuk tidak terburu-buru mematok harga yang tinggi. Tetapkan harga yang sewajarnya dengan keuntungan yang wajar pula. Bisnis kue kering sudah dirasa berjalan dengan lancar, menaikkan harga bisa dilakukan secara bertahap sesuai strategi bisnis yang diinginkan.

Baca juga : Contoh Ide Bisnis Kreatif

Aktif Melakukan Promosi

Promosi menjadi salah satu kunci keberhasilan dan memperbesar peluang bisnis kue kering yang sedang dirintis. Ada banyak media promosi yang bisa digunakan. Tetapi jika memang benar-benar baru merintis, melakukannya dari pintu ke pintu atau mempromosikan melalui media sosial adalah pilihan yang tepat. Mulailah untuk mempromosikan kepada orang-orang terdekat dan juga teman maupun tetangga. Sementara itu untuk menjangkau pasar yang lebih luas, media sosial bisa dipilih. Hal ini akan lebih efektif efisien dan murah untuk dilakukan.

Saat melakukan promosi secara langsung, belah untuk mempersiapkan kue kering yang bisa secara langsung dirasa oleh konsumen. Tidak ada salahnya pula untuk meminta pendapat mereka tentang rasa kue yang ditawarkan. Sedangkan untuk promosi yang dilakukan melalui media sosial, bisa dengan penampilan yang menarik serta penjelasan yang lengkap. Jangan lupa juga untuk menarik minat para pembeli online dengan harga khusus atau potongan harga tertentu.

Jujur dalam Berusaha

Hal terpenting yang tidak boleh tinggal adalah kejujuran. Termasuk saat menjalankan usaha kue kering. Tetaplah konsisten untuk berperilaku jujur kepada para konsumen sehingga mereka tetap berlangganan dan tertarik untuk membelinya. Kejujuran adalah hal yang nomor satu karena mencerminkan hal baik dari sebuah usaha dan juga pemiliknya.

Menjalaninya dengan Tekun

Tekun adalah salah satu kunci yang harus turut dilakukan. Dengan ketekunan usaha yang dilakukan akan berjalan dengan baik. Tekun dalam arti yang bersungguh-sungguh dan selalu segala sesuatunya dengan perencanaan yang baik dan matang. Tidak lupa pula untuk selalu berinovasi dan konsisten untuk mendapatkan kepuasan pelanggan.

Melakukan Pengelolaan dengan Baik

Apapun jenis bisnis yang dilakukan, hal terpenting adalah melakukan pengelolaan dengan baik. Hal ini akan dapat menentukan seberapa sehat bisnis yang sedang dijalankan. Hal tersebut perlu dilakukan karena mengetahui peluang bisnis kue kering saja tidaklah cukup. Tidak lupa pula kepraktisan dan jangka waktu yang digunakan untuk mendiagnosis nya haruslah efektif serta efisien. Pada zaman teknologi yang canggih ini hal tersebut tidak perlu lagi dikhawatirkan ada banyak software yang bisa mendiagnosis kesehatan bisnis.

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar

WebsiteRiau.co.id merupakan website penyedia Jasa SEO dan Pembuatan Website di Pekanbaru, Riau.

Tentang     Kontak     Kebijakan Privasi     Sanggahan