Cara Membuat Undangan Digital di HP Via Aplikasi dan Website

Cara Membuat Undangan Digital di HP – Di era digitalisasi seperti sekarang ini, banyak kemudahan yang ditawarkan. Salah satu bentuk kemudahannya ialah para calon pengantin dimungkinkan dapat membuat undangan secara mandiri tanpa bantuan jasa profesional. Berbagai cara membuat undangan digital di HP kini pun banyak bertebaran di internet.

Tidak sulit memang, dengan modal mengunduh aplikasi yang ada di smartphone, kemudian mengutak-atik fitur yang ada di dalamnya, jadilah undangan digital yang diinginkan. Selain mudah dan murah, tentu saja desainnya tidak kalah menarik dibanding dengan menggunakan jasa khusus pembuat undangan. Untuk membuat undangan digital di HP, yuk simak beberapa aplikasi dan website yang patut untuk dicoba beserta cara penggunaannya!

3 Cara Membuat Undangan Digital di HP Via Aplikasi dan Website

cara membuat undangan digital di hp
cara membuat undangan digital di hp

Menggunakan Aplikasi Canva

Aplikasi ini menjadi salah satu pilihan utama ketika orang akan mendesain undangan digital.  Selain mudah dan praktis, desain template yang beraneka ragam menjadi nilai plus yang membuat banyak orang tertarik dengan aplikasi ini. Cara membuat undangan digital di HP lewat aplikasi canva adalah sebagai berikut, yaitu:

Baca juga : Cara Melihat Last Seen WhatsApp yang Disembunyikan Tanpa Aplikasi

  • Unduh aplikasi Canva di playstore.
  • Login dengan akun Google atau Facebook.
  • Pilih template undangan sesuai kriteria yang diinginkan.
  • Isi template undangan tersebut sesuai dengan acara yang hendak dilaksanakan. Sebagai contoh, misalkan yang dibuat adalah undangan pernikahan, maka bisa mengisi template tersebut dengan menuliskan nama kedua mempelai. Kemudian, jangan lupa juga untuk mencantumkan hari, tanggal, jam dan lokasi pelaksanaan pernikahan.
  • Pastikan data yang diisi dalam template sudah benar. Jika sudah, klik bagian pojok kanan atas, lalu pilih opsi save as image, selesai. Undangan digital siap disebarkan ke kerabat terdekat via WhatsApp, Instagram, Facebook, E-mail dan lain sebagainya.

Memanfaatkan Aplikasi Invitation Card Maker

Aplikasi lain yang tidak kalah canggih dalam membuat undangan digital menjadi lebih menarik. Invitation Card Maker memang dibuat khusus untuk menyediakan berbagai template undangan, seperti undangan ulang tahun, acara lamaran, pernikahan, dan berbagai acara lainnya. Berikut adalah langkah-langkah dalam membuat undangan digital lewat aplikasi ini, yaitu:

  • Unduh aplikasi Invitation Card Maker di playstore.
  • Pilih template sesuai acara yang diinginkan. Template akan berbeda-beda tema sesuai dengan acara yang akan dibuat.
  • Edit isi template undangan sesuai acara yang ingin dibuat. Sebagai contoh, misalkan ingin membuat undangan untuk acara ulang tahun, maka bisa mengisi template dengan memasukkan nama yang sedang berulang tahun. Kemudian, lengkapi template dengan keterangan lainnya seperti waktu dan tempat acara ulang tahun dilaksanakan.
  • Setelah selesai mengedit isi data sesuai acara yang ingin dibuat, lalu klik “next” di bagian pojok kanan atas dan pilih save image, selesai. Undangan digital siap dibagikan untuk orang-orang terdekat.

Baca juga : Cara Hapus Aplikasi Bawaan Android

Mengakses Situs Webnikah

Tidak perlu khawatir jika tidak mau mengunduh aplikasi karena storage HP sudah penuh. Cara membuat undangan digital di HP bisa dilakukan via browser melalui situs webnikah. Berikut ini adalah caranya, antara lain:

  • Pertama, buka browser di HP, kemudian masuk ke situs webnikah.com.
  • Klik “buat website” di bagian kanan atas sebelah login.
  • Setelah itu akan muncul formulir untuk menjadi member di situs tersebut.
  • Lengkapi isi formulir sesuai dengan yang diminta oleh situs webnikah.
  • Setelah menjadi member, langkah selanjutnya adalah mengetik sub-domain lalu ”klik lanjutkan buat website”.
  • Pada bagian ini akan diminta untuk mengisi kembali data diri dan data pasangan, lalu klik “lanjutkan”.
  • Kemudian “isi waktu acara pernikahan” yang akan diselenggarakan, kemudian klik kembali “lanjutkan”.
  • Setelah itu, pengguna dapat mengatur template dan mengisi undangan sesuai dengan acara yang ingin dilaksanakan, selesai.

Ternyata banyak cara membuat undangan digital di HP. Pengguna dapat membuat undangannya menggunakan aplikasi ataupun via website sesuai dengan selera yang diinginkan. Jadi manakah yang lebih mudah, membuat undangan digital lewat aplikasi atau melalui website?

Tinggalkan komentar