Pengertian, Tujuan, Manfaat Serta Cara Pengajuan Tax Amnesty

Tax Amnesty
ASUS ProArt

Tax amnesty seolah menjadi sebuah layanan spesial bagi semua orang, terutama bagi yang memiliki bisnis. Karena tidak perlu lagi membayar pajak pada pemerintah / bebas pajak sama sekali. Salah satu cara untuk bebas pajak yaitu dengan membayar uang tebusan. Besarnya yang tebusan dapat dihitung dengan finata.

Pengertian Tax Amnesty

Arti dari amnesti pajak secara umum ialah suatu kesempatan langka yang berlaku bagi kelompok wajib pajak tertentu. Supaya dapat membayar pajak dalam nominal tertentu. Hal itu dalam bentuk pengampunan dari kewajiban untuk membayar pajak dan memiliki kaitan dengan wajib pajak sebelumnya tanpa adanya tuntutan pidana.

Di Indonesia, amnesti pajak diatur dalam UU No 11 tahun 2016 tentang amnesti pajak / pengampunan pajak. Amnesti pajak ialah suatu program pengampunan yang telah diberikan pemerintah kepada wajib pajak.

Pengampunan itu meliputi penghapusan sanksi administrasi perpajakan, penghapusan pajak yang seharusnya terutang. Serta penghapusan sanksi pidana dalam bidang perpajakan atas semua harta yang telah diperoleh dan masuk ke dalam laporan SPT. Hal itu dapat dilakukan dengan cara membayar uang tebusan dan melunasi semua tunggakan pajak.

Selain itu ada hal yang harus diketahui tentang kebijakan tax amnesty di Indonesia. Pada wabah korona ini, pemerintahan telah memberlakukan amnesti pajak hingga tanggal 30 April 2020 bagi golongan wajib pajak badan.

Maka dari itu, manfaatkan hal ini sebaik mungkin supaya dapat terbebas dari wajib pajak dan keuangan dapat fokus terhadap hal lain yang lebih penting. Sebelum melakukan pengajuan amnesti pajak harus mematikan terlebih dahulu bahwa semua harta tidak ada yang ditempatkan di luar negeri.

Tujuan Amnesti Pajak

Kebijakan amnesti pajak yang diberikan oleh pemerintah, mungkin terasa canggung bagi beberapa orang walaupun terasa sangat menguntungkan. Kebijakan ini memiliki beberapa tujuan tertentu, yaitu :

  • Menarik kembali uang dari wajib pajak yang diletakan luar Indonesia

Beberapa pelaku bisnis pasti melakukan suatu pendaftaran aset ke negara lain. Negara itu memang mempunyai kebijakan bebas pajak tanpa harus melakukan pengajuan dan syarat tertentu. Dengan hal ini aset tersebut terhitung milik negara lain, sehingga tidak perlu membuat laporan SPT dan membayar pajak secara rutin.

Baca juga : Manfaat Konsultan Pajak dalam Bisnis

  • Menarik semua orang supaya meletakan harta dan aset di Indonesia

Dengan kebijakan ini, tentunya dapat menarik perhatian semua orang, baik di dalam maupun luar Indonesia. Supaya tertarik untuk meletakan harta dan aset di Indonesia. Dengan demikian, devisa negeri dapat meningkat.

  • Devisa negara dan rasio pajak meningkat

Kebijakan ini mampu meningkatkan likuiditas domestik yang sangat berpengaruh pada investasi dan suku bunga. Dimana dengan menurunkan suku bunga dan investasi dapat membuat nilai tukar IDR menjadi lebih baik daripada nilai tukar mata uang negara lain.

Manfaat Amnesti Pajak

Selain mempunyai tujuan khusus bagi pemerintah, kebijakan amnesti pajak juga memiliki manfaat bagi beberapa pihak. Bagi pihak sektor keuangan amnesti pajak, semua dana repatriasi dapat mendorong sektor keuangan. Sektor keuangan itu dapat dimanfaatkan sebagai penyalur kredit dan pasar modal, sehingga dapat meningkatkan perekonomian lokal.

Bagi sektor properti para wajib pajak mempunyai kewajiban untuk investasi yang lebih. Jadi dapat meningkatkan produktivitas dan bisnis berjalan jauh lebih baik.

Sedangkan manfaat amnesia pajak bagi sektor manufaktur dapat memperluas investasi. Dengan ini dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan memperluas lapangan pekerjaan. Hal ini dapat memicu para investor untuk berinvestasi, dan mendirikan pabrik – pabrik di wilayah Indonesia.

