5 Cara Hemat Kuota Tiktok dan Daya Tariknya

Cara Hemat Kuota Tiktok – Mencari tahu bagaimana cara hemat kuota TikTok sangat membantu untuk menyelamatkan besaran kuota internet yang tersisa. Terutama karena aplikasi TikTok memuat video yang dikhawatirkan penggunaannya membutuhkan kuota lebih besar dibanding hanya membuka foto. Semakin sering membuka aplikasi ini tentu semakin besar kuota yang digunakan.

Keberhasilan aplikasi TikTok menarik banyak pengguna tak lepas dari berbagai fitur yang ditawarkan. Banyak artis dan influencer yang menggunakan aplikasi TikTok, sehingga menjadikannya sebagai aplikasi populer saat ini. Selain bagaimana cara untuk berhemat kuota TikTok, berikut daya tarik TikTok perlu diketahui:

Daya Tarik Aplikasi TikTok yang Membuatnya Populer

Banyaknya pengguna aplikasi TikTok tentu menjadi faktor utama keberhasilannya saat ini. Ada beberapa daya tarik yang berhasil disukai pengguna, seperti misalnya durasi-durasi video yang singkat. Durasi singkat menghilangkan rasa bosan sekaligus menjadi tantangan untuk para kreator menghasilkan konten menarik dalam waktu yang sedikit.

Kedua, aplikasi TikTok saat ini juga sebagai sumber informasi. Pengguna yang cukup aktif dan banyak seringkali mengunggah informasi di aplikasi TikTok. Penyebarannya bisa cukup cepat meski bukan menjadi sumber informasi utama.

Daya tarik ketiga dari aplikasi ini juga terletak pada target pasar yang luas. Mulai dari konten anak-anak hingga kisah-kisah drama tersedia dalam bentuk yang berbeda. Hal ini menjadikan pengguna lebih leluasa untuk mencari konten yang beragam.

Baca juga : Cara Agar WA Terlihat Offline Berhari hari Padahal Online Tanpa Aplikasi

Cara Hemat Kuota TikTok untuk Semua Pengguna

cara hemat kuota tiktok
cara hemat kuota tiktok

Meskipun kuota yang tersisa hanya sedikit, tetapi pengguna tetap bisa mengakses TikTok. Cara hemat kuota TikTok ini akan sangat membantu saat pengguna membutuhkan media hiburan dengan kuota yang menipis. Berikut ini beberapa diantaranya:

Mengaktifkan Penghemat Data

Apabila pengguna merasa terlalu boros dalam bermain TikTok, mode penghemat data yang ada pada setelan bisa diaktifkan. Fitur ini terbilang wajib ada di perangkat Android dari berbagai merek.

Mode penghemat data di tiap smartphone memang berbeda. Namun, pengguna bisa menemukannya di menu setelan. Mode ini sangat membantu mengamankan kuota yang tersisa, terutama jika kuota hanya tinggal sedikit.

Menggunakan WiFi

Jika tak ingin kuota cepat habis karena bermain TikTok, maka cara paling mudah untuk berhemat adalah menggunakan WiFi. Penggunaan WiFi secara pribadi sangatlah menguntungkan. Terutama jika pengguna bekerja secara WFH dan banyak anggota rumah yang juga membutuhkan koneksi internet.

Menggunakan jaringan WiFi akan lebih hemat untuk pengeluaran beli pulsa dan aktivitas menonton TikTok lebih lega. Tentunya tidak akan menghabiskan banyak budget hanya untuk sekadar mencari hiburan, bukan?

Baca juga : Cara Mendaftar Aplikasi Zoom

Mengaktifkan Penghemat Data pada Aplikasi

Selain terdapat pada smartphone, mode penghemat data juga tersedia di aplikasi TikTok. Fitur ini menjadikan cara hemat kuota TikTok lebih mudah. Apabila mode hemat data diaktifkan maka beberapa fitur akan dibatasi seperti pemutar otomatis dan kualitas video.

Namun, jika ingin mengaktifkan mode hemat ini ingat bahwa kualitas video bisa saja menurun atau pemutaran video menjadi lebih lambat.

Menggunakan Kuota Khusus

Cara hemat kuota TikTok paling mudah bisa dengan penggunaan kuota khusus. Sayangnya tidak semua provider telepon seluler menyediakan kuota khusus TikTok. Pengguna bisa mencari provider khusus yang menyediakan kuota khusus TikTok, sehingga tidak menghabiskan kuota utama dalam penggunaannya.

Mengaktifkan Manajemen Waktu

Fitur screen management juga membantu pengguna menghemat kuota TikTok. Fitur ini akan membantu pengguna untuk mengontrol durasi pemakaian TikTok. Aktifkan fitur melalui menu pengaturan dan privasi, pilih menu kesejahteraan digital, klik manajemen waktu layar dan pilih menu yang bertuliskan “aktifkan manajemen waktu layar”.

Meski menyenangkan pada saat menonton, tetapi cara hemat kuota TikTok tetap dibutuhkan di saat mengalami krisis kuota. Pengguna bisa mengaktifkan mode hemat yang tersedia pada aplikasi TikTok, mode hemat pada smartphone, menggunakan WiFi saat menonton, menggunakan kuota khusus TikTok atau mengaktifkan manajemen waktu.

Tinggalkan komentar