Inilah Penyebab Motor Matic Mati Mendadak yang Tidak Banyak Diketahui

Penyebab Motor Matic Mati Mendadak – Pengguna motor matic saat ini sangatlah banyak. Hal ini disebabkan motor matic menawarkan kemudahan dan kepraktisan saat mengendarainya. Nah, untuk menjaga kondisi dari motor tetap optimal, maka Anda harus rutin untuk melakukan perawatan pada motor matic Anda. Hal ini dilakukan untuk mencegah adanya masalah dari motor matic tersebut.

Jika perawatan tidak dilakukan dengan baik, maka bisa membuat mesin dari motor matic tersebut bermasalah, bahkan bisa mati mendadak saat dikendarai. Hal ini tentu saja bisa membahayakan diri Anda sendiri dan juga penumpang. Kenapa hal itu bisa terjadi? Berikut akan dibahas mengenai penyebab motor matic mati mendadak.

Bahan Bakar yang Dipilih Tidak Sesuai

Bahan bakar menjadi komponen yang paling dibutuhkan agar kendaraan dapat berjalan dengan baik. Jika motor matic mati secara mendadak, maka Anda bisa memeriksa bahan bakar yang Anda miliki. Biasanya, bahan bakar dengan oktan yang rendah dapat menyumbat klep sehingga timbal banyak yang dilepas dan menyebabkan mesin mati.

Anda bisa memilih bahan bakar dengan oktan yang lebih tinggi untuk mencegah mesin mati secara mendadak. Selain salah pemilihan, penyebab lain motor matic mati mendadak adalah aliran dari bahan bakarnya yang tersumbat, biasanya pada selang bensin yang menuju injeksi ataupun karburator.

Settingan Bahan Bakar yang Salah

Selain pemilihan yang salah dari bahan bakar, mesin dari motor matic yang mati mendadak bisa disebabkan oleh kesalahan dari settingan bahan bakar. Jika bahan bakar di-setting terlalu hemat, maka akan menyebabkan hilangnya kompresi. Hal inilah yang menyebabkan motor menjadi sering mogok atau mati mendadak.

Saat melalui jalanan yang menurun, biasanya pengendara akan menutup gas secara total. Namun, karena settingan terlalu hemat, maka akan terjadi kekurangan bensin pada ruang pembakaran sehingga mesin akan mati. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya Anda menyisakan bukaan gas dari motor matic tersebut.

Baca juga : Rekomendasi Oli Motor Matic Terbaik di Indonesia

Keadaan Mesin Terlalu Panas

Penyebab selanjutnya adalah karena keadaan mesinnya yang terlalu panas atau overheat bisa menyebabkan motor matic mati secara mendadak. Hal ini terjadi karena aliran sirkulasi oli pada mesin tersumbat. Ring piston pun menjadi kering sehingga dapat bergesekan dengan liner boring tanpa pelumas, alhasil mesin memanas dan mati.

Untuk mengatasinya, Anda harus membiarkan mesin dari motor tersebut agar benar-benar dingin sehingga bisa dipakai untuk berkendara. Jika Anda memaksakan untuk memakainya dalam keadaan mesin yang terlalu panas, maka berhati-hatilah karena mesin bisa mati secara mendadak.

Karburator Terkena Air

Tidak hanya pada mesin, penyebab motor matic mati mendadak juga bisa disebabkan oleh karburator yang terkena air. Karburator berfungsi sebagai pencampur bahan bakar dan udara yang akan diteruskan ke ruang bakar. Namun, jika terdapat air di dalamnya maka pembakaran pun akan terganggu.

Maka dari itu, Anda harus berhati-hati saat musim hujan tiba. Sebab, karburator akan semakin sering kemasukan air melalui celah tali gas yang ada. Agar mesin tidak mati, Anda harus mengeluarkan air tersebut dari dalam karburator dengan cara tutup dulu kran bensin dan kendorkan baut pembuangan bensin. Maka air akan keluar melewatinya.

Nah, itulah dia beberapa penyebab motor matic mati mendadak. Tentunya, hal ini akan sangat mengganggu perjalanan Anda dan membahayakan keselamatan. Oleh sebab itu, lakukan tindakan pencegahan dengan selalu melakukan pengecekan dan juga perawatan pada motor matic yang Anda miliki. Semoga artikel ini dapat membantu Anda mengatasinya.

Tinggalkan komentar