Selain itu untuk dampak positif / manfaat kebijakan amnesti pajak secara umum antara lain sebagai berikut ini :

  • Nilai dari IDR / rupiah menjadi stabil

Dampak paling besar dari kebijakan amnesti pajak terletak pada nilai tukar rupiah. Akhir – akhir ini, nilai tukar rupiah terletak pada titik yang sangat buruk. Dimana nilai tukar rupiah dengan dollar Amerika mencapai 15.000 IDR.

Dengan banyaknya transaksi menggunakan mata uang asing, akan membuat nilai tukar rupiah menjadi lemah. Namun sebaliknya, semakin banyak investasi dan transaksi dengan mata uang rupiah, maka nilai tukar rupiah menjadi lebih stabil. Dengan kata lain nilai tukar rupiah ke dollar amerika memiliki perbedaan yang tidak besar.

  • Dapat mendorong laju investasi

Melalui amnesti pajak, dapat membuat aset dan harta yang berada di luar negeri, dapat dikembalikan di Indonesia. Dengan demikian, pemerintah dapat membuat suatu kewajiban bagi para pemilik aset untuk melakukan investasi di dalam Indonesia dalam berbagai macam sektor.

Baca juga : Pengertian Investasi Jangka Pendek

  • Likuiditas terjaga

Telah menjadi hal yang sangat umum jika repatriasi pajak dapat menjaga likuiditas dengan baik. Dengan likuiditas memp pengaruh besar terdapat meningkatnya nilai kredit di Indonesia.

  • Devisa negara menjadi meningkat

Dengan adanya repatriasi pajak, membuat devisa negara semakin meningkat. Devisa negara yang meningkat, dapat membuat pertumbuhan ekonomi menjadi lebih baik. Sehingga dapat membuat investasi meningkat pula.

Cara Pengajuan Tax Amnesty

Kebijakan amnesti pajak tidak diberikan begitu saja kepada beberapa pihak. Jadi harus mempunyai inisiatif untuk membuat suatu pengajuan tax amnesti. Sebelum mengajukan amnesti pajak, ada beberapa dokumen yang harus dipersiapkan terlebih dahulu.

Di bawah ini yaitu daftar dokumen yang diperlukan dalam pengajuan amnesti pajak :

  1. Bukti / dokumen pembayaran uang tebusan. Besarnya nominal uang tebusan untuk amnesti pajak dapat dihitung dengan menggunakan software pajak.
  2. Bukti / dokumen pelunasan semua tunggakan pajak yang belum dibayarkan. Oleh karena itu, semua bukti pelunasan pajak sebelumnya harus disimpan.
  3. Dokumen tentang semua daftar harta yang dilengkapi dengan bukti kepemilikan harta.
  4. Dokumen tentang semua daftar hutang yang juga dilengkapi dengan dokumen pendukung.
  5. Bukti / dokumen pelunasan semua pajak yang tidak / kurang dibayar / pajak yang seharusnya tidak dikembalikan oleh peserta wajib pajak. Hal itu dilengkapi dengan dokumen pendukung atas pemeriksaan / penyidikan.
  6. Fotokopi SPT Pph tahun sebelumnya.
  7. 1 lembar surat pernyataan tentang pencabutan semua permohonan, yang dapat diperoleh / diunduh di situs direktorat Jenderal Pajak.
  8. 1 lembar surat pernyataan untuk menginvestasikan dan mengalahkan semua harta serta aset ke dalam wilayah negara Indonesia. Masa umur aset / harta paling singkat selama 3 tahun. Hal ini bagi yang mempunyai aset / harta di luar negeri.
  9. Membuat surat pernyataan untuk tidak mengalahkan harta ke wilayah negara lain, paling lama selama 3 tahun ke depan. Hal itu terhitung sejak Surat Keterangan Wajib Pajak diterbitkan dengan melaksanakan suatu deklarasi.
  10. Sebuah surat pernyataan tentang besaran peredaran usaha untuk wajib pajak, bagi yang bergerak pada bidang bisnis UMKM.

Setelah mempersiapkan dokumen di atas, langkah berikutnya dengan mengunjungi kantor pajak terdekat. Lalu membayar semua tunggakan yang seharusnya dilunasi, baik uang tebusan serta semua pajak yang diberlakukan. Semua pelunasan, dapat dihitung dengan software pajak. Setelah itu hanya tinggal melakukan langkah sesuai dengan ketentuan.

Demikianlah pengertian tentang tax amnesty, tujuan, manfaat hingga cara mengajukannya. Setelah itu untuk mendukung perkembangan laju usaha dan investasi kamu.

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar

WebsiteRiau.co.id merupakan website penyedia Jasa SEO dan Pembuatan Website di Pekanbaru, Riau.

Tentang     Kontak     Kebijakan Privasi     Sanggahan