Ketahui Cara Membuat Pdf di Hp Tanpa Aplikasi Khusus

Cara Membuat Pdf di Hp Tanpa Aplikasi – Menjadi produktif kapanpun dan dimanapun kini adalah keinginan semua orang. Sekalipun dengan peralatan seadanya yakni dengan Hp, banyak orang yang kini bisa tetap bekerja dengan nyaman termasuk dengan cara membuat pdf di hp tanpa aplikasi khusus. Pembuatan pdf tanpa aplikasi khusus ini tentunya akan sangat meringankan tanpa mendownload aplikasi lain.

Terlebih cara ini hanya membutuhkan Hp dan bukan laptop. File pdf yang umumnya terlihat rumit sehingga membutuhkan bantuan laptop atau aplikasi khusus. Para pengguna bisa membuat atau bahkan mengedit file mereka terutama file pdf dengan menggunakan Hp jenis android maupun iPhone. Untuk penjelasan lengkapnya, yuk simak beberapa cara berikut!

Cara Membuat Pdf di Hp Tanpa Aplikasi Khusus

Menggunakan Browser

Cara pertama yakni dengan menggunakan browser secara online. Meskipun online, namun cara ini cukup mudah dilakukan tentunya tanpa perlu aplikasi tambahan. Berikut ini langkah-langkah cara membuat pdf di hp tanpa aplikasi yang bisa dilakukan, yaitu:

Baca juga : Cara Melacak Akun Fb Palsu

  • Buka laman smallpdf pada browser. Setelah membuka laman situs smallpdf, unggah dokumen yang diinginkan. Klik tombol ubah menjadi pdf dan dokumen akan diproses.
  • Download file pdf yang telah diproses. Setelah proses selesai, dokumen bisa di download dengan ukuran yang cukup dan tidak memberatkan Hp. Proses ini tidak memakan waktu yang lama dan tidak menghabiskan jaringan internet pengguna.

Memanfaatkan Ms. Word

Cara membuat pdf di hp tanpa aplikasi khusus yang kedua adalah dengan menggunakan aplikasi bawaan dari Hp yakni Ms word. Aplikasi ini merupakan aplikasi umum bawaan Hp yang telah tersedia pada semua jenis ponsel Android maupun iPhone. Dengan begitu, pengguna tidak perlu lagi kerepotan untuk mendownload aplikasi khusus. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi Ms word dan buka teks yang ingin diubah. Kemudian pilih lambang pilihan tiga titik dan pilih simpan sebagai bekas pdf. Pengguna juga bisa menentukan tempat penyimpanan berkas pdf baru yang telah dirubah sesuai dengan keinginan.
  • Simpan berkas. Berkas yang tadi telah diproses perlu di simpan ulang. Hal ini sangat perlu diperhatikan agar berkas tidak menghilang setelah diubah menjadi file pdf. Jika tidak disimpan ulang, maka dokumen baru akan hilang, namun dokumen lama masih tersedia.

Baca juga : Aplikasi Browser Yang Tidak Memblokir Situs

Memakai Wps Office

Selain menggunakan aplikasi bawaan Ms word, aplikasi Wps Office juga memiliki kemampuan yang sama. Jika pengguna kesulitan menggunakan aplikasi Ms word, maka cobalah untuk menggunakan Wps. Aplikasi ini umumnya tidak jauh beda dengan Ms word. Berikut cara membuat pdf di hp tanpa aplikasi khusus yang berasal dari file maupun foto, yaitu:

  • Mengubah dokumen menjadi pdf. Buka dokumen yang ingin diubah menggunakan aplikasi Wps. Kemudian edit dan simpan ulang sebagai pdf. Sama seperti Ms word, pada Wps juga disediakan pilihan tempat penyimpanan yang ingin digunakan untuk menyimpan dokumen pdf baru yang telah diubah.
  • Mengubah Berkas Foto Menjadi Berkas Pdf. Untuk menjadikan file foto menjadi pdf, gunakan fitur scan dokumen pada aplikasi Wps office yang selanjutnya bisa disimpan atau diubah menjadi file pdf. Caranya pun cukup mudah. Buka aplikasi, kemudian pilih scan dokumen. Pastikan dokumen terscan dengan sempurna agar terlihat dengan jelas. Lalu klik simpan sebagai pdf dan simpan.

Itulah beberapa cara membuat pdf di hp tanpa aplikasi khusus lain. Hanya dengan aplikasi bawaan Hp yang sederhana dan tanpa aplikasi tambahan lain, pekerjaan bisa tetap berjalan dan tetap produktif. Dengan begitu, tidak perlu lagi kerepotan mengubah atau membuat dokumen pdf meskipun dengan alat seadanya yakni Hp.

Tinggalkan komentar