5 Aplikasi Perpustakaan Berbasis Web Terlengkap, Pelajar Wajib Tahu!

Aplikasi Perpustakaan Berbasis Web – Website atau situs internet kini tak hanya bisa digunakan sebagai sarana hiburan saja, melainkan juga sarana belajar. Bahkan kini telah tersedia aplikasi perpustakaan berbasis web atau situs internet yang tentunya akan sangat membantu para pelajar dalam mencari referensi untuk bahan belajar.

Tidak hanya itu, para pecinta buku pun bebas membaca buku tanpa mengeluarkan uang sepeserpun karena adanya aplikasi ini. Lebih lengkapnya, simak ulasan berikut ini!

5 Aplikasi Perpustakaan Berbasis Web Terlengkap

aplikasi perpustakaan berbasis web
aplikasi perpustakaan berbasis web

SLiMS

Bagi para siswa, adanya aplikasi perpustakaan berbasis web yang lengkap merupakan hal yang sangat menguntungkan. Bagaimana tidak, adanya perpustakaan digital ini tentu saja akan mempermudah proses belajar dan memperoleh ilmu bagi para pelajar. Dalam hal ini, aplikasi SLiMS dibuat khusus oleh Kemendikbud untuk menopang sarana belajar para siswa.

Aplikasi ini menyediakan berbagai jenis buku pelajaran yang dapat diakses dengan mudah, yaitu hanya dengan membuka aplikasi SLiMS. Tak hanya itu, semua kalangan guru dan siswa pun tercakup dalam pengguna SLiMS, sehingga keduanya bisa mengakses buku dengan mudah.

iPusnas

Aplikasi yang kedua ialah aplikasi yang berasal dari perpustakaan resmi NKRI dan Aksara. Berbeda dengan SLiMS yang umumnya menyediakan buku pelajaran siswa dan guru, iPusnas juga dilengkapi dengan buku fiksi yang menarik. Novel, cerpen, dan jenis buku lainnya bisa ditemukan di iPusnas.

Baca juga : Cara Download Film di Google Chrome

Meski begitu, ada pula koleksi buku guru dan siswa yang bisa diakses di iPusnas. Aplikasi ini juga mudah diakses oleh para penggunanya. Tak heran apabila aplikasi ini banyak dikenal oleh kalangan masyarakat umum dan juga para siswa dan guru.

iJakarta

Berbeda dengan aplikasi perpustakaan berbasis web yang sebelumnya, aplikasi iJakarta ini adalah perpustakaan digital milik Provinsi Jakarta. Uniknya, aplikasi ini banyak tersedia buku-buku yang sangat beragam dan lengkap. Tidak hanya buku cerita, artikel, atau jurnal, melainkan tersedia pula buku siswa dan buku guru seperti di sekolah.

Karena itulah, aplikasi ini termasuk aplikasi yang cukup dikenal oleh masyarakat, terutama para guru dan siswa yang sangat membutuhkannya. Meskipun begitu, peminjaman buku digital atau e-book tidaklah rumit. Buku apapun bisa diakses dan dibaca melalui aplikasi iJakarta layaknya menggunakan e-book pada umumnya.

iSantri

Aplikasi perpustakaan berbasis web yang selanjutnya ialah iSantri. Seperti halnya nama yang tertera, aplikasi ini merupakan basis perpustakaan digital yang disiapkan untuk madrasah atau pesantren. Tidak hanya itu, aplikasi ini telah dibuat dan dikelola oleh pihak Kementrian Agama yakni Dirjen Pendidikan Islam.

Baca juga : Aplikasi Ganti Wajah Untuk Android

Seperti halnya aplikasi perpustakaan digital lainnya, iSantri juga menyediakan koleksi buku digital yang lengkap. Ditambah lagi, di dalamnya tersedia buku-buku keagamaan yang akan sangat bermanfaat dan dibutuhkan oleh para pelajar di pesantren dan madrasah.

EPrints

Jika aplikasi iSantri dibuat untuk pesantren dan madrasah, maka aplikasi EPrints juga memiliki pasar yang berbeda dari yang lain, yakni para mahasiswa. Aplikasi EPrints banyak digunakan dan lebih dikenal oleh kalangan mahasiswa atau dipakai di kampus-kampus.

Hal ini karena aplikasi EPrints ialah aplikasi yang berasal dari luar Indonesia dan lebih banyak berisi jurnal, artikel, karya tulis ilmiah, hingga karya tulis skripsi dan tesis. Oleh karena itu, EPrints biasanya banyak diakses dan digunakan oleh mahasiswa sebagai sarana menemukan rujukan atau sumber tulisan yang mereka butuhkan.

Demikian 5 jenis aplikasi perpustakaan berbasis web terlengkap yang banyak dikenal oleh masyarakat. Terlebih, aplikasi tersebut mudah diakses dan ditemukan di Playstore. Siapapun kini bisa membaca buku tanpa rumit dan hanya bermodalkan smartphone saja.

Tinggalkan komentar