Cara Membersihkan RAM HP Xiaomi Termudah

Cara Membersihkan RAM HP Xiaomi – Random Access Memory atau RAM adalah memori internal (storage) yang biasa digunakan untuk menyimpan berbagai foto, video, aplikasi dan file di smartphone. Jika aplikasi yang didownload banyak tentu membutuhkan RAM yang lebih besar. Namun kadang kala banyaknya aplikasi membuatnya lemot. Untuk mengatasinya, yuk simak cara membersihkan RAM hp Xiaomi berikut!

Cara Membersihkan RAM HP Xiaomi Termudah

cara membersihkan ram hp xiaomi
cara membersihkan ram hp xiaomi

Bersihkan Data Cache (File Sampah)

Biasanya pengguna hp jarang melakukan pengecekan atau membersihkan data cache, padahal jika data cache ini dibersihkan bisa menambah ruang pada penyimpanan lho. Berikut cara membersihkan cache (file sampah) di hp Xiaomi:

  • Buka pengaturan.
  • Klik penyimpanan ruang.
  • Klik kosongkan ruang.
  • Klik cache atau file sampah, pilih konfirmasi dan kosongkan.

Hapus dan Nonaktifkan Aplikasi yang Jarang digunakan

Jika di hp banyak sekali aplikasi yang di download tetapi jarang digunakan, lebih baik untuk dihapus saja agar penyimpanan RAM tidak cepat penuh. Cara membersihkan RAM hp Xiaomi adalah sebagai berikut:

  • Klik pengaturan sistem.
  • Klik aplikasi kemudian pilih tampilkan semua aplikasi.
  • Klik aplikasi mana yang jarang digunakan dan akan dihapus.
  • Klik hapus aplikasi, dan aplikasi pun sudah terhapus.

Baca juga : Cara Memperbarui Whatsapp Tanpa Play Store

Bersihkan Aplikasi yang Baru Dibuka

Saat membuka aplikasi atau permainan, selalu bersihkan lewat tab yang baru saja digunakan atau recent apps. Karena meskipun aplikasi sudah tidak gunakan lagi, tetapi jika tidak membersihkan recent apps, maka aplikasi itu masih terus berjalan. Hal itulah yang menyebabkan RAM hp cepat habis.

Matikan Widget, Live Wallpaper dan Animasi

Tampilan hp Xiaomi memang terlihat lebih cantik dan hidup jika menggunakan widget maupun mengaktifkan live wallpaper. Namun penggunaan widget dan live wallpaper membutuhkan RAM yang banyak. Cara menonaktifkan widget dan live wallpaper adalah dengan menekan lama layar hp, kemudian pilih widget dan live wallpaper, lalu klik nonaktifkan.

Pindahkan Foto dan Video ke SD Card

Secure Digital Card atau SD card adalah sebuah format kartu memori flash atau memori eksternal untuk menambah ruang penyimpanan diluar memori internal. Untuk mengurangi beban penggunaan RAM pada hp, ada baiknya jika menggunakan tambahan SD Card pada hp Xiaomi. Pindahkan foto dan video ke SD Card agar penyimpanan RAM hp tidak cepat penuh.

Cek dan Update Software

Pembaruan aplikasi atau software biasanya dilakukan oleh penyedia jasa aplikasi agar aplikasi memiliki kinerja yang semakin optimal. Karena itu, sesekali coba periksa apakah ada pembaruan aplikasi yang perlu diupdate.

Baca juga : Cara Memutar Video Sambil Membuka Aplikasi Lain di Android

Jika pemberitahuan tidak muncul, cobalah untuk melakukan pengecekan manual dengan masuk ke pengaturan. Kemudian pilih sistem dan klik perbarui sistem. Pastikan jaringan internet lancar saat melakukan pembaruan sistem agar pembaruan tidak terhenti ditengah jalan.

Reset HP

Jika enam cara di atas masih belum berhasil mengurangi penggunaan RAM, ada baiknya untuk melakukan reset hp ke pengaturan awal atau pengaturan bawaan dari pabrik. Reset hp dapat menghilangkan semua data yang ada di memori penyimpanan internal. Berikut langkah yang bisa dilakukan untuk reset hp:

  • Klik menu pengaturan.
  • Geser ke bawah dan klik sistem.
  • Klik opsi setel ulang.
  • Klik reset ke pengaturan pabrik.
  • Tunggu sampai proses reset selesai.

Setelah mengetahui cara membersihkan RAM hp Xiaomi, tentu pengguna sudah ada gambaran apa yang harus dilakukan jika tiba-tiba muncul notifikasi RAM hampir habis. Kini pun pengguna tidak perlu mengganti perangkat apabila mengerti cara mengatasi permasalahan satu ini.

Tinggalkan komentar