Cara Memutar Video Sambil Membuka Aplikasi Lain di Android, Cocok untuk si Multitasking

Cara Memutar Video Sambil Membuka Aplikasi Lain di Android – Hemat waktu, cara memutar video sambil membuka aplikasi lain di Android ternyata unik untuk dilakukan. Cocok bagi mereka yang seringkali membuka lebih dari satu aplikasi karena kebutuhan kerja dan lain sebagainya. Hal ini biasa terjadi ketika memutar video di YouTube, ada notifikasi dari aplikasi lain yang harus dibuka. Banyak pengguna pun memikirkan bagaimana caranya untuk beralih ke aplikasi lain meski sedang menonton video.

PIP atau picture in picture merupakan fitur yang dimiliki oleh beberapa hp Android. Fitur ini nantinya yang akan memudahkan pengguna dalam membuka dua aplikasi sekaligus. Terutama ketika memutar video pada layar Android. Namun, apabila Android yang digunakan tidak mendukung fitur tersebut, tentunya ada alternatif lain yang dapat dicoba seperti berikut:

Cara Memutar Video Sambil Membuka Aplikasi Lain di Android

cara memutar video sambil membuka aplikasi lain di android
cara memutar video sambil membuka aplikasi lain di android

Memanfaatkan Split Screen

Fitur bernama split screen ini tak jauh berbeda dengan picture in picture. Cara yang umum digunakan adalah dengan mengaksesnya melalui recent apps. Sebab tiap Android seringkali memiliki cara split screen yang berbeda.

Pilih menu pada recent apps, klik split screen. Tunggu prosesnya hingga nanti akan muncul video yang diputar dengan dua aplikasi lain. Tampilan yang akan muncul adalah layar yang terbelah memaksimalkan pemutaran video dan membuka aplikasi lain. Bisa juga dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Baca juga : Cara Membuat Undangan Digital di HP

Memakai Aplikasi Awesome Pop Up

Aplikasi ketiga ini isa digunakan sebagai cara memutar video sambil membuka aplikasi lain di Android. Download dan install aplikasi Awesome Pop Up Video. Adanya fitur PIP memudahkan pengguna untuk menonton video dan membuka aplikasi lain secara bersamaan.

Menonton atau membuka video bisa dilakukan dari YouTube atau situs internet lainnya tanpa terganggu notifikasi dari aplikasi yang sedang dijalankan. Pilih tampilan pop up saat pengguna membuka dua aplikasi sekaligus. Video yang berhasil diputar dan aplikasi lain turut dijalankan, bisa diatur dalam pembagian layarnya.

Menggunakan Browser dengan Fitur PIP

Fitur PIP memang memudahkan pengguna untuk memantau notifikasi dari aplikasi lain. Browser yang memiliki fitur ini adalah Google Chrome. Fitur ini pun memang mendukung cara memutar video sambil membuka aplikasi lain di Android.

Langkah pertama, buka situs video yang diinginkan, tekan dan tahan tombol home pada Android beberapa saat. Tampilan akan berubah, video akan tampil PIP pada layar Android. Pengguna bisa memilih video di YouTube, IG, Facebook atau dari Vimeo sekalipun.

Baca juga : Cara Melihat Last Seen WhatsApp yang Disembunyikan Tanpa Aplikasi

Menggunakan Aplikasi Float Tube

Jika pengguna ingin lebih mudah dalam membuka dua video sekaligus, download dan install aplikasi Float Tube. Fiturnya memudahkan para pengguna yang tergolong multitasking. Buka pengaturan, pilih tap permissions, buka dan tap aplikasi tersebut.

Pengguna akan menemukan pilihan untuk tap display pop up windows. Tekan accept atau terima, lalu buka aplikasi dan tunggu beberapa saat. Cari video, putar terlebih dahulu. Tekan tombol home pada Android untuk bisa membuka aplikasi lain secara bersamaan.

Mengizinkan Fitur PIP pada YouTube

Via YouTube, pengguna juga bisa mencoba cara memutar video sambil membuka aplikasi lain di Android. Dilanjutkan dengan memilih menu pengaturan yang ada di YouTube, lalu pilih Apps. Pilih video dan temukan menu yang bertuliskan Picture in picture di bagian bawah, tekan menu tersebut dan klik izinkan pada layar yang meminta persetujuan untuk mengaktifkan fitur PIP.

Kebutuhan seseorang terhadap smartphone saat ini sangatlah penting. Selain untuk media hiburan, beberapa kepentingan mengharuskan pengguna mengakses video. Pilih salah satu cara memutar video sambil membuka aplikasi lain di Android untuk akses banyak hal secara bersamaan.

Tinggalkan komentar